Mengatasi Eror Modem Huawei This Device Has Been Disconnect or Unavailable untuk Windows 8, 8.1, 10

loading...

loading...
Hello sobat. Banyak diantara kita yang menemui masalah pada modemnya. Seperti yang saya alami, modem Huawei O2 yang awalnya baik-baik saja, tiba-tiba mengalami masalah. Awalnya, semua berjalan normal saat saya menggunakan Windows XP atau Windows 7. Namun ketika menggunakannya di Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10, muncul eror "this device has been disconnect or unavailable". Masalah ini membawa saya pada pengalaman mengatasi eror ini. Jika kamu mengalami hal yang sama, tulisan ini sangat tepat untuk mengetahui cara memperbaikinya agar modem kamu berfungsi seperti semula. Langsung saja kita simak solusinya sebagai berikut.

Mengatasi Eror Modem Huawei This Device Has Been Disconnect or Unavailable untuk Windows 8, 8.1, 10


1. Restart Modem Huawei O2

Cara pertama adalah dengan melakukan restart terhadap modem kamu. Yakni dengan melepaskan modem, membiarkannya beberapa saat, lalu memasang dan menyalakannya kembali. Cara cabut-colok ini terkadang berhasil mengembalikan fungsi modem kamu. Silakan dicoba.

2. Install Ulang Aplikasi Mobile Partner

Cara kedua yakni dengan melakukan install ulang aplikasi mobile partner kamu. Pertama jangan lupa uninstall terlebih dahulu. Setelah itu, coba install lagi dari awal. Untuk beberapa kasus, modem kamu akan berfungsi normal kembali. Jika belum berhasil, silakan gunakan cara berikutnya.

3. Ikuti Tutorial di Internet

Banyak sekali artikel di internet untuk memperbaiki modem Huawei O2 kita yang bermasalah ini. Silakan kamu coba satu per satu, karena terkadang kita tidak pernah tahu cara mana yang akan berhasil. Namun, semua artikel yang kami rekomendasikan di sini patut kamu coba.

Mengatasi Eror Modem Huawei This Device Has Been Disconnect or Unavailable untuk Windows 8 8.1 10
Huawei Logo

Beberapa tutorial di internet yang layak kamu coba diantaranya:
  1. http://blackscreenzero.blogspot.com/2013/02/solusi-modem-huawer-sering-disconnect.html
  2. http://frightanic.com/computers/huawei-e220-the-device-has-been-disconnected-or-is-unavailable/
  3. http://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_7-hardware/the-device-has-been-disconnected-or-is/77c5a9c2-59a5-4a57-beba-a373d6835ce9
  4. http://nadunh.blogspot.com/2010/08/huawei-e220-device-has-been.html
  5. http://simonhampel.com/nodemobile-huawei-e169-error-the-device-has-been-disconnected-or-is-unavailable/
  6. http://tips-trik-seputar-ponsel.blogspot.co.id/2010/03/mengatasi-pesan-errror-device-has-been.html
  7. http://daskom-htc.blogspot.co.id/2013/12/mengatasi-pesan-error-pada-modem.html
Silakan kamu coba beberapa solusi di atas, siapa tahu ada yang berhasil. Jika belum berhasil, coba periksa, apakah versi Windows yang kamu pakai sudah sesuai dengan spesifikasi yang tertera pada masing-masing solusi di atas. Karena terkadang eror "This Device Has Been Disconnect or Unavailable" muncul karena adanya perbedaan versi sistem operasi.

Semoga saja kamu berhasil menggunakan salah satu cara di atas, ya. Namun jika belum, jangan khawatir. Yuk kita ikuti cara-cara lainnya.

4. Update Aplikasi Mobile Partner Modem Huawei O2 untuk Windows 8 ke Atas

Ketika menggunakan Windows 8 ke atas, diperlukan pembaruan aplikasi Mobile Partner. Karena aplikasi mobile partner bawaan hanya kompatibel untuk Windows XP dan Windows 7. Perubahan sistem operasi memang membawa kepada beberapa konsekuensi. Diantaranya adalah kemungkinan adanya beberaa program yang kurang kompatibel, ataupun keharusan melakukan update pada beberapa driver yang terpasang. Begitupun pada kasus ini. Update aplikasi merupakan suatu keharusan sebagai usaha memperbaiki modem kamu.

Maka, jika cara 1-3 di atas belum berhasil mengembalikan modem kamu, segera lakukan update aplikasi. Bagaimana caranya? Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

a. Download Aplikasi Mobile Partner Modem Huawei O2 Terbaru

Silakan download aplikasi mobile partner terbaru melalui beberapa tautan berikut:

b. Install Aplikasi Mobile Partner yang Baru Saja Di-download

Setelah selesai download, install ulang aplikasi tersebut. Jika berhasil, maka aplikasi mobile partner kamu yang baru akan tampak seperti berikut:

Mengatasi Eror Modem Huawei This Device Has Been Disconnect or Unavailable untuk Windows 8, 8.1, 10
Mobile Partner Updated

c. Restart Modem Kamu

Setelah itu, restart modem dengan cara cabut-colok. Untuk lebih mantap lagi, restart komputer kamu, lalu pasangkan kembali modem Huawei O2. Untuk kebanyakan kasus, cara ini akan berhasil.
Catat! driver modem Huawei terkadang belum kompatibel dengan Windows 8, Windows 8.1, dan Windows 10. Untuk memperbaikinya, update aplikasi mobile partner modem Huawei O2 kamu dengan yang paling terbaru!

5. Ikuti Tutorial Tingkat Lanjut

Jika semua cara di atas masih gagal juga, sepertinya perlu dilakukan penanganan tingkat lanjut yang bisa kamu dapatkan dari beberapa tutorial yang lebih advance. Tutorial tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. http://blinkit-chaitanya.blogspot.co.id/2009/09/device-has-been-disconnected-or.html
  2. http://forums.techarena.in/portable-devices/1327780.htm
  3. http://blogwongjowo.blogspot.co.id/2009/07/problem-modem-device-has-been.html
  4. http://www.sevenforums.com/drivers/175252-huawei-k3765-issues-mobile-partner-uninstalling-drivers.html
  5. http://slazzweb.blogspot.co.id/2014/03/mengatasi-device-has-been-disconnected.html
  6. http://blackscreenzero.blogspot.com/2013/02/solusi-modem-huawer-sering-disconnect.html
  7. http://frightanic.com/computers/huawei-e220-the-device-has-been-disconnected-or-is-unavailable/
  8. http://answers.microsoft.com/en-us/windows/forum/windows_7-hardware/the-device-has-been-disconnected-or-is/77c5a9c2-59a5-4a57-beba-a373d6835ce9
  9. http://nadunh.blogspot.com/2010/08/huawei-e220-device-has-been.html
Jika semua cara di atas masih gagal juga, berarti ada kerusakan pada hardware Modem Huawei O2 milik kamu. Jika ini yang terjadi, cara satu-satunya adalah dengan membeli modem baru. Namun, perlu kamu perhatikan bahwa masalah yang paling sering terjadi adalah belum diupdatenya aplikasi mobile partner kamu. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mengupdate nya terlebih dahulu sebelum kamu keluar uang untuk membeli modem baru!

Demikianlah sobat. Tulisan tentang cara mengatasi Modem Huawei O2 This Device Has Been Disconnect or Unavailable untuk Windows 8, 8.1, 10 ini kami buat dengan setulus hati dan berdasarkan pengalaman pribadi saya. Kiranya dapat bermanfaat dalam mengatasi masalah sobat semua. Jika kamu menemui masalah pada salah satu cara yang kami sebutkan di atas, jangan sungkan untuk bertanya pada kolom komentar. Sukses selalu.

26 comments

akhirnya bener juga modemnya.. thx gan..

Maaf Gan, itu drivernya untuk Mobile Partner tertentu atau bisa untuk semua? Maaf saya masih newbie soalnya Gan xD

maksih bnyakkkkkkkkkkkkkkkkk
bener2 maksih bnyak yaaaa
:*

Thanks gan its works....hahaha...g jadi deh mau ganti modemnya....

gan gimana nih cara masangnya? tinggal taro di foldernya atau gimana nih?

maantap dan ajib bener nih trik, dari tadi nayri2 di mbah google gak ketemu caranya, hbis praktek ini trik langsung maknyus thanks gan infonya (Y)

Coba dicari yang masih belum rusak. Kalau tidak ada juga, mohon maaf belum bisa membantu banyak.

Yang saya bahas adalah untuk modem Huawei O2. Tapi coba saja diinstall dulu, siapa tahu bekerja juga untuk tipe yang lain. :)

sama-sama bro :) Terimakasih sudah berkunjung.

linknya udah ngga bisa semua mas :( minta link yang masih bisa doong butuh banget daritadi gak dapet"

Iya mas Andhika. Coba saya carikan ya. Mohon maaf lama tidak update karena mengurus isteri yang lahiran :) Coba saya carikan ya, mas. :D

terima kasih banyak.
driver win 8 nya malah kompatibel win 10

Sama-sama, Anonim! Biasanya Driver untuk Win7 kompatibel juga untuk Driver Win10. Karena banyak komponen Win10 yang mirip dengan Win7. Semoga bermanfaat ya! Sukses selalu!

Alhamdulilah postingannya menolong dan berguna untuk sesama, terimakasih mishbah :)

sudah instal sudah restar juga tapi kasus masih sama gini" aja

ohya? hmm.. pakai os apa, mas? mungkin sy bisa bantu, silakan email ke: mmishbah@gmail.com

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon