Inilah Cara Mengatasi Bunyi Beep Pada Laptop

loading...

loading...
Bagaimana cara mengatasi bunyi beep terus-menerus pada laptop? Beberapa hari yang lalu, saya kedatangan seorang klien yang mengalami masalah pada laptopnya. Saat dinyalakan, laptop miliknya mengeluarkan bunyi beep yang panjang tidak mau berhenti. Laptopnya berbunyi tut tut terus-menerus saat booting ingin dinyalakan. Sebenarnya apa yang terjadi pada laptop klien saya ini?

Untuk menyelesaikan masalah ini, saya menganalisis dan melakukan riset kecil tentang berbagai penyebab dan cara mengatasi tut tut pada laptop. Jika sobat mengalami hal yang sama, silakan simak tulisan berikut.

Cara Mengatasi Bunyi Beep Pada Laptop
Laptop Lenovo
Sumber

Langkah-langkah Cara Mengatasi Bunyi Beep Pada Laptop


    1. Bunyi beep pendek terus menerus

    Artinya power supply atau tegangan listrik yang masuk ke laptop kamu bermasalah. Silakan cek charger atau sumber listrik. Pastikan kamu terhubung ke listrik yang stabil. Pastikan pula jack charger sudah terpasang dengan benar. Periksa pula apakah baterai kamu sudah mantap terpasang.

    Jika belum berhasil juga, berarti harus dibongkar dan dibawa ke tempat service laptop.

    2. Bunyi beep pendek dua (2) kali

    Artinya ada masalah pada settingan CMOS laptop kamu. Silakan buka link berikut: Petunjuk 1, Petunjuk 2, Petunjuk 3, Petunjuk 4Petunjuk 5, untuk mendapatkan solusi atas settingan CMOS kamu.

    3. Bunyi beep pendek satu (1) kali

    Artinya laptop kamu normal. Tidak ada masalah. Bunyi beep pendek satu kali biasanya terjadi saat pertama kali kita booting laptop. Jika ini yang terjadi, artinya motherboard sudah mendeteksi keberadaan RAM dalam kondisi normal. Oleh karena itu bunyi ini merupakan bunyi normal.

    Perlu diketahui bahwa terkadang laptop masa kini sudah jarang kita dengar bunyi beep satu kali seperti ini. Kamu tidak perlu khawatir, karena kalau tidak ada bunyi tut tut sama sekali, itu pun berarti laptop kamu dalam keadaan normal.

    4. Bunyi beep panjang terus menerus


    RAM: Random Access Memory
    RAM: Random Access Memory

    Artinya ada masalah dengan RAM laptop kamu. Tindakan pertama yang dapat dilakukan adalah membuka dan mengambil RAM dari belakang laptop, lalu membersihkan RAM tersebut dengan penghapus karet atau kain, bersihkan juga dengan kompresor untuk membuang debu-debu baik di RAM, slot RAM, maupun di dalam laptop, lalu pasang kembali RAM. Kemudian nyalakan kembali laptop kamu. Apakah sudah berhasil?

    Jika belum, coba ubah slot penempatan RAM. Jika belum berhasil juga, coba ganti RAM kamu dengan milik orang lain, atau gunakan RAM baru. Karena RAM tidak bisa diservice. Dia hanya sekali pakai. Ingat, RAM laptop berbeda dengan RAM PC Desktop, sehingga kamu harus memastikan RAM yang kamu beli itu cocok untuk laptop kamu. Kalau perlu, saat membeli RAM baru, hendaknya laptop kamu dibawa dan dites langsung di toko komputer tempat kamu beli RAM. Jika belum berhasil juga, artinya ada masalah dengan socket RAM kamu, yang artinya laptop kamu harus dibawa ke toko service laptop.

    5. Bunyi beep panjang sekali (1), pendek sembilan (9) kali

    Artinya ROM laptop kamu bermasalah. Wajib dibawa ke tempat service. Tapi agaknya masalah ini jarang ditemui kecuali laptop kamu benar-benar rusak parah. Segera saja bawa ke toko service.

    6. Bunyi beep panjang sekali (1), pendek tiga (3) kali

    Artinya ada masalah pada keyboard laptop kamu. Bisa karena ada tuts yang rusak, menekan terus-menerus, atau hanya sekedar ada kotoran atau debu masuk ke dalam keyboard kamu. Untuk mengatasi hal ini, ikuti langkah-langkah berikut:

    Jika Ada Tombol atau Tuts yang Rusak
    - Periksa tombol keyboard satu persatu. Tombol mana yang rusak.
    - Lepas bagian yang tidak berfungsi, lalu bersihkan menggunakan kuas

    Jika Tidak Ada Tombol yang Rusak
    Jika semua tut keyboard tidak ada masalah, kemungkinan ada kotoran atau debu di dalam keyboard. Silakan sobat bersihkan keyboard dengan meniupnya menggunakan kompresor. Jika perlu, silakan buka keyboard laptop sobat, semprot dengan kompresor, lalu bersihkan pin fleksibel keyboard dengan penghapus.

    7. Bunyi beep panjang sekali (1), pendek dua (2) kali

    Artinya ada masalah pada monitor atau VGA laptop kamu. Tidak banyak informasi yang bisa saya berikan. Sebaiknya segera bawa ke tempat service.

    8. Bunyi beep panjang sekali (1), pendek sekali (1)

    Artinya ada masalah pada motherboard laptop. Jika sudah kena motherboard, sebaiknya segera bawa ke tempat service.


    Sementara itu, bunyi yang dialami klien saya adalah bunyi panjang sekali dan terus menerus, artinya ada masalah pada RAM-nya. Sudah saya bersihkan, sudah saya cabut-colok, dan sudah saya semprot menggunakan kompresor, namun belum berhasil mengatasinya. Akhirnya saya sarankan dia untuk mengganti RAM laptopnya dengan yang baru. Semoga masalah klien saya selesai. Demikianlah kiat yang bisa kamu lakukan untuk solusi bunyi beep pada laptop terus-menerus saat dihidupkan. Semoga bermanfaat!

    Daftar referensi: Satu Dua

    Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
    EmoticonEmoticon