Cara Mudah Kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8

Banyak pengguna Windows 10 yang akhirnya memilih kembali ke Windows 8 atau Windows 7. Banyak yang menjadi latar belakangnya, seperti belum terbiasanya menggunakan Win 10, atau justru resource laptop yang belum cukup kuat mengadopsi Win 10.

Mungkin kamu punya alasan yang berbeda..

Namun tujuannya tetap sama, yakni bagaimana caranya mengembalikan OS laptop dari Windwos 10 ke Windows 8 atau Windows 7..

Untuk menjawabnya, silakan kamu ikuti tutorial sebagai berikut..

Cara Kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8

#1 Pastikan Kamu Masih Memiliki file Windows.old

Pada saat menginstall Windows 10, biasanya file Windows yang lama akan tetap tersimpan sebagai file Windows.old yang bisa kamu temukan pada drive C:\

File ini berguna sebagai backup file windows yang lama sewaktu-waktu kamu ingin kembali ke Windows versi sebelumnya,,

Tanpa file Windows.old ini, kamu tidak dapat kembali ke Windows 7 atau 8, karena file inilah yg merupakan hasil kompresi windows lama milik kamu. File ini adalah syarat utama untuk dapat kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8.

Cara Mudah Kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8

Folder Windows.old akan selalu tersedia selama 30 hari pemakaian Windows 10. Jadi, selama tidak menghapusnya secara manual, maka kamu masih bisa mengembalikan sistem operasi lama sebelum 30 hari pemakaian Windows 10.

Setelah 30 hari pemakaian, folder Windows.old akan terhapus secara otomatis.

#2 Buka "Menu Start" di pojok kiri bawah, lalu pilih "Setting"


Cara Mudah Kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8

Sebagaimana tercantum pada gambar di atas..

#3 Buka "Update & Security"


Cara Mudah Kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8

#4 Pilih menu "Recovery"


Cara Mudah Kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8

#5 Pilih "Go back to Windows 7" atau "Go Back to Windows 8"

Pada gambar menu "recovery" di atas, tidak terlihat pilihan "Go Back to Windows 7" atau "Go Back to Windows 8", karena itu adalah screenshot laptop yang sudah menggunakan Win10 lebih dari 30 hari.

Akibatnya, folder "windows.old" sudah hilang, dan tidak ada menu untuk kembali ke Windows 7 atau 8.

Namun, jika kamu belum sampai 30 hari menggunakan Windows 10, maka seharusnya akan muncul pilihan "Go Back to Windows 7" atau "Go Back to Windows 8".

#6 Ikuti Petunjuk Sampai Selesai

Ikuti petunjuk (wizard) yang muncul hingga selesai, maka proses downgrade windows 10 ke windows 7 atau windows 8 sudah selesai.

Setelah proses ini selesai, berarti langkah-langkah downgrade Windows 10 ke Windows 7 atau 8 atau cara kembali dari Windows 10 ke Windows 7 atau 8 pun sudah selesai.

Selamat, Windows kamu sudah kembali seperti semula..

Penutup

Mudah bukan? Silakan ajukan pertanyaan melalui komentar di bawah jika kamu menemukan kesulitan dalam melakukan tutorial ini. Demikianlah tulisan singkat ini kami buat, semoga bisa membantu kamu yang sedang mengalami kesulitan yang serupa. Bagi kamu yang masih mencari solusi terbaik untuk kembali ke Windows 7 dari Win 10, tetap semangat, ya!

Referensi Penting

Beberapa sumber lain yang terpercaya diantaranya:
http://www.software182.com/2015/08/cara-downgrade-windows-10.html#axzz3lrSrDmqK

2 comments

makasih buat infonya bung. namun dalam komputer saya tidak ada tulisan go back to widows 8, persis seperti screenshoot no 4 di atas. lalu untuk melanjutkan proses, saya tekan yang mana. advance start up atau get start pada reset this pc? makasih.

Jika tidak ada tulisan "go back to windows 8", artinya bung tidak bisa mengembalikan komputer bung ke windows 8. Mungkin file "windows.old" bung Yono sempat tidak sengaja terhapus.

Saran saya, lanjutkan saja menggunakan windows 10. Atau jika ingin menggunakan windows 7 atau 8 kembali, install ulang saja OS-nya secara manual menggunakan CD windows asli.

Demikian kiranya. Salam.

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon