Siapa Bilang Belajar Jaringan Komputer dari Nol Susah? Sudah Baca Ringkasan Ini?

Jaringan komputer merupakan salah satu ranah ilmu utama dalam rumpun ilmu komputer, selain sistem operasi dan basis data. Untuk mempelajarinya, hendaknya dilakukan secara bertahap dan dimulai dari dasar-dasarnya terlebih dahulu.

Bagi sebagian masyarakat, mempelajari ilmu ini secara otodidak agak terasa menyulitkan. Hal ini dikarenakan banyaknya istilah dan hal-hal baru yang jarang dijumpai sebelumnya.

Hal ini wajar, karena memang jika kita mempelajarinya secara otodidak, maka penjelasan yang terstruktur akan sulit didapat.

Lain halnya jika kita bersekolah atau kuliah. Materi tersaji dengan runut sehingga memudahkan dalam mempelajari dan memahaminya.

Jika kamu salah satu orang yang ingin menguasai jaringan komputer, namun memiliki pengetahuan yang sangat minim, tidak perlu berkecil hati. KompiDolar akan menyajikan pembahasan menyeluruh tentang belajar jaringan komputer dari nol sebagai berikut.

Belajar Jaringan Komputer dari Nol

Belajar Jaringan Komputer dari Nol

Berikut ini merupakan daftar materi-materi inti dari ilmu jaringan komputer. Semoga dengan materi-materi ini dapat membantu kamu dalam memahami ilmu komputer. Jika memungkinkan, silakan lakukan praktikum sehingga akan lebih memantapkan pemahaman ilmu jaringan ini.

Beberapa materi wajib dalam mempelajari jaringan komputer dari nol diantaranya adalah sebagai berikut.
  1. Pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN
  2. Perangkat yang Dibutuhkan dalam Membangun Jaringan Komputer
  3. Membuat Jaringan LAN Sederhana
  4. Membuat Koneksi Peer-to-peer
  5. Pemahaman tentang IP Address
  6. Apa Itu Internet
  7. Network Edge
  8. Network Core
  9. Delay, Loss dan Throughput
  10. Protocol Layers, Service Models
  11. Network Security
  12. OSI Layer
  13. Application Layer
  14. Transport Layer
  15. Network Layer
  16. Link Layer

Semua materi di atas merupakan daftar materi wajib untuk menjadi seorang network expert. Satu demi satu KompiDolar akan membuat tulisan pembahasan tentang masing-masing materi tersebut.

Hingga saat ini, sudah ada beberapa artikel yang published, namun masih banyak juga yang belum dibuat.

Jika rekan-rekan mampu menguasai seluruh materi di atas, dapat dipastikan bahwa secara teknik kemampuan, kamu sudah cukup mumpuni. Tinggal bagaimana mengaplikasikannya di dalam pekerjaan.

KompiDolar membuat tulisan ini dengan maksud memudahkan rekan-rekan yang ingin belajar jaringan komputer dari nol. Daftar di atas telah disusun dari materi yang paling mendasar hingga materi yang sulit.

Dengan mempelajarinya satu-persatu, maka rekan akan mendapatkan pemahaman yang mantap, perlahan tapi pasti. Rekan-rekan juga tidak akan kebingunan memulai belajar dari mana, tinggal ikuti saja dari satu nomor ke nomor lainnya.

Ilmu Komputer Terus Berkembang


ilmu jaringan komputer terus berkembang

Satu hal yang perlu kita pahami, bahwa ilmu jaringan komputer terus berkembang. Dasar-dasarnya adalah poin-poin yang telah kami sebutkan di atas. Namun untuk pengembangannya, tentu masih banyak ilmu lain yang harus dikuasai.

Dengan demikian, kami harap kamu tidak hanya selesai sampai pada materi-materi di atas. Silakan gali lebih dalam dan lebih luas tentang materi jaringan komputer baik itu dari sisi akademis, enterprise ataupun informasi umum. Namun sebagai dasar pondasi pemahaman kamu sebagai seorang computer scientist, tentu poin-poin di atas tetap harus dikuasai.

Pentinganya Pemahaman Sejarah Jaringan Komputer

Poin penting lain adalah tentang sejarah jaringan komputer ini. Sebagai informasi singkat, berdasarkan sejarahnya, jaringan komputer berasal dari Amerika melalui proyek Arpanet yang terdapat pada institusi militer AS.

Karena teknologi ini berasal dari AS, maka sudah sewajarnya istilah yang banyak digunakan adalah juga istilah-istilah berbahasa Inggris. Dengan demikian, hendaknya kita ikut menyesuaikan diri dengan Bahasa Inggris, bahkan alangkah lebih baik jika kita mampu menguasai, terutama untuk istilah-istilah komputer dan teknologi informasinya.

Dengan memahami sejarah jaringan komputer, maka kamu akan lebih mudah memahami materi dan menguasai seluk-beluk di dalamnya. Jika julukan "expert" yang kamu inginkan, mempelajari sejarah adalah satu kewajiban.

Kesimpulan

Untuk memahami dan menguasai jaringan komputer, hendaknya kamu mempelajarinya secara menyeluruh. Jangan lupakan sejarah komputer, serta selalu update perkembanan ilmu terkini.

Setelah kamu menguasai jaringan komputer dari nol hingga level advanced, maka kamu bisa disebut expert.

Demikianlah tulisan ini kami buat. Semoga dapat menjadi pedoman yang kuat bagi pembaca dan juga penulis dalam meningkatkan kemampuannya di bidang jaringan komputer, serta dapat menjadi langkah awal dalam belajar jaringan komputer dari Nol. Semoga bermanfaat bagi kita semua.

Kembangkan Wawasanmu tentang Jaringan Melalui Tulisan Ini

1 comments so far

bagus artikel nya mudah di pahami oleh saya sebagai pemula

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon