Pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN

Bagi kebanyakan orang yang ingin menguasai jaringan komputer, pemahaman dasar-dasar jaringan merupakan hal wajib yang harus dipenuhi. Hal ini penting, lantaran sangat membantu dalam penguasaan pemahaman konsep-konsep berikutnya.
Salah satu hal yang cukup populer adalah pengertian jaringan komputer itu sendiri, beserta pembagian dan perbedaan kategori jaringan menjadi LAN, MAN, dan WAN.

Meskipun demikian, masih banyak ditemukan informasi yang bersifat kurang lengkap, ataupun tidak terstruktur dengan rapi. Hal ini membuat sulit pembaca dalam memahami isi dari tulisan tersebut.

Apakah kamu salah satu yang merasakan hal ini? Jika ya, silakan lanjutkan membaca. Karena KompiDolar akan memberikan penjelasan yang terstruktur namun sederhana tentang pengertian jaringan komputer, LAN, MAN, dan WAN sebagaimana ulasan berikut ini.

Pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN

Terdapat banyak tulisan yang sudah membahas tentang jaringan komputer. Namun, dari sekian banyak tulisan, masih sedikit yang menjelaskannya dengan jelas dan baik. Oleh karena itu, mari kita pelajari terlebih dahulu konsep dasar jaringan komputer ini.

pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN

Baca juga: Belajar Jaringan Komputer dari Nol

Jaringan Komputer (Computer Network)

Jaringan komputer berarti adanya dua atau lebih komputer yang saling terhubung satu sama lain, dan untuk kondisi tertentu, di antara keduanya dapat saling mengakses file dan informasi, dan saling berkomunikasi.

Intinya adalah saat terdapat dua atau lebih komputer saling terkoneksi dan dapat berkomunikasi, itu disebut dengan jaringan komputer.

Jaringan komputer pertama yang dibuat merupakan proyek yang bernama Advanced Research Projects Agency Network" (ARPANET) yang dibuat oleh Amerika untuk sebuah proyek Departemen Pertahanannya pada akhir 1960 dan awal 1970. Lebih lengkapnya silakan lihat di sini.

Pembangunan sebuah jaringan komputer bagi sebuah organisasi merupakan sebuah keniscayaan, karena jika tidak membangun jaringan, maka tidak bisa menggunakan teknologi informasi lainnya. Artinya, organisasi akan mudah kalah bersaing.

Lantas, apa saja yang menjadi keuntungan dibangunnya sebuah jaringan komputer? Mari kita lihat keuntungan jaringan komputer sebagai berikut.

Keuntungan Menggunakan Jaringan Komputer 

  1. Data sharing: Jaringan memungkinkan terjadinya pertukaran data antar komputer satu dengan lainnya. Hal ini akan meningkatkan fleksibilitas sebuah organisasi.
  2. Recource sharing: Jaringan memungkinkan penggunaan sumber daya organisasi secara bersama-sama. Misalkan penggunaan printer secara bersama-sama, atau scanner secara bersama-sama.
  3. Program sharing: Jaringan memungkinkan banyak komputer dapat menggunakan satu buah aplikasi yang sama. Misalnya kita dapat menggunakan satu buah Microsoft Office bersama-sama dalam sebuah jaringan laboratorium komputer.

Selain keuntungan-keuntungan tersebut, masih banyak keuntungan-keuntungan lainnya. Intinya, keberadaan jaringan komputer merupakan suatu hal wajib bagi sebuah organisasi. 

Di dalam konsep jaringan komputer, terdapat beberapa kategori yang sudah cukup umum dibahas. Kategori ini diantaranya adalah Lokal Area Network (LAN), Metropolitan Area Network (MAN), dan Wide Area Network (WAN), yang merupakan pembagian kategori berdasarkan lingkup geografis. Selain itu, terdapat kategori jaringan berdasarkan fungsinya. Mari kita bahas satu-persatu.

Jaringan Komputer Berdasarkan Lingkup Geografisnya


Personal Area Network (PAN)

Merupakan jaringan komputer milik pribadi. Menghubungkan satu atau lebih perangkat semisal komputer dengan laptop, smartphone, tab, dan lain sebagainya yang berada dalam sebuah lokasi yang sederhana, seperti rumah, atau kantor kecil. Terkadang PAN juga disebut dengan Home Area Network (HAN).
Pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN

Beberapa kalangan juga seringkali menyebut PAN ini merupakan LAN yang lebih kecil. Dengan jaringan kecil ini, kamu dapat melakukan pertukaran data dan dokumen antara komputer dengan handphone.

Kamu juga dapat melakukan print dokumen menggunakan printer yang lokasinya berbeda ruangan. PAN sangat bermanfaat untuk kelancaran proses bisnis sehari-hari dalam sebuah rumah atau kantor kecil.

Bagi kamu yang suka oprek alat-alat jaringan, membangun PAN di dalam rumah tampaknya merupakan ide yang bagus.

Local Area Network (LAN)

LAN Merupakan bentuk jaringan komputer yang menghubungkan satu komputer dengan komputer lain dalam satu gedung, atau satu komplek wilayah yang masih dalam satu kesatuan. Misalnya satu buah kantor, sekolah, universitas, komplek perumahan, dan lain sebagainya. Jaringan ini disebut juga jaringan lokal.

LAN lebih besar dari PAN, namun memiliki banyak kemiripan. Perbedaannya hanya pada ukurannya yang lebih besar dari PAN. LAN melingkupi jaringan di dalam sebuah gedung yang terdiri atas beberapa lantai. Seringkali LAN digunakan untuk pertukaran data atau printer dalam sebuh kantor yang besar.

Sebagai contoh manfaat dari LAN, kamu dapat memiliki sebuah data center yang dapat diakses oleh seluruh karyawan kantor dalam satu gedung. Atau sebuah tempat penyimpanan data yang terpusat.

Sebagian besar perangkat di dalam LAN terhubung menggunakan kabel Ethernet. Namun tidak menutup kemungkinan jika menggunakan wireless.

Tentu saja, penggunaan kabel Ethernet akan membuat kecepatan akses lebih cepat dibandingkan dengan wireless. Jika seluruh perangkat di dalam sebuah LAN terhubung melalui wireless, maka itu disebut juga Wireless Local Area Network (WLAN).

Metropolitan Area Network (MAN)

MAN merupakan bentuk jaringan komputer yang menghubungkan satu jaringan LAN dengan jaringan LAN yang lain. Biasanya MAN menghubungkan dua atau lebih area yang berbeda.

Misalnya adalah jaringan yang menghubungkan dua kantor/institusi yang berbeda, jaringan antara satu universitas dengan unversitas lain, dan lain sebagainya. MAN menghubungkan dua atau lebih jaringan lokal.

Lebih besar dari LAN. MAN menghubungkan beberapa gedung dalam sebuah jaringan. Ini dapat kita temui misalkan pada sebuah kampus yang besar, atau sebuah komplek perkantoran yang terdiri atas beberapa gedung.

Perbedaan prinsip diantara MAN dan LAN adalah pada domain jaringannya. MAN memiliki domain jaringan yang berbeda antar satu buah network dengan network lainnya. Konsekuensinya, dibutuhkan router sebagai penghubung.

Sementara LAN memiliki satu buah domain yang sama diantara sub-sub jaringannya. Artinya, LAN tidak membutuhkan router, melainkan cukup menggunakan switch.

Wide Area Network (WAN)

Sementara itu, WAN adalah jaringan komputer terbesar dan terluas, yakni jaringan yang menghubungkan antara satu MAN dengan MAN yang lainnya. Bentuk paling besar dari WAN adalah internet, yakni jaringan yang menghubungkan seluruh komputer di dunia.

Jelas WAN lebih besar dari MAN. Merupakan gabungan dari beberapa WAN untuk membentuk sebuah jaringan yang leih besar yang disebut dengan WAN. Hal ini bisa mencakup sebuah kota negara, bahkan dunia.

Wide Area Network (WAN)

Jelas WAN membutuhkan router yang lebih banyak dan lebih canggih untuk menghubungkan MAN dengan MAN membentuk WAN.

Selain berdasarkan lingkup geografisnya, jaringan komputer juga dapat dikategorikan berdasarkan fungsinya. Berikut ini adalah penjelasannya.

Jaringan Berdasarkan Fungsinya


Storage Area Network (SAN)

Merupakan jaringan yang memang difungsikan untuk keperluan penyimpanan yang terpusat. Di dalam jaringan ini, terdapat sebuah komputer server yang digunakan sebagai pusat penyimpanan data dari seluruh jaringan yang lain. SAN menyediakan proses pertukuran data dengan kecepatan tinggi.

Kelebihan SAN 
Kelebihan SAN diantaranya adalah:
  1. Kecepatan tinggi menghasilkan performa yag tinggi pula
  2. Jarak koneksi sampai 10 KM
  3. Mudahnya management karena adanya data center
  4. Ketersediaan data yang sangat baik, karena adanya fitur anti redundansi
  5. Menggunakan protocol yang sederhana

Kekurangan SAN
Sementara itu, kekurangan SAN adalah diperlukannya biaya yang tinggi di dalam pembangunannya. Hal ini seringkali menjadi penghambat bagi beberapa organisasi untuk menerapkan SAN.

System Area Network (SAN)

Memiliki singkatan yang sama dengan Storage Area Network, System Area Network (SAN) merupakan sebuah jaringan yang dibentuk untuk dapat menggunakan beberapa komputer sebagai sebuah system.

Beberapa komputer yang terhubung ini, disebut dengan cluster, dan dapat digunakan sebagai sebuah system oleh komputer yang berbeda.

Hal ini mampu dilakukan dengan syarat digunakannya komputer dengan spesifikasi kecepatan tinggi, serta microprosessor yang handal. Biasanya jaringan ini dibuat untuk meningkatkan performa dan efektivitas biaya dari penerapan sebuah sistem.

Enterprise Private Network (EPN)

Merupakan jaringan yang difungsikan untuk keperluan enterprise. Menghubungkan lokasi yang bersifat global, namun hanya dapat diakses oleh perusahaan yang memilikiya. Merupakan sebuah jaringan private yang menghubungkan sebuah kantor dengan kantor lainnya yang lokasinya berbeda, serta dikontrol oleh satu organisasi yang memilikinya.

Banyak perusahaan telekomunikasi menggunakan jaringan semacam ini, yang terpisah dengan jaringan public, yakni internet. Jaringan semacam ini biasa digunakan untuk menjaga keamanaan informasi tidak tersebar ke publik.

Selain perusahaan telekomunikasi, ada juga perusahaan kesehatan seperti rumah sakit, yang menggunakan jaringan semacam ini. Secara lebih rinci, yang menggunakan jaringan ini diantaranya adalah:
  • Perusahaan telekomunikasi
  • Perusahaan kesehatan
  • Perbankan
  • Pemerintahan, dll

Virtual Private Network (VPN)

Merupakan sebuah jaringan yang aman saat melintasi jaringan publik. VPN dibangun untuk menyediakan sebuah jaringan yang aman ketika melintasi jaringan publik, seperti internet. Beberapa hal yang harus dipenuhi dalam sebuah VPN adalah adanya:
  • Authentication untuk melakukan validasi identitas pengguna jaringan VPN
  • Confidentiality menyediakan enkripsi data untuk menjaganya tetap private
  • Integrity untuk memastikan bahwa data yang dikirimkan antar dua perangkat merupakan data yang sama dan tidak ada perubahan sedikitpun.

Content Network (CN)

Infrastruktur jaringan yang dibuat untuk memudahkan user dalam mengakses seumber daya internet. Ada beberapa tipe CN diantaranya adalah:
  • Caching informasi hasil download dari internet
  • Distribusi traffic internet terhadap beberapa server

Controller Area Network (CAN)

Memperbolehkan microcontroller antar beberapa perangkat saling berkomunikasi satu sama lain, tanpa sebuah komputer host. CAN merupakan sebuah protocol komunikasi yang bersifat serial, dengan mendistribusikan kontrol yang real time dengan keamanan yang tinggi.

Global Area Network (GAN)

Merupakan jaringan yang mendukung komunikasi mobile yang mencakup beberapa wireless LAN dan area cover satelit.

===========================================

Selain pembagian kategori di atas, tentunya perlu diketahui pula perbedaan utama antara Intranet, Extranet, dan Internet. Untuk memahaminya, mari kita simak satu per satu.

Perbedaan Intranet, Extranet, dan Internet


Intranet

Merupakan jaringan lokal sebuah organisasi. Dapat berupa LAN, atau bahkan private MAN dan private WAN. Yang penting adalah berupa jaringan lokal sebuah perusahaan. Tidak terhubung dengan jaringan di luar organisasi.

Extranet

Merupakan intranet yang diperluas (extended intranet). Jaringan ini memungkinkan beberapa fitur pada intranet dapat diakses oleh beberapa orang di luar organisasi yang berada pada lokasi yang jauh. Namun pihak luar ini dibatasi atau ditentukan oleh organisasi.

Internet

Internet memiliki sifat yang berbeda, dimana orang-orang di luar organisasi, seluruhnya dapat mengakses informasi tertentu yang memang disediakan oleh organisasi untuk dapat diakses publik.

Intinya, pengguna eksternal dapat mengakses sumber daya internal organisasi. Biasanya hal ini direpresentasikan dengan sebuah website yang dapat diakses oleh seluruh orang di dunia.
Baca juga: Perangkat Jaringan Komputer beserta Peralatan Lengkap dengan Fungsinya

Penutup

Berdasarkan penjelasan tersebut, terlihat dengan cukup jelas perbedaan diantara LAN, MAN, dan WAN. Selain itu, terdapat perbedaan pula antar satu kategori jaringan komputer dengan yang lainnya.

Satu hal yang merupakan pembeda utama adalah ruang lingkup jaringan itu sendiri, dimana LAN merupakan jaringan lokal, MAN sudah menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan lokal lainnya, sementara WAN adalah jaringan global.

Dengan demikian, pengertian pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN sudah terjabarkan dengan jelas.

Demikianlah ulasan kami tentang Pengertian Jaringan Komputer, LAN, MAN, WAN. Semoga tulisan ini dapat bermanfaat dan memberikan kontribusi bagi kemajuan kualitas kemampuan kamu semua.

Kembangkan Wawasanmu tentang Jaringan Melalui Tulisan Ini

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon