8 Perangkat Dasar yang Harus Dikuasai Jika Kamu Ingin Menjadi Ahli Jaringan

Bagi kamu yang sedang belajar jaringan komputer, menjadi ahli tentu sangat didambakan. Terlebih jika kamu berniat menjadikan bidang ini tumpuan masa depan. Mempelajari dan menguasi kemampuan teknis jaringan menjadi syarat utama.
Kabar baiknya, kami akan memberikan gambaran umum daftar perangkat yang menjadi dasar pembangunan sebuah jaringan komputer. Jadi, seumpama ditanyakan apa-apa saja yang diperlukan untuk membangun jaringan sederhana, kamu dapat dengan lancar menjawabnya.

Selain itu, setelah menguasai pengetahuan pada tulisan ini, diharapkan kamu mampu mengembangkannya hingga mencapai level ahli jaringan yang terpercaya.

Untuk itu, mari kita simak tulisan tentang perangkat dasar yang harus dikuasai jika kamu ingin menjadi ahli jaringan sebagai berikut.

8 Perangkat Jaringan Komputer yang Harus Dikuasai


Perangkat Jaringan Komputer Beserta Fungsinya

Berikut ini penjelasan mendetail tentang perangkat-perangkat jaringan komputer yang harus kamu kuasai. Simak satu-persatu.

#1 Personal Komputer, Laptop, Tablet, Handphone


Personal Komputer, Laptop, Tablet, Handphone
Handphone dan Tablet

Personal Computer (PC Desktop), laptop, tablet, ataupun handphone adalah perangkat wajib yang harus kamu kuasai. Kamu harus lancar menggunakan komputer beserta aplikasinya.

Kamu juga harus bisa menggunakan berbagai macam OS seperti Windows ataupun MacOS ataupun Linux. Selain itu, terdapat beberapa pengetahuan dasar yang harus kamu kuasai.

PC Desktop, laptop, tablet, handphone/smartphone adalah contoh access device. Sering pula disebut dengan access saja, atau end point. Tentu kamu harus mengetahui bagaimana menggunakan access device ini, beserta bagaimana mekanismenya dalam terhubung ke dalam jaringan komputer.

Mekanisme ini bisa berupa koneksi menggunakan Network Card, Wifi, Bluetooth, kabel data, dan lain sebagainya. Paling tidak kamu harus familiar dengan masing-masing fitur ini.

#2 Network Card


Network Ethernet Card
Network/Ethernet Card

Merupakan device yang menghubungkan PC kamu ke dalam jaringan komputer. Disebut juga Network Interface Card (NIC). Di dalam Network Card ini terdapat MAC Address yang merupakan identitas tunggal komputer kita.

Cara menghubungkan Network Card dengan jaringan adalah dengan mencolokkan kabel LAN yang sudah terpasang dengan Konektor RJ45 ke dalam Network Card ini. Maka, komputer Anda sudah terhubung ke dalam jaringan.

#3 Konektor


Konektor RJ 45
Konektor RJ 45

Konektor merupakan sebuah perangkat yang menghubungkan kabel dengan Network Card dan juga Switch/Router. Terdapat berbagai macam konektor yang digunakan dalam sebuah jaringan komputer. Konektor dipasang di kedu aujung-ujung kabel.

Konektor yang paling populer adalah RJ45 yang digunakan untuk jaringan LAN sederhana dengan kabel CAT5. Jika kita ingin membangun sebuah backbone dengan kabel CAT6, atau sambungan kabel Fiber Optik, bukan konektor RJ45 lagi yang digunakan. Hal ini membutuhkan pembahasan tambahan selain yang ada di tulisan ini.

#4 Kabel


Kabel UTP
Kabel UTP

Kabel merupakan media penyambung antar end point dengan bridge/switch. Di dalam arsitektur jaringan, kabel menghubungkan PC dengan switch, atau Wifi dengan switch.

Kabel merupakan media yang krusial, karena memiliki kecepatan yang jauh lebih cepat daripada media penyambung sinyal yang lain seperti Wifi.

Untuk koneksi LAN, digunakan kabel CAT5, sementara untuk backbone, digunakan kabel CAT6. Untuk Backbone yang lebih besar, digunakan kabel Coaxial dan juga kabel Fiber Optic.

Kegunaan lain dari kabel jaringan diantaranya adalah:
  1. menghubungkan kamera CCTV dengan switch/terminal 
  2. menghubungkan perangkat finger print dengan switch/reouter
  3. menghubungkan mesin fotokopi dengan switch/hub/PC 

#5 Wifi Device


Wifi Device Access Point
Wifi Device Access Point

Wifi Device atau Wifi Adapter atau Wifi Access Point merupakan salah satu perangkat yang harus dikuasai fungsi dan cara kerjanya. Wifi bertugas menyebarkan sinyal internet dari sumber sinyal ke publik. Jangkauannya tergantung pada spesifikasi Wifi Aceess Point (AP) ini.

Untuk menyambungkan Wifi AP ke dalam jaringan, digunakan kabel LAN. Salah satu hal yang harus kamu kuasai adalah cara reset wifi hardware dengan benar. Karena kasus ini seringkali ditemui oleh para administrator IT. Kamu juga perlu menguasai control panel dari alat ini untuk dapat melakukan setting dan konfigurasi sesuai dengan kebutuhan yang kamu inginkan.

#6 Switch, Hub


Switch
Switch

Switch berfungsi untuk mengorganisasi jaringan. Perangkat ini merupakan salah satu kunci infrastruktur jaringan komputer di dalam sebuah organisasi, karena melalui perangkat inilah sistem IT perusahaan dikontrol.

Melalui switch, dilakukan organisasi terhadap bandwidth, speed, kuota, termasuk juga pengelolaan IP Address dari setiap end point. Contoh Switch yang paling populer adalah Cisco dan Mikrotik. Menguasai kedua brand switch ini, berarti sudah separuh jalan menjadi ahli jaringan IT.

#7 Router


Cisco Router

Sedikit berbeda dengan switch, Router berfungsi menghubungkan dua buah jaringan atau lebih yang berbeda domain. Router memiliki fungsi satu tingkat di atas switch, karena perangkat ini bertanggung jawab menghubungkan dua buah jaringan yang berbeda.

Misalnya, menghubungkan jaringan LAN rumah dengan jaringan Internet Service Provider. Atau misalnya, menghubungkan jaringan satu buah gedung dengan jaringan pada gedung yang lainnya. Contoh lainnya misalnya, menghubungkan koneksi internet dari sebuah gedung kampus di Jawa Barat dengan gedung kampus di Jakarta.

Selama kelompok IP Address nya berbeda domain, maka digunakan router.

#8 Server


Server Farm
Sekumpulan Server

Server merupakan komputer yang berfungsi sebagai pusat data dan pusat organisasi jaringan komputer. Server merupakan nyawa dari sebuah jaringan komputer. Menguasai server mulai dari instalasi, konfigurasi, sampai pada perkembangan teknologi terbaru, merupakan syarat jika kamu ingin disegani oleh bawahan saat sudah menjadi ahli IT nanti.

Kamu juga harus terus mengikuti perkembangan update spesifikasi server terbaru, disertai teknologi-teknologi terbarunya agar dapat disesuaikan dengan server-server kamu.

Pada dasarnya server adalah sebuah komputer juga. Namun komputer dengan spesifikasi yang tinggi yang disesuaikan dengan kebutuhan respon yang cepat dan kemampuan menghandle load yang tinggi.

Seringkali server diletakkan di dalam satu buah rak / sekelompok rak membentuk sekumpulan server yang disebut dengan server farm.
Itulah 8 perangkat jaringan komputer yang wajib kamu kuasai untuk menjadi seorang ahli. Jika kamu mampu menguasai seluruhnya, dan mampu mengkombinasikan serta memahami cara kerjanya dalam sebuah jaringan, maka tinggal menunggu waktu sebelum kamu diangkat menjadi manajer IT.

=======================================
Selanjutnya, kami akan memberikan pengetahuan tambahan seputar jaringan komputer. Pengetahuan ini bersifat sangat teknis dibandingkan penjelasan sebelumnya. Akan menjadi luar biasa jika kamu memahami dan menguasai cara penggunaan peralatan-peralatan ini, sehingga pengetahuan dan kemampuan kamu akan komplit sebagai calon manajer IT.

Berikut ini beberapa peralatan yang dibutuhkan untuk membangun jaringan komputer.

Peralatan yang Dibutuhkan Untuk Membantu Membangun Jaringan

Beberapa peralatan wajib yang dibutuhkan di dalam membangun sebuah jaringan diantaranya adalah sebagai berikut.

#1 Crimping Tool


Crimping Tool
Crimping Tool

Melakukan terminasi kabel LAN CAT5 ke dalam konektor RJ45. Alat ini merupakan satu paket dengan RJ45 dan juga kabel. Selain Crimping Tool jenis ini, terdapat crimping tool jenis lainnya yakni yang digunakan untuk terminasi kabel CAT6 dan juga kabel Coaxial.

#2 Tang Potong


Tang Potong
Tang Potong

Digunakan untuk membantu memotong kabel. Digunakan pula untuk merapikan susunan kabel LAN sebelum melakukan crimping. Tang potong sangat berguna untuk mempercepat proses crimping.

Kami sangat merekomendasikan untuk memiliki alat ini. Karena ini alat krusial dan akan sangat membantu terutama dalam meningkatkan kecepatan dan kerapihan dalam membuat kabel LAN.

#3 Cutter


Cutter
Cutter

Digunakan untuk membelah kulit kabel CAT5 atau CAT6 atau kabel Coax. Dengan bantuan alat ini, proses pengelupasan kabel menjadi jauh lebih cepat dan rapi.

#4 Tester


LAN Tester
LAN Tester

Merupakan alat bantu untuk memastikan kabel yang sudah kita crimping sudah terhubung dengan benar. Memastikan bahwa kabel yang kita gunakan memiliki kondisi yang baik, serta memastikan bahwa kita tidak melakukan kesalahan pada saat melakukan crimping.

Jika kabel telah di-crimping dengan benar, maka indikator tester akan menyala semua. Namun jika ada kesalahan, maka akan ada indikator yang juga salah. Semudah itu menggunakannya.

#5 Obeng


Obeng Plus
Obeng Plus

Membantu sekali saat kita ingin memasang Switch, Wallmount Rack, Wifi Access Point, dan sebagainya. Tentu saja, obeng diperlukan di berbagai jeis pekerjaan, tidak terkecuali IT.

#6 Tangga


Tangga Alumunium
Tangga Alumunium

Sangat berguna untuk menjangkau bagian-bagian yang tinggi. Sangat membantu saat kita ingin memasang wallmount, switch, wifi access point, serta saat ingin membangun backbone jaringan dalam sebuah gedung. Alat yang sangat serbaguna.

#7 Palu


Palu
Palu

Digunakan untuk memaku. Alat wajib yang harus ada dalam membangun jaringan dari nol. Alat ini digunakan terutama untuk memaku klem pada saat memasang kabel LAN di tembok atau ternit atap sebuah bangunan.

#8 Paku


Paku
Paku

Bahan wajib saat ingin membangun jaringan dari nol. Pasti ada bagian yang harus dipaku. Paku dan Palu, keduanya tidak dapat dipisahkan, dan sangat berguna.

#9 Ties


Tali Ties
Tali Ties

Jangan lupakan tali ties, yang digunakan untuk merapikan kabel jaringan. Terlebih jika jaringan yang dibuat memiliki skala yang besar, maka dipastikan bahwa keberadaan ties merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin kerapihan pekerjaan.

#10 Lem Bakar


Lem Bakar
Lem Bakar

Bahan ini juga digunakan untuk merapikan kabel. Terutama digunakan pada bagian-bagian yang sulit dijangkau dengan bantuan klem atau tali ties. Maka digunakanlah lem bakar untuk merapikan kabel. Jangan lupa bahwa bahan ini harus digunakan dengan pistol lem tembak.
Baca juga: belajar jaringan komputer dari nol

Itulah beberapa peralatan tambahan yang perlu kamu kuasai untuk membangun sebuah jaringan LAN. Tentu masih banyak bahan, peralatan, atau bahkan perangkat lainnya yang belum tercantum melalui tulisan ini. Namun paling tidak, tulisan ini memberikan poin-poin penting yang wajib.

Penutup

Demikianlah penjelasan kami tentang perangkat dasar yang harus dikuasai jika kamu ingin menjadi ahli jaringan. Semoga tulisan perangkat jaringan komputer beserta fungsinya ini dapat menjadi referensi untuk menguasai teknologi dan pengetahuan tentang infrastruktur IT. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk kamu ya. Tetap semangat dalam belajar.

4 comments

wah kece nih kerjaannya mas misbah ahli beginian mantap mas... serasa di tengah hutan teknologi... hehe...

Makssih mas. Tapi belum sempurna Masih banyak yang harus diupdate. Agak banyak PR nya. Tapi semoga bermanfaat ya.. :)

gak ngertiii hahaha berarti gak layak jadi manager it yah

Bisa-bisa aja jadi Manajer. Ini kan tidak bersifat kebalikannya. Hahaha

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon