Cara Membuat Aplikasi Semacam Facebook, Instagram, Twitter, Youtube

Bagaimana cara Mark Zuckerberg membuat Facebook? Bagaimana membuat aplikasi Twitter? Bagaimana Google+, Path, Pinterest, LinkedIn dibuat? Instagram?

Pertanyaan-pertanyaan tersebut tentu membuat kamu penasaran. Terlebih jika kamu memiliki ide cemerlang yang sudah sangat ingin kamu wujudkan.. Apalagi kamu yakin, ide ini memiliki nilai komersil yang luar biasa di masa mendatang..

Tetapi kamu mengalami kesulitan, bagaimana caranya mewujudkan ide tersebut menjadi kenyataan?

Jadi solusinya bagaimana, sih?

Silakan simak terus tulisan ini, karena tulisan ini akan memberikan informasi tentang bagaimana cara membuat aplikasi sosial media.

Cara Membuat Aplikasi Social Media Semacam Facebook, Instagram, Youtube


Cara Membuat Aplikasi Semacam Facebook, Instagram, Twitter, Youtube

Pendekatan Cara Membuat Aplikasi Sosial Media

Pada dasarnya, terdapat beberapa pendekatan cara membuat aplikasi sosial media. Diantaranya adalah sebagai berikut:
  1. Membuatnya sendiri menggunakan skill pemrograman sendiri
  2. Meminta bantuan teman yang ahli programming
  3. Membayar programmer professional / Konsultan IT / Software Developer
Langkah-langkah di atas kami sebut sebagai pendekatan jika ingin membuat website sosial media.

Intinya, saat kamu punya ide cemerlang, kamu tidak harus menjadi seorang programmer. Silakan minta bantuan teman, atau bayar programmer professional untuk menyelesaikannya..

Cara Membuat Website Sosial Media Secara Teknis

Sekali lagi, terdapat beberapa cara membuat website sosial media secara teknis. Apa saja caranya? Diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Coding dari Nol 

Kita bisa menggunakan php, Ajax, .Net, dan lain sebagainya. Namun untuk melakukan hal ini, diperlukan kemampuan programming yang mumpuni dengan menguasai berbagai cabang keilmuan yang lain termasuk di dalamnya adalah pengetahuan tentang Database, SDLC, bahkan infrastruktur komputer.

2. Menggunakan CMS Sosial Media 

Content Management System (CMS) dapat pula digunakan untuk membuat sosial media. Beberapa contoh CMS yang sering digunakan untuk membuat sosial media diantaranya semacam JCow, Oxwall, CMS Etano, Sharetronix, ataupun DCMS Facebook.

Tutorial untuk dapat menggunakan sosial media ini, dapat kamu lihat melalui beberapa tautan berikut ini:
Cara Membuat Aplikasi Website Sosial Media Menggunakan JCow
Cara Membuat Aplikasi Website Sosial Media Menggunakan Oxwall
Cara Membuat Aplikasi Website Sosial Media Menggunakan CMS Etano
Cara Membuat Aplikasi Website Sosial Media Menggunakan Sharetronix
Cara Membuat Aplikasi Website Sosial Media Menggunakan DCMS Facebook  ; Source 2

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui syarat-syarat apa saja yang harus dipenuhi. Paling tidak ada beberapa syarat teknis dasar yang harus dipenuhi, diantaranya adalah sebagai berikut.

Syarat-Syarat Memiliki Website Sosial Media Secara Teknis


Cara Membuat Aplikasi Semacam Facebook, Instagram, Twitter, Youtube

1. Memiliki Hosting/Server Sendiri

Jika kamu ingin memiliki website sosial media sendiri, maka sudah merupakan kewajiban kamu untuk memiliki hosting/server sendiri. Kamu tidak bisa mengandalkan hosting gratisan seperti blogger atau wordpress.com, karena website sosial media membutuhkan kapasitas dan fasilitas yang lebih lengkap. 

Karena website sosial media bersifat lebih dinamis dan bukan sekedar blog. Oleh karena itu, memiliki hosting, virtual private server, atau bahkan server sendiri, merupakan sebuah kewajiban. 

Untuk hosting, kamu bisa membelinya di Master Web, JagoanHosting, atau GoDaddy. Silakan pilih yang menurut kamu paling nyaman.

2. Memiliki Domain Sendiri  

Domain juga merupakan keharusan. Karena tidak mungkin kamu tidak menggunakan domain, padahal ingin aplikasi atau website kamu didatangi banyak orang. 

Seperti halnya hosting, kamu bisa membeli domain melalui beberapa situs penyedia layanan hosting dan domain seperti Master Web, JagoanHosting, atau GoDaddy

Ketika hosting dan domain sudah kamu miliki, langkah terakhir adalah membuatnya secara teknis dengan melakukan coding sendiri dari nol, atau menggunakan CMS seperti yang sudah kami ulas sebelumnya.

Penutup

Demikianlah ulasan sederhana kami tentang cara membuat website atau aplikasi sosial media. Semoga tulisan ini dapat memberikan insight tersendiri , walaupun bersifat informatif. 

Semoga semangat kamu untuk memahami dan menguasai cara membuat website atau aplikasi sosial media sendiri tidak padam dan akan menghasilkan sebuah website sosial media yang mapan dan bagus. Salam sukses! 


Artikel Ajib Lainnya

4 comments

Mantap infonya

Mas boleh ga minta bantuannya, serius, ini 083825540466

Silakan email ke saya saja mbak:
kompidolar@gmail.com

Terimakasih

Saya ingin membuat aplikasi namanya flopy (pola pikir) barangkali ada yg bisa membantu...

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon