Menguasai Komputer Akan Sangat Mudah Jika Kamu Memahami Ringkasan Ini

Saat ini, sudah sangat lazim seseorang harus menguasai komputer. Menguasai cara menggunakan komputer adalah hal wajib dan merupakan standar kehidupan sosial masyarakat urban yang mau tidak mau harus diikuti.

Bagaimana tidak, sebagian besar pekerjaan dan lini mata pencaharian saat ini sangat bergantung dengan teknologi ini. Menguasai komputer merupakan prasyarat manusia modern yang ingin beradaptasi dengan kehidupan zaman sekarang maupun masa depanl.

Meskipun demikian, tidak sedikit dari kita yang masih belum mahir menggunakan komputer. Bisa jadi karena kita masih baru belajar komputer, atau karena keterbatasan informasi sehingga perlu mempelajari komputer dari nol.

Tidak perlu khawatir, belajar dasar-dasar komputer tidak sesulit yang kamu bayangkan.

Jika kamu ingin menguasai komputer, ikuti tulisan ini yang akan menjelaskan dasar-dasar pengetahuan komputer serta cara menguasai komputer dengan mudah.

Dasar-dasar Pengetahuan Untuk Menguasai Komputer

Berikut ini kami jelaskan pengertian-pengertian dasar teoritis tentang seluk beluk komputer. Melalui penjabaran ini, diharapkan kamu menjadi mampu memahami cara kerja komputer dengan baik.

Definisi Komputer

Komputer diambil dari bahasa latin computare, dalam bahasa Inggris diambil dari kata to compute, yang berarti menghitung. Jadi awalnya komputer adalah sebuah alat untuk menghitung. Namun dalam perkembangannya, komputer berarti sebuah alat elektronik yang dapat menerima input, mengolahnya, lalu menghasilkan output berupa informasi, serta memiliki memori sehingga dapat menyimpan program maupun hasil olahannya secara otomatis.

Itulah definisi komputer. Dengan demikian, terdapat beberapa karakteristik komputer, diantaranya adalah:
- Menerima input
- Mengolah input
- Menghasilkan output
- Memiliki memori

dasar-dasar menguasai komputer
Computer


Pengolahan Data Elektronik

Komputer bertugas melakukan pengolahan data elektronik. Data merupakan sekumpulan kejadian yang diangkat dari fakta dan dapat berupa angka, huruf, simbol, gambar, dan lain sebagainya. 

Singkatnya, data yang diolah dalam komputer merupakan data elektronik yang kita dapat dari dokumen fisik seperti tulisan, gambar, ataupun kejadian tertentu. 


Siklus Pengolahan Data

Data elektronik yang diolah komputer mengalami sebuah siklus pengolahan. Siklus ini terjadi di dalam komputer dan melibatkan seluruh komponen yang merupakan sebuah kesatuan komputer itu sendiri. 

Secara sederhana, siklus pengolahan data terdiri atas tiga langkah mendasar, yakni input, proses, dan output. Ilustrasinya dapat kita lihat sebagai berikut.

siklus pengolahan data
Siklus Pengolahan Data

Sebagai contoh, saat kamu mengetik tulisan, artinya kamu sedang memasukkan input ke komputer. Kemudian apa yang kamu ketik akan diolah, yang disebut dengan proses. Setelah berhasil diolah dan diterjemahkan, hasilnya akan ditampilkan di layar, ini disebut dengan output. Selain contoh ini, contoh lainnya yang menampilkan siklus pengolahan data adalah proses print out dokumen.

Contoh Alat Input

Yang termasuk alat input diantaranya adalah:
  • Keyboard
  • Mouse
  • Touchscreen
  • Scanner
keyboard dan mouse
Keyboard dan Mouse


Contoh Alat Proses

Yang termasuk alat proses diantaranya adalah:
  • CPU
  • Prosesor
cpu
CPU
proseror
Prosesor


Contoh Alat Output

Sementara itu, yang termasuk alat output diantaranya adalah:
  • Monitor
  • Printer
  • Speaker
monitor
Monitor


Sistem Komputer

Untuk memahami komputer, hendaknya kita memahami apa yang dimaksud dengan sistem komputer. 

Komputer merupakan sebuah kesatuan antara beberapa komponen. Di dalam penggunaannya, ia bekerja dalam sebuah sistem yang disebut dengan sistem komputer.

Sistem komputer terdiri atas Hardware, Software, dan Brainware. Hardware merupakan perangkat keras, seperti PC, keyboard, monitor, mouse, dan lain sebagainya. Software adalah perangkat lunak, seperti sistem operasi, aplikasi, software, dan lain sebagainya. Sementara brainware adalah otak yang menjalankan komputer. Dalam hal ini adalah manusia itu sendiri.

Kelemahan Komputer

Kelemahan komputer dibandingkan manusia adalah komputer cenderung tidak dapat memiliki kebijaksanaan seperti halnya manusia. Selain itu komputer tidak bisa berpikir dinamis. Komputer juga bisa ditipu dengan trik dari manusia.

Walaupun demikian, keberadaan komputer saat ini terus dikembangkan sehingga muncul istilah komputer cerdas, dimana komputer dapat membantu manusia dalam mengambil keputusan.

Selain itu, telah dikembangkan pula teknologi artificial intelligence yakni kecerdasan buatan dimana diproyeksikan komputer akan dapat menggantikan berbagai macam pekerjaan manusia dan bahkan bisa mengambil keputusan secara mandiri seperti halnya manusia.

==========================================
Penjelasan di atas merupakan konsep-konsep dasar pemahaman tentang komputer. Sebelum memulai belajar komputer, hendaknya teori di atas kamu pahami. Tidak usah dihapal, yang penting paham, sudah cukup.

Untuk memulai belajar menguasai komputer, mari kita ikuti beberapa tips mudah sebagai berikut.

Cara Menguasai Komputer dengan Sangat Mudah

Cara menguasai komputer adalah dengan berlatih dan menggunakannya secara terus-menerus. Hal ini menyebabkan kamu akan familiar dengan komputer sehingga terbiasa dan akhirnya menguasainya. Jangan malu untuk bertanya, lakukan hal-hal baru, dan teruslah mencoba. 

Dunia komputer sangatlah luas, dunia informasi juga sangat luas. Jangan cepat puas dengan kemampuan kita saat ini. 

Berikut ini beberapa tips untuk dapat menguasai komputer dengan mudah.


Praktek Sebanyak-banyaknya

Menguasai komputer hanya dapat dicapai jika kamu seringkali praktek. Karena komputer adalah sebuah alat, sebuah tool untuk memudahkan kehidupan sehari-hari. 

Jika kamu hanya berdiam diri membaca teori, percuma saja, sampai kapanpun kamu tidak akan mahir. Teruslah praktek, terutama pada beberapa hal berikut:


Praktek Menyalakan dan Mematikan Komputer

Kenali tombol untuk menyalakan dan mematikan komputer. Pada setiap perangkat elektronik, terdapat sebuah tombol dengan logo yang disepakati sebagai tombol on/off. Tombol tersebut memiliki simbol sebagai berikut.

on off button menguasai komputer
Tombol On/Off

Carilah tombol dengan simbol seperti ini pada komputer kamu. Ini adalah tombol untuk menyalakan dan mematikannya. Tombol tersebut dibuat berdasarkan filosofi angka 0 yang berarti mati, dan angkat 1 yang berarti hidup/nyala. Jika ada tombol seperti itu atau yang mirip dengan itu, artinya itu adalah tombol on/off.


On/Off pada Laptop
On/Off pada Laptop

Lakukan langkah ini setiap hari, sampai kamu paham bagaimana menyalakan dan mematikan komputer jika dihadapkan pada komputer yang berbeda.


Praktek Memahami Struktur File di Komputer

Komputer memiliki struktur penyimpanan file, yakni struktur yang menggambarkan bagaimana sebuah file/data disimpan di dalam harddisk. Hal ini dapat dilihat pada gambar berikut.


Struktur File pada My Computer
Struktur File pada My Computer

Pada gambar Struktur File pada My Computer di atas menggambarkan bagaimana kondisi komputer secara keseluruhan.

Pada bagian kiri merupakan struktur hirarki komputer beserta folder/direktori tempat menyimpan file. Sementara pada bagian kanan merupakan penjelasan isi dari folder/direktori tersebut.

Terdapat beberapa operasi yang dapat kamu lakukan pada sebuah struktur file tersebut, diantaranya adalah membuat/ menghapus/ me-rename folder, membuat/ menghapus/ me-rename file, melakukan sorting folder atau file, serta melakukan search folder/file. Sering-seringlah melakukan hal-hal tersebut, lambat laun kamu pasti akan memahaminya dengan mantap.

Pahami struktur komputer tersebut. Ada partisi-partisinya. Ada folder-foldernya. Di dalam folder ada file-file. Kuasai konsep-konsep dasar ini, maka kamu tidak akan kagok saat dihadapkan pada komputer yang berbeda.


Praktek Menggunakan Aplikasi Office

Office adalah aplikasi wajib dari setiap jenis komputer. Hendaknya kamu mempelajari aplikasi office ini untuk melakukan pekerjaan. Secara umum terdapat tiga buah aplikasi office wajib yang harus kamu kuasai, yakni Word, Excel, dan Power Point. 


Logo Word, Excel, dan Power Point
Logo Word, Excel, dan PowerPoint

Masing-masing aplikasi office tersebut memiliki kegunaan masing-masing. Word adalah aplikasi pengolah kata (wordsheet), Excel adalah aplikasi pengolah angka dan data (spreadsheet), sementara PowerPoint adalah aplikasi pembuat file presentasi.

Jika kamu sudah menguasai ketiganya, dapat dikatakan bahwa kamu sudah jauh lebih baik dalam menguasai komputer dibandingkan sebelumnya.


Praktek Berinternet

Untuk dapat membuka internet, kamu harus melakukannya menggunakan aplikasi Browser. Beberapa Browser yang terkenal diantaranya adalah Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan Opera.


Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan Opera
Google Chrome, Mozilla Firefox, Safari, Microsoft Edge, dan Opera

Saat ini, kamu juga bisa berinternet menggunakan smartphone. Pada smartphone kamu, silakan buka internet menggunakan browser. Sebagai permulaan, kamu bisa membuka beberapa situs seperti Google.Com, Detik.Com, ataupun KompiDolar.com.


Mulai Bekerja dengan Komputer

Bekerjalah dengan komputer. Maka kamu akan semakin mahir. Gunakanlah komputer dalam segala aktivitas kamu. Mengetik, membuat tugas makalah, membuat gambar, browsing internet, dan lain sebagainya. 

Pokoknya, saat ada kerjaan, pikirkanlah apakah bisa dikerjakan dengan komputer? Jika ya, langsung saja gunakan komputer. Semakin sering kamu praktek, semakin terbiasa dan jago. Semakin cepat pula kamu menguasai seluk beluk komputer. 

Bagi generasi X dan Y, untuk menguasai komputer cenderung lebih mudah karena didukung oleh perkembangan pergaulan yang begitu pesat. Ditambah dengan iklim pembangunan yang kondusif, membuat generasi ini sangat cepat beradaptasi dan menjadi cemerlang.


Ajari Orang Lain Komputer

Semakin sering kamu mengajarkan orang lain, maka ilmu tersebut akan makin nempel di kepala kamu. Inilah teknik yang paling efektif dalam menguasai sebuah hal. Kuasai dengan mengajari orang lain. Kamu bisa mulai mengajarkan adik, keponakan, teman, atau bahkan orang tua kamu.

Saat mengajari orang lain, ilmu tersebut akan terulang-ulang di kepala kita, dan tanpa sadar membuat kita semakin paham tentang apa yang kita ajarkan. Mengajari adalah salah satu cara menggapai kesempurnaan pemahaman.

Penutup

Demikianlah tulisan ini kami buat untuk membantu kamu semua mempelajari komputer. Tentunya tulisan ini jauh dari kata sempurna. Namun paling tidak, niat dan usaha kami adalah untuk berbagi seluas-luasnya atas ilmu yang sedikit ini.

Jika ada pertanyaan seputar dasar-dasar komputer, jangan malu untuk bertanya di kolom komentar. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu yang ingin segera menguasai komputer dengan mudah.

2 comments

jadi ingat pas baru belajar komputer jaman smp bang :)

Iya , Ninda.. sampai sekarang masih banyak yang butuh gambaran dasar komputer.. semoga tulisan ini bisa sedikit membantu..

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon