Menguasai Komputer Akan Sangat Mudah Jika Kamu Memahami Ringkasan Ini

Hello Sobat. Sekarang sudah sangat lazim bagi kamu menguasai komputer. Menguasai cara menggunakan komputer adalah hal wajib dan merupakan standar kehidupan sosial masyarakat urban yang mau tidak mau harus kamu ikuti. Bagaimana tidak, sebagian besar pekerjaan dan lini mata pencaharian saat ini sangat bergantung dengan teknologi ini. 


Jika kamu ingin beradaptasi di kehidupan zaman sekarang dan masa depan, segeralah kuasai komputer. Sebagai langkah awal, mari kita pahami dasar-dasarnya sebagai berikut.

Dasar-dasar Pengetahuan Untuk Menguasai Komputer


Definisi Komputer

Komputer diambil dari bahasa latin computare, dalam bahasa Inggris diambil dari kata to compute, yang berarti menghitung. Jadi awalnya komputer adalah sebuah alat untuk menghitung. Namun dalam perkembangannya, komputer berarti sebuah alat elektronik yang dapat menerima input, mengolahnya, lalu menghasilkan output berupa informasi, serta memiliki memori sehingga dapat menyimpan program maupun hasil olahannya secara otomatis. Itulah definisi komputer. Dengan demikian, terdapat beberapa karakteristik komputer, diantaranya adalah:
- Menerima input
- Mengolah input
- Menghasilkan output
- Memiliki memori

dasar-dasar menguasai komputer
Computer


Pengolahan Data Elektronik

Komputer bertugas melakukan pengolahan data elektronik. Data merupakan sekumpulan kejadian yang diangkat dari fakta dan dapat berupa angka, huruf, simbol, gambar, dan lain sebagainya. Singkatnya, data yang diolah dalam komputer merupakan data elektronik yang kita dapat dari dokumen fisik seperti tulisan, gambar, ataupun kejadian tertentu. 


Siklus Pengolahan Data

Data elektronik yang diolah komputer mengalami sebuah siklus pengolahan. Siklus ini terjadi di dalam komputer dan melibatkan seluruh komponen yang merupakan sebuah kesatuan komputer itu sendiri. Secara sederhana, siklus pengolahan data terdiri atas tiga langkah mendasar, yakni input, proses, dan output. Ilustrasinya dapat kita lihat sebagai berikut.

siklus pengolahan data
Siklus Pengolahan Data

Sebagai contoh, saat kamu mengetik tulisan, artinya kamu sedang memasukkan input ke komputer. Kemudian apa yang kamu ketik akan diolah, yang disebut dengan proses. Setelah berhasil diolah dan diterjemahkan, hasilnya akan ditampilkan di layar, ini disebut dengan output. Selain contoh ini, contoh lainnya yang menampilkan siklus pengolahan data adalah proses print out dokumen.

Contoh Alat Input

Yang termasuk alat input diantaranya adalah:
  • Keyboard
  • Mouse
  • Touchscreen
  • Scanner


keyboard dan mouse
Keyboard dan Mouse

Contoh Alat Proses

Yang termasuk alat proses diantaranya adalah:
  • CPU
  • Prosesor


cpu
CPU
proseror
Prosesor

Contoh Alat Output

Sementara itu, yang termasuk alat output diantaranya adalah:

  • Monitor
  • Printer
  • Speaker

monitor
Monitor


Sistem Komputer

Untuk memahami komputer, hendaknya kita memahami apa yang dimaksud dengan sistem komputer. Komputer merupakan sebuah kesatuan antara beberapa komponen. Di dalam penggunaannya, ia bekerja dalam sebuah sistem yang disebut dengan sistem komputer.

Sistem komputer terdiri atas Hardware, Software, dan Brainware. Hardware merupakan perangkat keras, seperti PC, keyboard, monitor, mouse, dan lain sebagainya. Software adalah perangkat lunak, seperti sistem operasi, aplikasi, software, dan lain sebagainya. Sementara brainware adalah otak yang menjalankan komputer. Dalam hal ini adalah manusia itu sendiri.

Kelemahan Komputer

Kelemahan komputer dibandingkan manusia adalah komputer cenderung tidak dapat memiliki kebijaksanaan seperti halnya manusia. Selain itu komputer tidak bisa berpikir dinamis. Komputer juga bisa ditipu dengan trik dari manusia.

Walaupun demikian, keberadaan komputer saat ini terus dikembangkan sehingga muncul istilah komputer cerdas, dimana komputer dapat membantu manusia dalam mengambil keputusan. Selain itu, telah dikembangkan pula teknologi artificial intelligence yakni kecerdasan buatan dimana diproyeksikan komputer akan dapat menggantikan berbagai macam pekerjaan manusia dan bahkan bisa mengambil keputusan secara mandiri seperti halnya manusia.

Cara Menguasai Komputer

Cara menguasai komputer adalah dengan berlatih dan menggunakannya secara terus-menerus. Hal ini menyebabkan kamu akan familiar dengan komputer sehingga terbiasa dan akhirnya menguasainya. Jangan malu untuk bertanya, lakukan hal-hal baru, dan teruslah mencoba. Dunia komputer sangatlah luas, dunia informasi juga sangat luas. Jangan cepat puas dengan kemampuan kita saat ini.

Demikianlah tulisan ini kami buat untuk membantu sobat semua mempelajari komputer. Jika ada pertanyaan seputar dasar-dasar komputer, jangan malu untuk bertanya di kolom komentar. Semoga tulisan ini dapat membantu kamu yang ingin segera menguasai komputer.

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya
EmoticonEmoticon