Download 10 Software Recovery Data Gratis dengan Kemampuan Premium

Manusia adalah tempatnya ceroboh. Termasuk dalam urusan penyimpanan data, seringkali kita ceroboh salah klik, sehingga flashdisk, memory card, atau bahkan harddisk tidak sengaja terformat dan data hilang.

Banyak beredar software recovery data berbayar. Namun, apakah tidak ada yang gratis namun mumpuni?

Jika ada, kenapa tidak kita gunakan?

Jika ini yang kamu alami, silakan lanjutkan membaca, karena pada tulisan ini KompiDolar menjelaskan cara-cara mengembalikan file yang terhapus dari media penyimpanan tanpa bayar.

Software Gratis untuk Mengembalikan File yang Terhapus di Flashdisk

Terdapat beberapa software recovery data gratis dengan kemampuan yang cukup baik. Jika kamu tidak ingin membeli software berbayar, cukup gunakan software gratis ini.

usb flashdisk
USB Flashdisk

Software yang dijelaskan di sini merupakan software gratis, bagus, dan teruji. Silakan kamu uji satu-persatu.

#1 EaseUS Data Recovery Free

EaseUS merupakan software recovery data yang handal dan efektif. KompiDolar sudah pernah mengulasnya dan merasakan manfaat yang cukup memuaskan dalam hal pengembalian data yang hilang di flashdisk atau memory card. Situs resminya bisa kamu lihat di sini.

Kelebihan

EaseUS sudah teruji dan KompiDolar pun sudah sempat menjajalnya berkali-kali. Beberapa review sebagai bukti tentang EaseUS dapat kamu lihat melalui tulisan ini dan ini. Fitur-fitur yang ada tergolong lengkap sebagai software recovery data.

Kekurangan

EaseUS Free hanya mendukung data recovery hingga 1 GB. Jika butuh ukuran yang lebih besar, harus membeli yang versi berbayar. Jika kamu mau, kamu bisa mendapatkan licence code untuk EaseUS versi berbayar dengan mengkuti giveaway pada tulisan ini.

Download


EaseUS Data Recovery
EaseUS Data Recovery

Download EaseUS Data Recovery versi gratis di sini.


#2 SoftPerfect File Recovery


SoftPerfect
SoftPerfect

SoftPerfect File Recovery bisa kamu download di SINI. SoftPerfect memiliki reputasi yang cukup baik dalam hal recovery data. Beberapa review tentang software ini dapat kamu lihat melalui beberapa situs diantaranya: magezine123ajibzsmkn1, dan juga javacreativity.

Kelebihan

Beberapa kelebihan yang dimiliki software ini diantaranya adalah:
  1. Mendukung banyak sistem file termasuk FAT12, FAT16, FAT32, NTFS dan NTFS5
  2. Mudah instalasi dan penggunaannya
  3. Mendukung fitur-fitur standard lainnya

Download

Silakan download SoftPerfect Recovery di sini.


#3 Pandora Recovery


pandora recovery
Pandora Recovery

Pandora Recovery juga tergolong mudah digunakan. Sejauh yang sudah KompiDolar telusuri, software ini cenderung lebih populer dibandingkan dengan SoftPerfect. Review dan cara penggunaannya pun sudah banyak dibahas oleh blogger, seperti : 1, 2, 3, 4, 5

Kelebihan

  1. Mendukung banyak file system (sepertinya ini sudah menjadi hal lumrah bagi aplikasi sejenis)
  2. Simple, mudah digunakan

Kekurangan

Hanya mampu untuk recovery data yang hilang dengan masa hilang tidak lebih dari 30 hari. Poin ini menjadi penting, sehingga kita tidak terlalu memberikan ekspektasi terlalu tinggi bagi software ini. Untuk data hilang yang sudah lebih dari 30 hari, tidak bisa menggunakan Pandora. Silakan gunakan software lainnya.

Download

Silakan download software Pandora Recovery di sini. Silakan gunakan dengan baik untuk mengembalikan file kamu yang hilang. Kamu bisa rujuk ke halaman ini dan ini untuk tutorial penggunaannya.


#4 Recuva


Recuva File Recovery
Recuva File Recovery

Kamu bisa download Recuva melalui website third party seperti piriform atau filehippo, di sini dan sini. Atau, jika kamu ingin mendownload secara langsung dari KompiDolar, silakan klik link ini. Secara umum, Recuva memiliki reputasi yang cukup baik. Untuk lebih detailnya, kamu bisa lihat beberapa review sebagai berikut: 1, 2, 3, 4.

Kelebihan

Kelebihan software ini pada dasarnya hampir sama dengan software recovery data lainnya, yakni mendukung berbagai macam tipe data dan file system, serta mudah digunakan.

Namun kelebihan lain yang menjadi unggulan adalah ukuran software yang tergolong kecil sehingga ringan digunakan. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan lainnya, seperti:
  1. Ukuran software relatif kecil
  2. Mampu mengembalikan data email yang dihapus
  3. Mengembalikan data di iPod
  4. Menghapus file secara permanen

Download

Silakan download Recuva Recovery melalui link berikut ini, ini, ini, dan ini.


#5 Puran File Recovery


Puran File Recovery
Puran File Recovery

Beberapa review tentang Puran File Recovery diantaranya dapat dilihat pada beberapa tulisan sebagai berikut: 1, 2, 3, 4, 5. KompiDolar turut memberikan apresiasi terhadap software ini atas kegunaan dan manfaatnya. Dapat dikatakan, Puran cukup baik dalam urusan recovery data.

Kelebihan

Kelebihan Puran diantaranya adalah cepatnya proses scan disk. Selain itu, navigasi antarmuka software juga menarik. Standard software recovery data sudah termasuk di dalam software ini, seperti dukungan terhadap banyak file system, serta kemampuan untuk mengembalikan berbagai macam tipe data.

Kekurangan

Puran memiliki satu buah kekurangan, yakni hanya dapat digunakan untuk kepentingan rumahan. Artinya, Puran dilarang digunakan untuk kepentingan komersial. Namun demikian, tidak masalah jika kamu menggunakan software ini untuk kepentingan pribadi kamu.

Download

Silakan download Puran File Recovery di sini, sini, dan sini.


#6 Glary Undelete


Glary Undelete
Glary Undelete

Beberapa review tentang Glary Undelete dapat kamu lihat melalui ulasan berikut: 1, 2, 3, 4, 5. Software ini kurang popular, namun cukup efektif. Jika file kamu tidak kunjung berhasil direcovery, Glary adalah salah satu alternatif solusinya.

Kelebihan

Kelebihan Glary Undelete adalah ukurannya yang sangatlah ringan, hanya 1.2MB. Meskipun ukurannya kecil, namun fungsionalitasnya janganlah diragukan. Software ini cukup dapat diandalkan.

Download

Silakan download Glary pada link ini dan ini.


#7 PC Inspector Recovery


PC Inspector
PC Inspector

Cukup banyak digunakan oleh kalangan netizen, PC Inspector Recovery menawarkan solusi atas kehilangan data. Kamu bisa menyimak beberapa review tentang produk ini di sini: 1, 2, 3, 4, 5.

Kelebihan

Software ini sangat mudah digunakan bagi kamu yang pemula sekalipun. Selain itu, semua standard utilities dari sebuah software recovery data juga sudah didukung oleh software ini.

Download

Download PC Inspector Recovery di sini: 1, dan 2.


#8 Undelete 360


Undelete 360
Undelete 360

Tidak kalah dengan software recovery file lainnya, Undelete 360 menawarkan kemudahan dalam urusan mengembalikan data yang rusak. Simak ulasannya pada beberapa situs ini: 1, 2, 3, 4, 5.

Kelebihan

Selain kemudahan penggunaan, Undelete 360 memiliki kelebihan pada kecepatan proses recovery. Selain itu, secara umum fitur standard bagi sebuah software recovery data sudah terpenuhi di sini.

Download

Silakan download Undelete 360 di sini.


#9 MiniTool Partition Recovery


MiniTool Partition Recovery
MiniTool Partition Recovery

Review terhadap aplikasi ini dapat kamu simak melalui beberapa ulasan sebagai berikut: 1, 2, 3, 4, 5. Software MiniTool Partition Recovery ini gratis untuk keperluan rumahan, dan tidak boleh digunakan untuk kepentingan komersial. Aplikasi ini cukup recommended dan memiliki efektivitas yang cukup baik.

Kelebihan

Kelebihan MiniTool Partition Recovery adalah software ini mampu mengembalikan data yang hilang dari CD atau DVD. Inilah yang menjadi kelebihannya. Tidak semua software data recovery mampu melakukan hal ini. Fitur standard lainnya juga sudah ada pada versi gratisnya.

Kekurangan

MiniTool Partition Recovery merupakan versi gratis dari software berbayar. Oleh karena itu, ada beberapa fitur yang tidak disematkan, seperti fitur Dynamic Disk Volume, yang diperuntukkan untuk Server. Namun hal ini tidak signifikan bagi kamu yang menggunakannya untuk keperluan pribadi.

Download

Silakan download MiniTool Partition Recovery melalui situs resminya di sini.


#10 Wise Data Recovery


Wise Data Recovery
Wise Data Recovery

Review tentang Wise Data Recovery bisa kamu simak pada halaman berikut: 1, 2, 3, 4, 5. Software ini memberikan kamu full akses, artinya kamu bebas memilikinya dan silakan disebarkan kepada siapapun yang membutuhkan. Secara umum, software ini cukup efektif.

Kelebihan

Software ini benar-benar gratis dan dapat digunakan seumur hidup. Penggunaannya cukup mudah dan akan memunculkan seluruh file yang pernah dihapus dalam jangka waktu berapapun. Oleh karena itu, siapkan tempat yang cukup luas untuk menampung file hasil recovery-nya.

Kekurangan

Kekurangannya adalah karena seluruh kemungkinan file akan ditampilkan, maka perlu ukuran yang cukup besar sebagai wadah hasil recovery file. Kita bisa saja memilih data yang ingin direcovery, namun memerlukan waktu dan ketelitian karena kita harus memilih satu-persatu dan ini cukup menyulitkan.

Download

Silakan download Wise Data Recovery di sini, sini atau sini.


Rekomendasi KompiDolar untuk Software Data Recovery

Jika kamu masih bimbang mau menggunakan yang mana, KompiDolar memberikan rekomendasi bagi kamu untuk menggunakan salah satu dari software data recovery berikut ini (urutan menandakan prioritas):
  1. EaseUS Data Recovery
  2. MiniTool Partition Recovery
  3. Undelete 360
  4. Pandora
  5. Recuva
  6. Puran
Posisi rekomendasi di atas sesuai dengan pengalaman pribadi Kompidolar yang sangat subyektif namun mengedepankan efektivitas dan kemudahan proses pengembalian data. Semoga rekomendasi ini membantu sobat semua.


Penutup

Demikianlah sobat KompiDolar tentang berbagai macam alternatif software recovery data gratis. Jika kamu memiliki masalah yang belum terpecahkan, jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar ataupun mengirim email langsung kepada kami di email: mmishbah@gmail.com.

Saya Muhammad Mishbah, bagian dari tim KompiDolar, akan membalas email kamu dan membantu kamu mengembalikan data yang hilang.

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon