Alasan Kenapa Jailbreak i-Phone Tidak Apa-apa Dilakukan

loading...

loading...
Bagi kamu yang baru saja mencoba i-Phone, pasti akan mendengar istilah Jailbreak. Kemudian muncul sekelumit pertanyaan seperti "sebenarnya jailbreak itu apa sih?", "apakah berbahaya untuk iPhone gue?", "kerugian jailbreaking apa aja sih?", "keuntungannya buat gue?". Beberapa pertanyaan tersebut akan terjawab setelah kamu selesai membaca tulisan Alasan Kenapa Jailbreak i-Phone Tidak Apa-apa Dilakukan berikut ini.

Alasan Kenapa Jailbreak i-Phone Tidak Apa-apa Dilakukan


Pengertian Jailbreak i-Phone

Jailbreak i-Phone adalah sebuah proses untuk memiliki akses menyeluruh terhadap perangkat Apple. Jailbreak memungkinkan pengguna untuk melewati batasan-batasan yang disematkan Apple ke setiap produknya. Di dalam implementasinya, proses jailbreaking biasa dilakukan dengan menggunakan aplikasi Cydia. Di dalam dunia Android, hal ini disebut dengan proses "root". Artinyta, jailbreak pada Apple serupa dengan "root" pada Android. Dengan dilakukannya jailbreak, maka pengguna akan memiliki kekuasaan penuh atas sumber daya yang terdapat pada i-Phone maupun perangkat Apple lainnya seperti iPad dan iPod.

Keuntungan Jailbreak

Pada awalnya, jailbreaking menuai kontroversi. Namun setelah beberapa waktu, justru jailbreaking semakin digemari oleh masyarakat. Terlebih setelah pengadilan Amerika Serikat pada tahun 2010 mengumumkan bahwa proses jailbreaking tidak melanggar aturan, alis legal. Beberapa keuntungan Jailbreak diantaranya adalah:

i-Phone
i-Phone

#1 Full Kontrol 

Bagi kamu yang suka oprek, pasti suka dengan kondisi ini. Karena kamu bebas oprek jeroan i-Phone kamu sesuka hati.

#2 Install Aplikasi Berbayar Tanpa Bayar

Sebagian orang menganggap ini adalah keuntungan, meskipun tidak sedikit yang menganggap ini kecurangan.

#3 Mengatur Ringtone Berbayar Tanpa Bayar

Dengan Jailbreaking, kamu bisa menggunakan ringtone yang berbeda dari default bawaan Apple. Inilah yang tidak terpenuhi jika kamu menggunakan iPhone yang masih polos. Tentu Jailbreaking menjadi solusi yang sangat berguna untuk masalah ringtone ini. Selain itu, hal ini bisa kamu lakukan secara gratis!

#4 Memasang Tema (themes) Sesuai Selera

Sama seperti memasang Ringtone, memasang Tema sesuai selera selama ini tidak dapat dilakukan pengguna Apple. Namun dengan Jailbreak, tema dapat dengan mudah kamu ganti. Bermanfaat, bukan?

#5 Unlock SIM Card dengan Mudah

Untuk iPhone keluaran negara tertentu, slot SIM card terkadang masih di-lock dan tidak bisa dipakai dengan SIM card Indonesia. Dengan jailbreaking, masalah ini teratasi dan i-Phonee kamu menjadi Full Unlocked, bisa pakai SIM Card operator mana saja!


#6 Install Aplikasi Zephyr

Aplikasi Zephyr hanyalah salah satu keunggulan lain jika kamu jailbreak iPhone. Sudah menjadi lumrah banyak pengguna iPhone yang mengeluhkan tombol home yang rusak, karena terlalu sering ditekan. Sebagai alternatif home button, pasanglah aplikasi Zephyr agar tombol fisik home kamu menjadi lebih awet. 

#7 Transfer Via Bluetooth ke Device non-Apple 

Ini adalah salah satu fitur penting dan bermanfaat. Kamu bisa melakukan transfer file antar device, walaupun itu bukan Apple. Salah satu kelemahan Apple adalah kurangnya kompatibiliti antar vendor yang berbeda. Perangkat Apple seringkali tidak compatible jika dipasangkan dengan perangkat non-Apple. Namun, salah satu masalah ini dapat diselesaikan dengan Jailbreaking.

#8 Jika Eror, Cukup di-Restore

Bagi kamu yang masih newbie, tidak perlu khawatir. Jika terjadi eror pada proses jailbreaking, tinggal kamu restore iPhone kamu, maka kondisinya dapat kembali seperti semula melalui iTunes.


Kerugian Jailbreak

Terlepas dari seluruh keuntungan tersebut, ternyata banyak pihak yang tidak menganjurkan perangkat Apple kamu di jailbreak. Apa saja alasannya?

#1 Garansi Hangus 

Ini adalah kerugian yang sangat dihindari para pengguna Apple. Kamu pun harus berhati-hati, sebaiknya jika garansi masih ada, tidak perlu melakukan jailbreak.


#2 Mengurangi Kemampuan Baterai

Hal ini dikarenakan penggunaan Cydia yang cenderung memakan memori. Akibatnya, baterai cepat habis.


#3 Mengurangi Stabilitas

Untuk beberapa kasus, iPhone akan terasa lambat dan kurang stabil. Namun tidak jarang yang tidak merasakan masalah tersebut.


#4 Tidak Mendapat Update iOS Terbaru 

Nah, ini juga merupakan kerugian yang signifikan. Jika kamu melakukan jailbreak, kamu tidak akan mendapatkan update iOS terbaru.


#5 Mengurangi Tingkat Keamanan

Hal ini jelas, karena proses instalasi aplikasi tidak melalui filter Apple yang terwakili di AppStore. Maka segala resiko tentang security, terutama yang terkandung di dalam aplikasi, menjadi tanggung jawab pengguna. Artinya, iPhone kamu rentan terkena virus.


Jailbreak Legal atau Ilegal?


Jail Break
Jail Break

Perlu diketahui bahwa Jailbreak bukanlah tindakan ilegal. Karena terhitung tahun 2010, jailbreak sudah diperbolehkan oleh negara Amerika Serikat. Jadi, jika sobat ingin melakukan jailbreak, silakan saja, karena hukumnya tidak apa-apa, alias LEGAL.


Rekomendasi KompiDolar

Berdasarkan seluruh penjelasan di atas, kami merekomendasikan bagi kamu yang punya i-Phone, silakan lakukan jailbreaking, asalkan garansi i-Phone kamu sudah habis, dan kamu tidak merasa update iOS itu penting. Sebagai pertimbangan lainnya, kami sertakan video Youtube yang sangat menarik sebagai berikut:



Bagaimana sobat, tertarik untuk ikutan jailbreaking i-Phone?

3 comments

Kunjungan perdana di sini kang, salam kenal dulu yah...

Siap, kang Maman. Tulisan mas Maman banyak sekali yang berguna untuk orang banyak. hhee.

Terimakasih kunjungannya, mas.

Iya kang.. sama-sama terimakasih.. semoga bisa terjalin silaturahmi dengan baik...

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon