Apakah Motorola Moto Z Layak Dibeli?

loading...

loading...
Menurut pendapat kami, sangat layak. Motorola Moto Z sangat layak dibeli karena merupakan inovasi terbaru dari konsep sebuah smartphone. Ponsel ini membawa konsep smartphone masa depan dengan fungsionalitas yang modular/bongkar-pasang, sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan konsumen.

Motorola Moto Z
Motorola Moto Z

Motorola menghadirkan dua varian Moto Z, yakni Moto Z dan Moto Z Play. Moto Z dibanderol dengan harga Rp 8.499.000 sementara Moto Z play dengan harga Rp 5.899.000. Spesifikasi masing-masing silakan simak berbagai macam review yang ada seperti di situs-situs berikut: 1, 2, 3, 4, 5. Untuk membelinya, Moto Z dijual secara online pada beberapa website e-commerce Indonesia berikut: 1, 2, 3, 4.

Moto Z Play
Moto Z Play

KompiDolar akan mengulas alasan mendasar mengapa ponsel ini layak untuk kamu miliki. Kami memberikan pandangan bahwa hadirnya Moto Z membawa kesegaran dari sebuah smartphone yang bertransformasi. Seperti taglinenya, "The Smartphone, Transformed".

Motomods Membawa Konsep Smartphone Masa Depan

Motorola Moto Z dan Z Play dapat ditempeli perangkat yang disebut Motomods. Motomods terdiri atas perangkat kamera tambahan, power bank, proyektor, speaker, dan juga case. Kamu lebih prefer yang mana? Untuk lebih detailnya, silakan lihat spesifikasi motomods berikut ini:

  1. Speaker: JBL SoundBoost Speaker
  2. Power Bank: Incipio offGRID™ Power Pack
  3. Proyektor: Moto Insta-Share Projector
  4. Kamera: Hasselblad True Zoom
  5. Case: Moto Style Shell

Dengan modularitas ini, kamu bisa menyesuaikan Moto Z dan Z Play dengan apa yang menjadi aktivitas keseharian kamu. Jika kamu lebih sering mendengar musik, maka pakailah JBL SoundBoost Speaker, untuk kamu yang hobi fotografi, tempelkan Hasselblad True Zoom, jika kamu butuh smartphone yang handal baterainya, tambahkan Incipio offGRID™ Power Pack, sementara jika kamu suka nonton film, tambahkan Moto Insta-Share Projector. Untuk mengubah gaya Moto Z kamu, silakan gunakan case Moto Style Shell.


Hasselblad True Zoom
Hasselblad True Zoom

Incipio offGRID™ Power Pack
Incipio offGRID™ Power Pack

Moto Insta-Share Projector
Moto Insta-Share Projector

JBL SoundBoost Speaker
JBL SoundBoost Speaker

Moto Style Shell
Moto Style Shell

Kenapa kami katakan konsep smartphone masa depan? Karena modularitas semacam ini baru pertama kali dijumpai pada Motorola Moto series. Idenya adalah sebuah smartphone harus mampu memenuhi kebutuhan spesifik setiap orang. Dimulai dari kebutuhan musik, film, fotografi, dan daya tahan baterai. Di masa depan, tidak menutup kemungkinan akan hadir Motomods jenis lainnya. Ini adalah konsep terbaru dan bisa jadi akan diikuti oleh merk-merk lainnya.

Fokus Pada Kebutuhan Konsumen

Konsep modular yang dibawa Motorola merupakan ide segar yang patut diacungi jempol. Pasalnya, konsep ini meninggalkan konsep ponsel lepas-pasang milik Google Project Ara dan LG G5. Cukup masuk diakal. Kegagalan Project Ara dan LG G5 dikarenakan tidak banyak konsumen yang suka dengan sebuah ponsel lepas-pasang yang cukup memakan waktu. Lebih detailnya, silakan simak ulasan dari CNET berikut: 3 ways Motorola's Moto Z trounces LG's G5 (and 1 way it doesn't), serta ulasan TheVerge berikut: Google confirms the end of its modular Project Ara smartphone.

Motorola menawarkan konsep baru, yakni ponsel yang dapat dioptimalkan fungsionalitasnya sesuai kebutuhan konsumen. Fokus Motorola memang pada kebutuhan konsumen, bukan pada pengembang. Dengan fokus ini, Motorola menghadirkan ponsel yang dapat berperilaku sesuai dengan aktivitas spesifik yang kita inginkan, tanpa mengubah fungsi ponsel itu sendiri. Simak beberapa video tentang Moto Z dan Motomods berikut ini:


Sangat Berpotensi Dikembangkan untuk Fungsionalitas Lainnya

Ke depan, konsep Motomods bisa menjadi trend dimana sebuah smartphone mampu menjadi pemenuh kebutuhan spesifik dan personal bagi masing-masing pemilik. Bagi yang butuh daya tahan baterai, cukup tempelkan power bank, bagi yang suka musik, tempel speaker, bagi yang suka fotografi, tempelkan kameranya, bagi yang suka nonton film, tempelkan proyektornya.

Tidak menutup kemungkinan akan adanya pengembangan mods baru. Misalnya mods untuk fungsionalitas sebuah PC, mods untuk sensasi game layaknya Playstation, mods sebagai printer, scanner, mods untuk penyimpanan data besar, serta kebutuhan lainnya.

Spesifikasi Relatif Oke

Baik Moto Z maupun Moto Z Play memiliki spesifikasi yang relatif Oke. Di sini KompiDolar tidak ingin membeberkan teramat detail, namun ada beberapa spec fundamental yang menurut KompiDolar penting. Begini jelasnya:

perbedaan Moto Z dengan Moto Z Play
Moto Z Vs Moto Z Play
Sumber: Motorola 

Berdasarkan perbandingan di atas, terlihat bagaimana spes Moto Z di atas Moto Z Play. Moto Z selalu menggunakan teknologi terkini, seperti layar yang sudah QHD, RAM DDR4, serta CPU Snapdragon 820. Berbeda dengan Moto Z Play yang masih menggunakan layar FHD, RAM DDR3, dan CPU Snapdragon 625.

Jaminan Nama Besar Motorola

Hal ini penting. Motorola merupakan merk ternama asal Amerika Serikat yang saat ini sudah dibeli oleh Lenovo. Sebelumnya Motorola sempat dibeli oleh Google sebelum akhirnya dilepas ke Lenovo hingga saat ini. Walaupun seringkali bergonta-ganti pemilik, serta mengalami pasang surut popularitas di segmen smartphone, namun kualitas dari Motorola tidak perlu diragukan.

Motorola logo
Motorola, a lenovo company

Sejak mulanya, Motorola selalu hadir dengan kehandalan produk yang awet, tahan banting, serta stabil, sehingga sangat memuaskan bagi para penggunanya. Tak heran kebanyakan konsumen yang sudah pernah menggunakan Motorola, biasanya sulit pindah ke lain hati. Motorola memiliki konsumen loyal yang senantiasa menanti kehadiran produk-produk andalan baru. Di Indonesia sendiri, masih banyak peminat dan Fans Boy Motorola. Terbukti produk-produknya selalu laris manis habis dibeli mulai dari Motorola Moto G, Moto E, maupun Moto E Power. Sekarang, adalah saatnya Motorola Moto Z dan Moto Z Play yang kembali memuaskan dahaga para pecinta Moto.

Dukungan Service Centre di Indonesia

Saat ini, Service Centre Motorola semakin banyak hadir di Indonesia. Ini adalah komitmen Lenovo untuk menjamin kepuasan dan kebutuhan konsumen. Untuk memperolah list service center Motorola di Indonesia, silakan buka halaman berikut ini: Service Centre Motorola Indonesia atau ini: Service Center Motorola Indonesia-(MediaFire). Jika butuh bantuan lainnya, silakan kunjungi halaman ini: Motorola Support. Dengan dukungan ini, kamu tidak perlu khawatir akan mengalami kesulitan jika terjadi apa-apa dengan ponselmu.

Kesimpulan

Moto Z dan Moto Z Play layak untuk dibeli dan dimiliki. Mengenai harganya yang relatif mahal, jangan risau, karena yang akan kamu dapatkan jauh melebihi harga tersebut. Terlebih dengan nama besar Motorola yang selalu mengedepankan kualitas, sudah pasti kamu akan puas memiliki smartphone ini. Beli!

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon