Yakin Aplikasi Office Gratis di Android Kamu Adalah yang Paling Bagus?

Memiliki smartphone membantu banyak pekerjaan menjadi lebih mudah. Salah satunya untuk urusan office, kamu dapat mengelola dokumen Word, Excel, dan Power Point dari handphone kamu. Namun, apakah kamu tahu bahwa tidak semua aplikasi office di Android itu bagus? Jangan sampai asal mendownload, malah menggunakan office yang tidak berkualitas. Berikut kami sajikan rekomendasi aplikasi office terbaik untuk Android kamu.


Aplikasi Office Gratis dan Terbaik di Android


#1 Microsoft Office Mobile


Office Mobile
Microsoft Office Mobile
Sumber

Sekitar tahun 2013 Microsoft akhirnya mengeluarkan Microsoft Office versi Mobile ke pasaran. Walaupun agak terlambat, munculnya Office Mobile ini menjadi pembuktian bahwa Microsoft tidak serta merta merelakan pangsa pasar Office di segmen mobile application. Terbukti, setelah rilisnya, Office mobile tidak kalah didownload dan menjadi salah satu aplikasi office di android yang paling stabil.

Kelebihan

Beberapa kelebihan Microsoft Office Mobile diantaranya adalah:
  • Dibuat oleh Microsoft, perintis Office di dunia
  • Jaminan kualitas dan stabilitas dari Microsoft
  • Fitur sudah pasti lengkap
Microsoft, sebagai perintis aplikasi Office di dunia, tentu membawa jaminan kualitas dan fungsionalitas dari aplikasi office mobile miliknya ini. Bagi kamu yang senang dengan stabilitas dan kekuatan aplikasi, tanpa terlalu mempermasalahkan ruang penyimpanan ataupun memory, silakan gunakan Microsoft Office Mobile.

Kekurangan

Sementara itu, kekurangan Microsoft Office Mobile adalah:
  • Cukup berat saat dijalankan
  • Butuh ruang penggunaan yang cukup besar
  • Aplikasi Word, Power Point, dan Excel terpisah satu sama lain sehingga harus dilakukan download satu per satu
Microsoft Office Mobile terdiri atas dua versi. Versi Cloud disebut Microsoft Office Mobile yang dapat mengelola Word, Excel, dan Power Point dalam satu aplikasi cloud. Sementara versi offline merupakan aplikasi stand alone (sendiri-sendiri) baik itu Word, Excel, maupun Power Point yang harus didownload satu-persatu.

Popularitas

Walaupun terasa berat, karena aplikasi ini asli buatan Microsoft, lambat laun banyak kalangan yang akhirnya memilih Microsoft Office Mobile, ataupun aplikasi microsoft office stand alone, daripada aplikasi lainnya. Sehingga dapat dikatakan, aplikasi ini sangat populer dan cukup recommended untuk digunakan.


#2 Google Docs


Google Docs
Google Docs
Sumber

Awalnya Google mendukung Quick Office sebagai aplikasi andalan untuk perangkat mobile. Namun saat ini, Google lebih memilih menggunakan aplikasi miliknya sendiri, yakni Google Docs untuk bersaing di segmen aplikasi office mobile. Google docs bersifat cloud.

Kelebihan

Kelebihan yang paling terasa dari Google Docs adalah betapa ringan saat digunakan. Selain itu, terdapat beberapa kelebihan lain, diantaranya adalah: 
  • Dibuat oleh Google, ada jaminan kualitas 
  • Simple, mudah digunakan 
  • Sudah mensupport equation / symbol-simbol matematika 
  • Terdapat fitur menyimpan dokumen secara otomatis saat sedang mengedit dokumen, sehingga tidak perlu khawatir jika internet tiba-tiba putus 
  • Sudah terintegrasi dengan Google Docs versi desktop 
  • Walaupun bersifat cloud, Google Docs dapat menyesuaikan mode penggunaan, apakah online atau offline. 

Kekurangan

Bagi kamu pengguna advance, fiturnya masih kalah dengan Microsoft Office Mobile. Namun jika untuk penggunaan sehari-hari, Google Docs sudah sangat mencukupi. 

Popularitas

Google docs cukup popular di kalangan pengguna Android. Aplikasi ini juga cocok bagi kamu yang mengandalkan kemudahan dan ringan saat dijalankan. Aplikasi ini sudah pas untuk penggunaan sehari-hari.


#3 Kingsoft Office Free / WPS Office


King Soft Office
Logo Lama King Soft Office 

Sejak tahun 2014, Kingsoft Office berubah menjadi WPS Office. Semua produk office yang berdiri di atas bendera Kingsoft Office berubah menjadi WPS Office. Selain itu, logo Kingsoft Office pun berubah. Seperti gambar berikut ini.

Logo Baru Kingsoft Office / WPS Office
Logo Baru Kingsoft Office / WPS Office

Meskipun mengalami perubahan signifikan, namun segala kelebihan, fitur, aplikasi lama masih melekat di aplikasi baru. Intinya Kingsoft hanya berubah nama saja. Selanjutnya kita sebut saja WPS Office.

Kelebihan

Beberapa kelebihan WPS Office diantaranya adalah:
  • Fitur sangat lengkap
  • Fitur integrasi layanan cloud: Google Drive, Dropbox, Box, OneDrive
  • Melayani tiga fungsi Office, yakni Writer, Speradsheet, dan Presentation
  • Memiliki full compatibility dengan Microsoft Office, Google Docs, serta PDF

Kekurangan

Seiring dengan meningkatnya popularitas Google Docs dan Microsoft Office Mobil, WPS Office mulai ditinggalkan penggunanya. Hal ini dikarenakan konsumen cenderung memilih menggunakan satu jenis aplikasi Office di smarphone-nya.

Popularitas

WPS Office sangat populer sebagai aplikasi alternatif selain Microsoft Office Mobile ataupun Google Docs. Aplikasi ini sudah digunakan oleh lebih dari 600 juta orang di seluruh dunia dan terus bertambah hingga saat ini.

#4 Polaris Office


Polaris Office
Polaris Office

Polaris Office dibuat oleh Infraware Software. Aplikasi ini cukup populer dan banyak yang setia menggunakannya. Hal ini disebabkan karena berbagai macam kelebihan yang dimiliki oleh aplikasi ini. Apa saja kelebihannya? Berikut ini kami sajikan beberapa kelebihan Polaris Office.

Kelebihan

  • Kompatibiliti yang baik dengan Microsoft Office
  • Fitur yang relatif lengkap dan menyerupai Desktop Office
  • Dapat menyimpan dokumen secara lokal maupun cloud
  • User experience yang cukup memuaskan
  • Tampilan minimalis, namun nyaman digunakan
  • Kemampuan untuk Kolaborasi (user lain dapat mengelola dokumen yang sama)
  • Mendukung Apple Pages, Numbers, dan Keynote
  • Dapat membaca dan mengedit file PDF

Kekurangan

  • Kekurangan sebagai aplikasi office mobile, tidak dapat membuat tabel dari handphone.
  • Beberapa fitur membutuhkan akses premium (berbayar)
  • Bersaing dengan Microsoft Office dan Google Docs

Popularitas

Polaris cukup populer, dan layak dijadikan salah satu pilihan aplikasi office di perangkat smartphone kamu. Aplikasi ini merupakan aplikasi office terbaik yang di gemari 40 juta pengguna di seluruh dunia hingga mereka di nobatkan oleh Google Play sebagai “Editor’s Choice”, “2015 Best App”, dan “Top Developer”.


#5 Docs To Go – Free Office Suite


Docs to Go
Docs to Go

Docs to Go adalah aplikasi alternatif yang kami rekomendasikan. Aplikasi ini cenderung ringan digunakan, serta memiliki kompatibiliti yang baik terhadap hampir seluruh dokumen office seperti word, excel, dan power point.

Kelebihan

Kelebihan utama aplikasi ini adalah ringan saat digunakan, serta tampilan yang sederhana. Sangat cocok digunakan oleh mereka yang mencintai kesederhanaan. Simple namun elegan. Bagi pengguna smartphone, tentu kelebihan ini menjadi tawaran tersendiri yang belum tentu dimiliki pesaingnya seperti microsoft office mobile. Selain itu, aplikasi ini juga mampu untuk membuka file PDF.


#6 OfficeSuite


Office Suite
Office Suite

OfficeSuite dikembangkan oleh MobiSystems. Tercatat hingga saat ini, sudah lebih dari 200 juta download di seluruh dunia. Beberapa kelebihan aplikasi ini diantaranya adalah:

Kelebihan

  • Fitur Eksklusif, sehingga sudah preloaded di beberapa device Android buatan Sony, Amazon, Sharp, Acer, Alcatel, Kyocera, Tohsiba, dan lain-lain
  • Fitur convert dokumen dari dan ke PDF
  • Fasilitas Cloud Service (Google Drive, Box, OneDrive, SugarSync, Amazon Cloud Drive dan Dropbox)

Kekurangan

Sementara itu, kekurangan aplikasi ini adalah bahwa beberapa fitur penting harus menggunakan akun premium.


Rekomendasi KompiDolar

KompiDolar sangat menyukai Google Docs. Kami merekomendasikan kamu untuk menggunakannya sebagai aplikasi office di Android. Alasan utama adalah karena Google Docs versi mobile sudah terintegrasi dengan versi Desktop. Sehingga kamu tidak perlu repot jika harus berpindah device dari smartphone ke desktop, ataupun sebaliknya.

Namun, jika kamu anti mainstream, silakan gunakan Polaris Office. Simple, dan handal. Itulah kelebihan yang menjadi alasan KompiDolar merekomendasikan Polaris Office.

KompiDolar merekomendasikan Google Docs atau Polaris Office sebagai aplikasi office gratis di Android kamu.


Penutup

Demikianlah review sekaligus rekomendasi aplikasi Office terbaik di Android. Masih banyak aplikasi office lainnya, namun menurut KompiDolar, aplikasi di atas adalah yang terbaik dan sangat efektif untuk kamu. Jika kamu punya pendapat lain, jangan sungkan untuk share di sini ya.


Daftar Referensi

6 comments

Android saya lagi di opname kang.. blm beres.. jadi belum sempet oprek apikasi-aplikasi seperti yang dipaparkan di atas.. padahal semua aplikasi ini penting baget yah untuk menunjang aktivitas keseharian kita terutama untuk kegiatan tulis menulis...

Sedetik td...sy pikir Kang Misbah admin klikmisbah(dot)com hehehe...ternyata beda satu hurup....salam kenal Mas...tw gak yg pengen saya komen pertama...nama (domain) blognya keren euy....KompiDolar, kenapa sy dulu gak kepikiran nama ini ya.....hahahaha....

Iya mas. Kl adminnya klikmisbah, sudh sangat legendaris, salah satu yg menginspirasi aku juga. Hehee..

Siap mas. Salam kenal juga. Semoga bisa mjadi persahabatan blogging yg bisa jg k dunia nyata ya, mas. :)

Oalah.. Lagi rusak kah? Semoga lekas kembali sehat ya, mas. Hehe

Iya mas. Sy cm menuliskan apa yg sy tahu, walau sedikit. Siapa tahu ada yg masi bimbang mau pakai aplikasi yg mana. Hehe

Thanks ya, infonya. Ku jadi makin tau nihh!:)

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya
EmoticonEmoticon