Gimana ya Cara Terkini Menampilkan Iklan Adsense di Website Lain?

Oleh Google, menampilkan iklan Adsense di website lain disebut dengan "show ads on other website". Fitur ini sangatlah berguna salah satunya dalam rangka mengupgrade akun Adsense dari hosted account menjadi non-hosted account.
Sebenarnya sudah banyak tutorial mengenai cara upgrade ini. Namun, sejak awal tahun 2017, tampilan layanan Google banyak yang berubah. Salah satunya tampilan pengaturan Google Adsense. Artinya, tampilan untuk mengupgrade akun adsense ini pun otomatis berubah.

Oleh karena itu, kami akan menampilkan tutorial terbaru cara menampilkan iklan Adsense di website lain. Semoga tutorial ini bermanfaat untuk kamu yang baru saja ingin melakukan upgrade account ini. Berikut ini langkah-langkahnya.

Google Adsense Logo

Cara Terkini Menampilkan Iklan Google Adsense di Website Lain

Cara ini diperlukan bagi kamu yang ingin upgrade dari hosted account ke non-hosted account. Atau bagi kamu yang sudah memiliki akun non-hosted, dan ingin menampilkan iklan di website lainnya.

 #1 Sign In ke Akun Google Adsense kamu

Tutorial ini hanya berlaku bagi kamu yang sudah memiliki akun Google Adsense. Pertama-tama, silakan login ke Google Adsense kamu.

#2 Pada panel navigasi sebelah kiri, pilih "My Ads"


Google Adsense show ads on other website

Saat sudah masuk ke laman Adsense, lihat navigasi pada bar sebela kiri, lalu pilih menu "My Ads".

#3 Kemudian pilih "Other Products"

Langkah berikutnya adalah pilih "Other Products"

#4 Submit alamat website yang ingin kamu tampilkan adsense

Pastikan alamat website ini sudah berusia di atas 6 bulan, dan sudah memiliki traffic di atas 300 orang per harinya. Karena hal ini akan berpengaruh pada diterima atau tidaknya proses upgrade ini.

Untuk domain website di bawah 6 bulan biasanya akan langsung direject. Selain itu, untuk website dengan traffic yang sedikit pun biasanya tidak akan diterima. So, cermati prasyarat-prasyarat tersebut.

Jika seluruh prasyarat di atas sudah terpenuhi, ketikkan alamat website kamu (ingat, hanya alamat website nya saja, tanpa "http", misalnya: www.kompidolar.com), lalu pilih "Submit".


#5 Copy kode yang diberikan Google ke website yang ingin kamu tampilkan adsense

 

Google Adsense Ged Code

Kemudian Google akan memberikan kode untuk diletakkan pada website yang kamu daftarkan. Kode ini merupakan track-ID website kamu saat ingin di-review oleh Google. Keberadaan kode ini sangatlah penting, sehingga jangan sampai dilewatkan.

Paste kode tersebut diantara <head> dan </head> di dalam template blog kamu.

Note: Untuk pengguna blogspot, saat melakukan copy kode ini ke template blogger, biasanya akan muncul eror. Hal ini wajar, karena kode tersebut belum di parsing. Agar eror tidak muncul, lakukanlah parsing terlebih dahulu dengan cara memasukkan kode tersebut ke HTML parser (tersedia banyak di internet, salah satunya di sini), lalu copy kode hasil parsing tadi ke template blogger. Niscaya eror akan hilang.

#6 Tunggu selama beberapa hari, Google akan memberikan jawaban

Setelah langkah 1-5 di atas kamu lakukan, sisanya adalah menunggu hasil review dari Google. Proses menunggu ini bisa saja hanya 3 hari, atau 1 minggu, namun bisa juga lebih. Maklum Google harus mereview ribuan website setiap harinya. Tapi tidak mengapa, ditunggu saja, nanti akan dijawab.

Jika proses review selesai dan diterima, maka kamu sudah dapat menampilkan iklan di website manapun yang kamu miliki. Namun jika tidak diterima, kamu tetap dapat monetisasi melalui akun hosted kamu sebelumnya.

Google Adsense Reviewing Website

Meskipun pada gambar di atas tertulis proses review selama 3 hari, tetapi tidak menutup kemungkinan akan berlangsung selama lebih dari 3 hari, bisa seminggu atau bahkan lebih. Pengalaman kami bahkan baru mendapatkan jawaban setelah 4 bulan menunggu. Jadi, harap sabar, ya.

Penutup

Demikianlah tutorial singkat tentang cara terkini menampilkan adsense di website lain yang paling update ini. Kami berusaha untuk menampilkan tutorial yang lengkap untuk membantu rekan-rekan semua yang mengalami kesulitan yang sama.

Semoga tulisan ini membantu ya. Semoga akun rekan-rekan semua pun dapat upgrade ke akun non-hosted. Jika ada pertanyaan, jangan sungkan untuk berkomentar.

Yakinlah setiap usaha pasti akan ada hasilnya. Tidak ada sesuatu yang sia-sia, termasuk dalam mengelola Adsense ini. Semoga akun kamu segera upgrade ke non-hosted account.

6 comments

Dimasa review pengajuan updrade ke no hosted itu apa akun adsense masih bisa digunakan untuk menampilkan iklan di blog lain yang domainnya masih blogspot?

Masih bisa mas.

Itulah salah satu kelebihannya, bahwa iklan masih bisa ditampilkan di website dengan domain blogspot.

Untuk kasus saya pribadi, website domain blogspot saya sudah sy ubah menjadi berdomain .com. Al hasil, perlu menunggu review Google dulu baru bisa menampilkan iklan kembali.

Sementara untuk blog-blog lain yg berdomain blogspot, belum terlalu memiliki banyak pengunjung. Hehe

Setelah ad unit, menunggu berapa lama ya di web bisa muncul iklannya

sekitar 1 x 24 jam biasanya iklan sudah muncul, mas Tri. Sudah berhasil punya akun Adsense, ya? Selamat2!

alhamdulillah sudah berhasil upgrade non hosted dan diterima..

Alhamdulillah mas. Bisa mulai membuat blog2 lain yang professional

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon