17 Cara Ampuh Menjadi Blogger Amatiran yang Hidup Segan Mati Tak Mau

Mudah sekali menjadi blogger. Tapi tidak mudah menjadi blogger sukses.

Apalagi kamu yang teriming-iming menjadi kaya dari Blogging. Apa yang membuat kamu percaya pendapat itu?

Hari pertama ngeblog terasa sangat bersemangat. Bermimpi untuk menjadi penulis terkenal. Berbulan-bulan, bertahun-tahun telah berlalu, ratusan tulisan telah dihasilkan..

Tapi..

Blog tidak juga menghasilkan dolar.. Pengunjung tidak lebih dari 100 orang per hari.. Lamaran Google Adsense ditolak berkali-kali.. Sakit? Emang! Siapa suruh cari uang lewat blog.

Jangan bermimpi memiliki blog seperti Problogger, SmartBlogger, Maxmanroe, BlogoDolar, AsriTadda, PanduanIM, Arlinadzgn, JuraganCipir, Portal-Uang, dan blog-blog terkenal lainnya, karena untuk memiliki blog selevel itu, kamu bisa mati di tengah jalan saat baru memulainya.

Walau bagaimanapun, mendapatkan uang dari blog tidaklah mustahil. Blog-blog terkenal di atas adalah buktinya. Tapi, jangan dulu buru-buru bernafsu ingin seperti mereka..

Pahami dulu 17 pantangan seorang blogger professional berikut ini, kecuali kamu mau terus-terusan menjadi blogger amatiran yang hidup segan mati tak mau.

Blogger
Blogger

#1 Buat Tulisan Kurang dari 1000 Kata

Buatlah tulisan kurang dari 1000 kata, dan blog kamu akan hilang ditelan bumi. 

Bagaimana tidak? Posting yang singkat menandakan isi yang dangkal, dan tidak serius. Kalau kamu tidak serius membuat posting yang bermanfaat, bagaimana alam akan membalas kebaikanmu dengan serius?

Cara membuat visitor percaya pada blog kamu adalah dengan menunjukkannya terlebih dahulu, dengan postingan berkualitas, dan serius. Bukan berarti bahasanya harus serius, bukan. Tetapi isinya mencerminkan kalau kamu benar-benar ingin tulisan kamu membawa manfaat.

Lagipula, sadarkah kamu bahwa tulisan-tulisan yang bertengger di papan atas mesin pencari Google, memiliki kualitas yang luar biasa, dengan jumlah kata lebih dari 1000, bahkan 2000? Selama kamu tidak bisa mengalahkan kualitas tulisan-tulisan tersebut, tulisan kamu tidak akan bisa bertengger di halaman pertama Google.

Mulai saat ini, apapun niche blog kamu, buatlah tulisan sepanjang mungkin, lebih dari 1000 kata, dengan isi sedalam mungkin.

#2 Terlalu Fokus ke Keyword

Bukankah keyword penting? Tentu saja penting. Tetapi, bukan berarti kamu harus membuat tulisan yang isinya hanya keyword saja, bukan?

Banyak sekali blog-blog yang beredar, bahkan sudah memiliki Google Adsense di dalamnya, lebih mengutamakan keyword daripada isi tulisan. Hasilnya, tulisan terasa kurang mengalir dan cenderung dipaksakan. Contohnya adalah penggalan paragraf berikut, dengan long tail keyword "cara menulis postingan yang go viral":

Contoh 1
Tulisan ini berisi tentang cara menulis postingan yang go viral. Apakah kamu tahu bagaimana cara menulis postingan yang go viral? Jika belum, kami akan jelaskan tentang cara menulis postingan yang go viral. Karena cara menulis postingan yang go viral tidak mudah didapatkan dari berbagai sumber. Oleh karena itu, simaklah tulisan tentang cara menulis postingan yang go viral berikut ini.

Bandingkan dengan:

Contoh 2
Ingin tahu cara membuat postingan blog yang bisa menjadi go viral? Kami akan bantu kamu melalui tahapan-tahapan yang jelas dan sistematis. Sebelum menuju ke sana, ada baiknya kita pahami dulu kenapa sebuah tulisan bisa menarik perhatian banyak orang dan membuat mereka pasti akan share tulisan tersebut. Alasan pertama adalah, karena tulisan tersebut berisi, dan berkualitas.

Lihat perbedaannya? Mana yang menurut kamu lebih enak dibaca?

Itulah yang harus kamu tekankan. Bagaimana membuat tulisan yang enak dan nyaman dibaca, bukan sekedar membidik kata kunci, sehingga mengesampingkan tata bahasa. Sesekali memang Google bisa ditipu, tetapi tugas seorang blogger bukanlah menipu Google, melainkan memberikan informasi yang kredibel kepada masyarakat, dengan bahasa yang mudah dipahami.
Sesekali memang Google bisa ditipu, tetapi tugas seorang blogger bukanlah menipu Google, melainkan memberikan informasi yang kredibel kepada masyarakat, dengan bahasa yang mudah dipahami. - KompiDolar.com

#3 Bingung Memilih Domain

Baru saja ingin upgrade dari domain gratisan ke domain TLD, sudah bingung. Kira-kira nama apa yang cocok dan SEO friendly. Fokus mencari nama yang sesuai niche dan paling sering dicari orang.

Padahal..

Tidak harus seperti itu. Domain yang baik tidak harus mengandung keyword sampai-sampai kamu terlalu lama menentukan, akhirnya tidak jadi-jadi menulis.

Pilihlah domain yang pantas. Tidak harus sesuai dengan niche. Misalnya blog Maxmanroe. Isinya tentang bisnis dan internet marketing, tapi menggunakan domain yang berbeda sama sekali. Kok bisa ya menjadi salah satu blog yang terbaik di Indonesia?

Kuncinya adalah kualitas tulisan. Buatlah tulisan yang baik dan konsisten dengan tema-tema tulisan pada blog yang sudah kamu tetapkan. Buat tulisan yang dalam, dan berisi, maka pengunjung akan senang, pengunjung akan datang.

#4 Gonta-ganti Theme

Ini nih penyakit blogger amatiran. Terlalu sering gonta-ganti tema blog. Senang melihat dan menemukan template-template yang eye-cathcy, jadinya galau menentukan pilihan. Satu tema sudah dipakai, lihat yang lain, jadi kepingin, langsung ganti.

Sudah, tidak usah terlalu lama bingung..

Untuk kamu blogger yang menggunakan Blogspot, pilihlah salah satu tema dari situs ini:
Sementara kamu yang menggunakan Wordpress, ada beberapa template gratisan yang bagus, seperti:

Jangan gonta-ganti theme terus, jadinya keasikan gonta-ganti sampai lupa bikin tulisan. Energi udah habis, pas mau nulis malah loyo.. ingat, fokuslah pada tulisan! Lagipula, sebuah tema blog tidak akan terlihat keindahannya tanpa tulisan yang indah juga, bukan?

#5 Terjebak pada Mitos Originalitas

Terlalu idealis juga bukan solusi yang tepat. Di era serba cepat ini, kamu harus bisa beradaptasi dengan persaingan yang ada.

Buatlah tulisan yang original, tetapi kamu tidak harus memulainya dari nol.

Lihatlah blog-blog puncak sesuai dengan niche kamu. Cari artikel yang paling populer, lalu buat tulisan saingannya!

Studi kasus: 
blog KompiDolar, dengan niche "Tips Trik Komputer, Gadget, dan Internet", ingin membuat tulisan baru. Kami melakukan studi banding ke situs-situs seperti JalanTikus, Catatan Teknisi, HowToGeek, dan Tom's Hardware. Setelah itu, kami cari tulisan yang paling populer di sana. Salah satu yang kami temukan adalah tentang "antivirus yang paling baik untuk Windows". Kemudian kami melakuan riset kecil, dan membuat tulisan dengan tema "antivirus gratis yang paling baik untuk Windows 10". Hasilnya? Lumayan. Tulisan kami dengan judul "antivirus gratis yang paling baik untuk WIndows 10" memiliki jumlah pembaca yang terus meningkat, hingga saat ini. Membuat tulisan saingan perlu memperhatikan beberapa hal, seperti pembahasan yang lebih dalam, format tulisan yang lebih sistematis, bahasa yang original, gambar yang unik, serta jumlah kata yang lebih banyak.
Kunjungi blog-blog terkenal sesuai niche blog kamu, cari artikel paling populer, lalu buat tulisan saingannya! - KompiDolar.com

#6 Khawatir terhadap SEO

Saking khawatirnya, jadi lebih sering "belajar SEO" daripada "mengaplikasikan SEO".

Ingat ya, sesedikit apapun ilmu SEO yang kamu tahu, lebih baik segera kamu implementasikan dalam sebuah tulisan yang dalam dan bermutu. Daripada kamu terus-menerus belajar SEO, tetapi kamu tidak produktif menulis. Akhirnya ilmu itu hanya terpendam di kepala..

Lebih baik.. Belajar sedikit, menulis banyak..

Menulis postingan tidak boleh berhenti, walaupun dengan SEO yang menurut kamu tidak terlalu baik. Karena sekali lagi, yang membuat tulisan kamu menempati posisi pertama Google bukan karena SEO saja, tetapi lebih karena isi tulisan kamu.

Buat postingan secara rutin, konsisten, dalam jangka panjang.. sambil belajar SEO dan menerapkan SEO itu pada setiap postingan yang kamu hasilkan..

Beberapa blog recommended untuk belajar SEO diantaranya adalah:

#7 Curhat Galau

Gaya blogger pemula: Curhat. Cerita tentang pengalaman cinta.. kegundahan dalam menghadapi masalah.. berharap seseorang baik hati akan membaca, syukur kalau bisa jadi jodoh..

Tunggu dulu..

Siapa juga yang mau baca? Yakin ada yang mau baca tulisan curhat kalau bukan kamu sendiri, orang tua, atau calon pacar yang lagi stalking?

Lalu.. mengharapkan traffic dari sana? Kami rasa itu bukan ide yang baik..

Masyarakat dunia bergantung pada blog karena kontennya yang bermanfaat. Karena isinya yang dapat membantu menyelesaikan berbagai masalah kehidupan..

Jika curhatan kamu bisa menyelesaikan banyak masalah kehidupan yang juga dialami orang lain, silakan saja, tulis sebanyak-banyaknya..

Salah satunya misalnya curhatan kamu tentang:

Jika isinya curhatan seperti itu, ya tidak apa-apa. Namun jika isinya hanya curhat galau, diary online, jangan harap ada yang mau membaca..


#8 Memberikan Solusi Normatif yang Semua Orang Tahu

Kalau yang ini, tipe pengejar Google Adsense banget! Mimpinya meraih traffic sebanyak mungkin. Seeeebanyak mungkin, sampai lupa berpikir dan bekerja membuat konten yang bermutu. Akhirnya, si blogger amatir ini membuat tulisan setiap hari, namun tulisannya tidak mengandung kekuatan yang membuat pembaca tertarik..

Sebagai contoh:
Sebuah blog baru tentang pengembangan diri ingin membuat tulisan tentang "cara meraih kesuksesan". Si blogger kemudian mulai mengetik dan menghasilkan tulisan pertama dengan kerangka sebagai berikut:

Judul: Cara Meraih Kesuksesan
Cara 1: Bekerja Keras
Cara 2: Rajin Menabung
Cara 3: Bangun Pagi
Cara 4: Meminimalisir Pengeluaran
Penutup

Pertanyaannya, apakah tulisan dengan inti seperti di atas, mampu mengalahkan blog-blog pengembangan diri yang sudah jauh lebih mapan sebelumnya? Seperti misalnya blog: StrategiManajemen.net atau DuniaKaryawan.com?

Perhatikan..

Tulisan di atas sedikit sekali memiliki diferensiasi dengan norma-norma umum yang kita semua, kami dan kamu, sudah tahu. Apakah itu yang benar-benar diinginkan pembaca? Tidak. Jika tulisan kamu seperti di atas, mohon maaf. Itu hanya tulisan pelengkap saja, tidak bisa diandalkan menjadi penopang sumber traffic organik Google.

Solusinya?

Buatlah tulisan yang lebih mendalam, dengan perbedaan sudut pandang, ataupun terobosan pendekatan. Misalnya, kamu bisa memodifikasi tulisan di atas menjadi:

Judul: 99 Cara Meraih Kesuksesan yang Hanya Dialami Oleh 1% Orang di Dunia
Cara 1: Bekerja Keras Bekerja Cerdas
Cara 2: Rajin Menabung Bukan Lagi Solusi Cerdas
Cara 3: Bangun Pagi Memang Baik, yang Terbaik adalah Bagaimana Waktu Pagi Tersebut Kamu Manfaatkan
Cara 4: Zaman Sudah Berubah, Tidak Perlu Terlalu Meminimalisir Pengeluaran
.
.
.
.
Cara 99: xxx
Penutup

Bagaimana? Berbeda, bukan?

Effort yang harus dilakukan juga jauuh berbeda. Tapi jangan khawatir tentang hasilnya. Pembaca akan betah dan ingat terus dengan blog kamu.

#9 Bingung Memilih Blogspot atau Wordpress

Tidak usah bingung, pilih yang manapun, yang penting kamu konsisten dalam menulis postingan berkualitas. Trend saat ini, memang cenderung menggunakan Wordpress daripada Blogspot. Tapi, jangan salah, banyak juga blog-blog yang menggunakan blogspot dan menempati posisi teratas halaman Google.

Wordpress Logo
Wordpress Logo

Sebagai pertimbangan, berikut ini saya sajikan contoh blog Indonesia terbaik yang menggunakan Wordpress:
Sementara itu, berikut ini blog Indonesia terbaik yang menggunakan Blogspot:

Mau pilih mana?
Kalau kamu blog pemula yang tidak punya modal, pakai saja Blogspot.
Kalau kamu punya modal untuk membeli hosting dan domain, pakai saja Wordpress.
Kalau kamu malas ngurusin hosting dan domain, pilihlah Blogspot.
Kalau kamu terbiasa programming web, pakailah Wordpress.
Kalau kamu sudah berpengalaman dan bersedia mengeluarkan modal, pakai Wordpress.
Kalau kamu sudah terlanjur pakai Blogspot, yasudah pakai saja terus.
Yakinlah, pakai yang manapun, pasti akan menghasilkan, asalkan serius.

#10 Bingung Memilih Hosting Gratisan atau Berbayar

Sebenarnya ini mirip dengan poin 9 di atas. Tidak usah bingung, pilih salah satu, tetapi serius, konsisten.

Hosting gratis terbaik ada di Blogspot.
Hosting berbayar, kamu silakan ke NiagaHoster. Di situ produknya bagus-bagus dan bisa diandalkan (Hint: Gunakan kode kupon a-bonuskompi agar kamu mendapatkan penawaran spesial). Sejujurnya, sudah lama kami menggunakn NiagaHoster, dan kami puas.

logo niaga hoster
NiagaHoster Web

Mulai saat ini, plis, jangan terlalu lama bingung mau pakai yang gratisan atau yang berbayar, toh blog masa depan adalah yang berisi konten berkualitas, tidak melulu mengandalkan platform.

#11 Membuat Banyak Blog Sekaligus

Nah. Ini sering sekali muncul di awal karir seorang blogger. Banyak yang bermimpi menjadi seperti Eka Lesmana atau Mas Misbah (tanpa 'h' di tengahnya, ya).

Jangan terlalu jauh ke sana.. fokuslah untuk membangun kualitas tulisan diri sendiri..

Buat 1 blog dulu.. jika sudah berhasil, buatlah blog lainnya..

Kami hanya menyarankan, bahwa blog modern adalah blog yang mencitrakan kemampuan penulisnya. Jika kamu ahli di bidang desain, buatlah blog tentang desain. Jika kamu ahli di bidang peternakan, buatlah blog tentang peternakan.

Berikanlah informasi yang sehat, dan bermanfaat untuk masyarakat, berdasarkan ilmu valid yang kita miliki..

Jangan terlalu banyak nyepam di internet..

#12 Copy-Paste Copy-paste

Kalau ini, maaf saja. Copy paste tulisan orang lain hukumnya adalah Haram.
Tidak ada kompromi, tidak perlu dijelaskan panjang lebar..
Tidak ada tapi, pokoknya Haram..
Dijamin blog kamu akan gagal!

#13 Membangun Link Media Sosial Terlebih Dahulu

Mindset yang salah. Banyak blogger amatiran yang membangun link media sosial terlebih dahulu sebelum memastikan bahwa blog nya benar-benar dibaca orang.

Logika sederhananya, apakah media sosial itu akan di-follow jika blog nya belum terkenal? Apa Facebook nya akan mendapat Like yang banyak?

Lebih baik fokus pada konten, meningkatkan jumlah dan kualitas konten sesuai dengan niche blog kamu. Saat pengunjung organik kamu sudah lebih dari 500 orang, mulailah berpikir tentang promosi link media sosial.

#14 Menaruh Terlalu Banyak Iklan

Siapa yang mau baca iklan? Pada dasarnya tidak ada orang yang suka dengan iklan.

Maka, jangan terlalu banyak pasang iklan di blog..

Jika cara monetisasi blog kamu adalah dengan Google Adsense, pasanglah sewajarnya.. jangan membuat pembaca kita tidak nyaman dengan iklan-iklan yang bertebaran..

Jangan terlihat norak, karena ingin iklannya di-klik, maka pasang iklan sebanyak-banyaknya.. be a classy gentlemen.. biar keren dikit..

#15 Terlalu Banyak Kata Basa-Basi yang Sudah Pasti Tidak akan Dibaca Pengunjung

Mulailah membuat tulisan yang efektif. Tidak perlu terlalu berbunga-bunga. Buatlah yang efektif, dan langsung pada tujuan. Boleh membuat beberapa kalimat pengantar, tetapi jangan terlalu berlebihan..

Terlalu Banyak Basa-basi
Terlalu Banyak Basa-basi

Apakah kamu sadar bahwa banyak pembaca yang malas jika kalimat kamu hanya berputar-putar?

Blog-blog semacam ini akan ketinggalan tergerus blogger lain yang semakin lihat merangkai kata..

#16 Mengutamakan "Aku" Daripada "Kamu"

Sapa pengunjung blog kamu. Jangan terlalu fokus pada "Aku". Untuk apa pamer diri sendiri? Inilah yang tidak disukai oleh pembaca.

Di dalam dunia marketing, customer sangat sumringah jika disapa. Sapalah mereka, buat mereka merasa penting, tanamkan bahwa kamu membutuhkan mereka..

Secara teknis, gunakanlah kata ganti "kamu" jauh lebih banyak dari kata ganti "saya". Praktekkanlah pada tulisan terbaru di blog kamu, lihat hasilnya!

#17 Ragu-ragu Menjadi Blogger

Keragu-raguan adalah temannya setan. Saat kamu ragu, itulah bisikan setan. Maka, janganlah ragu. Saat keputusan menjadi blogger sudah diambil, jalankan dengan keseriusan.

Walau bagaimanapun, kekhawatiran kamu itu wajar. Karena menghasilkan uang dari blog tidaklah mudah. Selain itu, terkadang butuh waktu hingga tahunan sebelum bisa menikmati hasilnya.

Oleh karena itu, kami menyarankan agar kamu memiliki penghasilan tetap lain sembari kamu ngeblog. Saat suatu saat nanti blog kamu sudah menghasilkan banyak uang, silakan lepas pekerjaan kamu dan semakin fokus menjadi blogger.

Dan hidup pun terasa lebih indah..

Penutup 

Selesai sudah pembahasan tentang larangan-larangan untuk menjadi seorang blogger professional. Sebenarnya masih banyak hal lain yang tidak boleh dilakukan, namun poin-poin di atas adalah garis besarnya. Jika kamu menemukan larangan lain, boleh sharing di sini, agar kita semua berhasil menjadi blogger professional.


This Is The Newest Post

9 comments

Sangaaat lengkap dan detail, dan menohok. Ahaha
Thanks buat remindernya ya!
Intinya sih konten, perbanyak konten yang berkualitas, otomatis semua yang baik-baik akan mengikuti ~

#itu

Betul sekali, Vivi.

Kualitas konten, dan nafas dari konten itu sendiri, konten yang mampu menggerakkan orang dan membuat mereka puas setelah membaca postingan kita.

CMIIW

wah berita yang sangat menarik sekali, saya sangat suka

tentang properti, kira kira email saya balik yah,terima kasih.

Rumah minimalis nya keren banget, saya juga cari disini loh :



Parkville Serpong


Rumah Dijual di Gaplek Pamulang

Mantap isi blognya ,,ringkas dan tak berbelit bilit

http://perikanan38.blogspot.com

keren isi tulisannya bisa menginspirasi para blogger agar terus semangat

Semoga Bisa cepat PO dari Blogspot.. Semangat Untuk terus berkarya

http://perikanan38.blogspot.com

Terimakasih sudah mengunjungi blog saya, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya
EmoticonEmoticon