7 Langkah Membuat Blog Ramai Pengunjung Bagi Kamu yang Hampir Frustasi Ngeblog

Ngeblog bisa dilakukan siapa saja. Namun hanya orang-orang yang tahan lah yang mampu ngeblog hingga sukses. Silakan contoh orang-orang seperti Herman YudionoYodhia Antariksa, dan Darmawan, yang telah membuat blog-blog super keren.

Salah satu kesulitan ngeblog adalah, ilmu ngeblog tidak didapat dari sekolah. Blogger harus mencari informasi sendiri, berlatih sendiri, trial and error sendiri. Maka tidak heran, di zaman overload information ini, banyak blogger kebingungan dan tidak memahami bagaimana cara sebuah blog mampu meraih banyak pengunjung.

Apakah kamu salah satunya? Sudah hampir frustasi ngeblog?

Jika ya, kamu tidak perlu berkecil hati. Karena kami pun dahulu adalah golongan orang-orang yang tidak mengerti.

Setelah melalui serangkaian perjalanan ngeblog sejak tahun 2008 hingga sekarang, akhirnya kami memahami bagaimana sebuah blog mampu menghasilkan banyak pengunjung, dan semoga memberikan manfaat yang besar untuk masyarakat banyak.

Mau tahu caranya?



Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung Bagi Kamu yang Hampir Frustasi Ngeblog

Postingan ini menjelaskan cara ngeblog paling efektif sehingga blog kamu tidak lagi sepi dan rasa frustasi kamu hilang. Postingan dibuat berdasarkan pengamatan kami terhadap beberapa blog terkenal dan tulisan terpercaya.

Mari kita pelajari satu per satu..

1. Tentukan Tema Blog

Pilihlah tema blog yang paling tepat. Secara umum, blog terkategori menjadi dua, yakni blog dengan satu niche, dan blog dengan banyak niche.

# Blog dengan Satu Niche

Blog dengan satu buah niche adalah blog dengan satu tema pembahasan. Misalnya, blog dengan niche masakan Indonesia. Artinya blog tersebut khusus membahas tentang masakan Indonesia.

Yang diharapkan dari sebuah blog dengan satu niche adalah kedalaman isi serta validitas informasi yang disajikan.

Artinya, tulisan-tulisan di dalam blog dengan satu niche hendaknya jauh lebih dalam daripada blog dengan banyak niche.

Kelebihan blog dengan satu niche:
  1. Pengunjung yang lebih tertarget. Hal ini akan turut meningkatkan CTR iklan adsense (jika kamu memasangnya).
  2. Blog jenis ini berpeluang lebih besar masuk halaman satu Google untuk kata kunci yang dibidik karena pembahasannya sangat detail dan spesifik jauh dibandingkan dengan blog banyak niche.
Blog dengan tipe ini sangat direkomendasikan oleh blogger-blogger professional, dan sangat sesuai dikerjakan oleh blogger single fighter.

Kekurangan blog dengan satu niche: 
  1. Penulis harus mampu menulis secara mendalam. Karena blog dengan satu niche mencerminkan kapabilitas dari si penulis itu sendiri.
  2. Perlunya kemampuan lebih di dalam mencari topik tulisan. Hal ini dikarenakan topik yang sempit membuat masalah yang diangkat pun lebih sedikit. Artinya, kemampuan dalam meriset kata kunci memegang andil yang cukup besar.

# Blog dengan Beberapa Niche

Blog dengan beberapa niche memiliki pembahasan yang meluas dan cenderung tidak terlalu dalam.

Blog dengan tipe ini, jika mengandalkan pada satu orang penulis, cenderung agak berat, karena melibatkan banyak tema yang berbeda. Persaingan untuk menghasilkan tulisan yang berkualitas pun menjadi semakin berat, karena tidak fokus.

Blog semacam ini biasanya akan survive dan populer jika dikerjakan oleh tim. Misalkan saja JalanTikus dan MaxManroe. Blog-blog tersebut dikerjakan oleh tim dengan spesifikasi keilmuan yang berbeda-beda. Jadi, meskipun memiliki banyak niche, blog-blog tersebut tetap bertengger di papan atas blog nasional. Blog-blog semacam ini harus memiliki artikel yang up to date dari hari ke hari, tidak cukup mengandalkan artikel abadi.

Cara Membuat Blog Ramai Pengunjung Bagi Kamu yang Hampir Frustasi Ngeblog


Kelebihan blog berbagai niche:
  1. Jenis tulisan bervariasi. Hal ini akan memudahkan penulis dalam mencari tema tulisan, sehingga potensi untuk membuat banyak tulisan semakin besar.
  2. Berpotensi menjadi media online. Hal ini dapat dimaklumi, mengingat artikel-artikel di dalam blog ini sifatnya terkini dan terus bertambah setiap harinya. Mirip dengan media online.
  3. Jumlah pengunjung yang berpotensi lebih besar.


Kekurangan blog berbagai niche:
  1. Jenis tulisan yang tidak fokus. Karena tema tergolong banyak, membuat tulisan bermacam-macam. Hal ini berpotensi mengurangi fokus target iklan.
  2. Diperlukan banyak tenaga ahli. Jika kamu punya banyak teman seperjuangan, silakan saja membuat blog seperti ini. Namun jika kamu blogger single fighter, sangat tidak direkomendasikan.

Blog dengan banyak niche direkomendasikan bagi kamu blogger yang bekerja secara tim, dan memiliki keahlian berbeda-beda.

#Tema yang Cocok untuk Blog dan Bersifat Jangka Panjang

Beberapa jenis tema yang bersifat abadi dan selalu dicari di Internet adalah:
  • Tips dan trik komputer, troubleshooting komputer
  • Tips dan trik smartphone Android, Apple
  • Tulisan tentang informasi kebutuhan sehari-hari: cara mengurus administrasi kependudukan, surat-menyurat, cara mengurus kartu sim card, cara melunasi hutang, cara lulus SBMPTN, cara mengurus akreditasi guru, cara menyembuhkan penyakit, cara memperbaiki mobil, cara memperbaiki motor, cara menghafal Al-Qur'an, cara merawat anak, cara mengurus bayi kecil prematur, cara menghadapi orang tua, tuntunan ibadah, doa, cara belajar bahasa asing, cara berbisnis, cara beternak, cara bertani, dan masih banyak cara-cara lainnya yang jumlahnya bisa jadi tidak berhingga.
Masing-masing tema yang kami sebutkan di atas bisa untuk satu buah blog, lho. Bayangkan jika kamu mampu membuat 5 blog saja, maka mendulang rupiah hanya tinggal masalah waktu. Menarik, bukan?

Nah.. setelah memahami karakteristik blog dengan berbagai niche ini, segeralah tentukan tema blog kamu, lalu lakukan aksi.


2. Pilih Bahasa

Blogger pemula biasanya memilih bahasa Indonesia sebagai bahasa blog nya. Namun tahukah kamu, akan lebih keren jika kamu menggunakan blog bahasa Inggris.

Gak percaya?

# Blog Berbahasa Indonesia

Blog berbahasa Indonesia biasanya menargetkan pembaca dari lokal Indonesia saja. Sebenarnya jumlah pengunjung dari Indonesia tidaklah sedikit, lebih dari 132 juta orang. Namun, jika dibandingkan dengan pengunjung dari seluruh dunia yang mencapai lebih dari 3 milyar orang, tentunya angka tersebut masih jauh ketinggalan.

Kelebihan blog berbahasa Indonesia: 
Bahasanya yakni Bahasa Indonesia. Tidak dipungkiri bahwa kemampuan bahasa Inggris tiap blogger berbeda-beda. Sebagian besar blogger Indonesia masih nyaman menggunakan bahasa nya sendiri daripada mengikuti kebutuhan pasar yang mengutamakan bahasa Inggris.

Hal ini merupakan kekuatan tersendiri, karena penyedia konten di tanah air pun masih dapat dikatakan sedikit. Masih sedikit penulis yang gemar memberikan informasi bermanfaat bagi orang banyak.

Kekurangan blog berbahasa Indonesia:
Kekurangan blog berbahasa Indonesia adalah jumlah pasar yang cukup kecil dibandingkan dengan pasar di seluruh dunia. Seperti yang telah disinggung di awal bahwa jumlah pengguna internet di Indonesia adalah 132 juta orang lebih, cukup kecil dibandingkan dengan jumlah pengguna internet dunia yang mencapai 3 milyar orang lebih.

Selain itu, nilai konversi Google Adsense juga tergolong kecil. Untuk sebuah iklan adsense, satu kali klik rata-rata menghasilkan nilai konversi 0,01-0,3 dollar. Ada beberapa iklan yang bisa mencapai lebih dari 1 dolar tiap kliknya, namun jarang. Hal ini sangat berbeda jika dibandingkan dengan blog berbahasa Inggris.

#Blog Berbahasa Inggris

Jika separuh pengguna internet menggunakan bahasa Inggris, maka terdapat kurang lebih 1,5 Milyar orang yang berpotensi menjadi pelanggan blog kamu. Banyak, bukan?

Inilah kelebihan utama website berbahasa Inggris. Blog ini mampu meraih pangsa pasar yang lebih luas. Reach-nya lebih tinggi. Jika potensi reach ini dikombinasikan dengan potensi konversi klik iklan, maka dapat dipastikan akan jauh lebih menguntungkan.

Mari kita lihat..

Untuk kasus blog berbahasa Indonesia dengan jumlah pengunjung 1000 user per hari.
Biasanya, dari 1000 pengunjung, blog akan mendapatkan rata-rata 15 klik iklan.
Jika nilai konversi rata-rata adalah $0,05 per klik, maka dalam satu hari didapatkan $0,75. 
Itu pun sudah termasuk tinggi. Biasanya berada di bawah itu.

Untuk blog berbahasa Inggris dengan jumlah pengunjung 1000 user per hari.
Anggap saja jumlah klik rata-rata nya sama, yakni 15 klik (biasanya lebih banyak).
Jika nilai konversi rata-rata nya $1 per klik, maka dalam satu hari didapatkan $15.
Itu pun masih bisa lebih tinggi lagi. Biasanya sih begitu.

Berdasarkan perhitungan kasar di atas, banyak blogger yang kemudian beralih dari blog berbahasa Indonesia ke blog berbahasa Inggris. Sangat menarik, bukan?

Namun bukan berarti blog berbahasa Inggris mudah dibuat. Teardapat beberapa rintangan yang harus dilewati para blogger untuk dapat sukses memiliki blog berbahasa Inggris, seperti berikut.

Rintangan Blog Berbahasa Inggris:
1. Menggunakan bahasa Inggris. Bahasa Inggris bukan berarti kita bisa translate tulisan bahasa Indonesia menggunakan Google Translate begitu saja. Tetap diperlukan proof reading, disertai grammar yang baik, agar pembaca dapat memahami bahasa Inggris yang kita tulis.

Buatlah tulisan berbahasa Inggris disertai kaidah yang baik dan cara orang memahami dengan tepat. Bukan sekedar membuat tulisan Indonesia yang di-Inggriskan. Buatlah tulisan Inggris layaknya orang Inggris berbicara.



Bisa dikatakan ini adalah rintangan terberat. Namun, bukan berarti tidak mungkin dicapai.

2. Saingan yang tinggi. Blog berbahasa Inggris banyak sekali jumlahnya, sehingga untuk menjadi salah satu yang terbaik, diperlukan usaha yang luar biasa. Perlu riset kata kunci yang lebih luas dan juga dalam, serta perlu memahami karakteristik konsumen dari berbagai dunia.

Oleh karena itu, banyak blogger menyarankan untuk memulai blogging dari blog berbahasa Indonesia dahulu. Hal ini terutama untuk menghindari rasa bosan yang cepat datang saat blog tak kunjung menghasilkan.


3. Pilih Hosting dan Platform

Hosting

Setelah memilih topik dan bahasa, lanjut ke pemilihan hosting. Untuk blog berbahasa Inggris, silakan pilih Hostgator. Sementara untuk blog berbahasa Indonesia, silakan pilih Niagahoster.

Kami tidak akan berbasa-basi. Kedua penyedia hosting di atas sangatlah mumpuni dan sudah teruji dipakai oleh blogger-blogger professional di dunia dan di Indonesia. Hal ini juga yang disampaikan oleh Kang Darmawan.

Ada yang lain, tidak?

Tentu ada. Tapi kami menyarankan kedua penyedia hosting di atas karena memang kualitas layanan yang memuaskan bai dari segi kecepatan, kehandalan, maupun harga. Jika rekan-rekan lebih memilih penyedia hosting yang lain, silakan tidak masalah.

Platform

Ada dua platform mainstream yang sudah teruji, yakni Wordpress dan Blogspot. Berikut penjelasannya.

Wordpress
Sangat favorit. Dan juga sangat bagus. Untuk blog professional, sangat direkomendasikan (kalau tidak diwajibkan) untuk menggunakan platform ini. Baca tulisan ini untuk menguatkan hati kamu berpindah ke Wordpress. Wordpress tercatat sebagai platform yang paling populer digunakan di seluruh dunia. Angkanya mencapai 25% dari total seluruh website yang ada (The Blogging Budha, 2017).

Blogspot
Cukup terkenal juga. Biasanya dipilih karena gratis dan merupakan bagian dari Google. Untuk blogger pemula, disarankan menggunakan blogspot dahulu.

Namun perlu dicatat bahwa Blogspot adalah milik Google. Artinya, di masa depan, bisa saja Google tiba-tiba menutup platform ini tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Silakan baca artikel ini. Namun demikian, selama Blogspot masih berjalan, Google akan memberikan pemberitahuan jika blog kamu bermasalah dan akan ditutup.


4. Buat Kelengkapan Blog

Lanjutkan ke langkah berikutnya yakni membuat kelengkapan blog. Pastikan pada blog kamu sudah ada beberapa hal berikut ini:
Jika kamu bingung bagaimana membuat halaman About, Privacy, Contact, dan Disclaimer, boleh kok kalian modifikasi dari tulisan punya KompiDolar di atas. Jangan lupa modifikasi yaah, jangan cuma copy paste ajah. Kalau hanya copy paste, bisa di banned Google adsense-nya. Hehe.

Ohya, kelengkapan ini bersifat syarat wajib. Jadi, ini wajib kamu penuhi sebelum kamu benar-benar launching blog nya. Ini belum masuk ke substansi blog, namun ini syarat wajib yang harus kamu penuhi sebagai blogger professional.


5. Buat Tulisan yang Bagus

Inilah bagian yang ditunggu-tunggu. Karena ini merupakan substansi dari blog itu sendiri. Inti dari blog adalah Tulisan yang bagus. Bagusnya tulisan akan menentukan kesuksesan sebuah blog.

Lantas, tulisan yang bagaimana sih yang akan membuat blog kamu sukses?

Kawan, tulisan yang bagus adalah tulisan yang memberikan manfaat yang terasa oleh pembaca. Semakin tulisan itu terasa manfaatnya, semakin bagus tulisan blog kamu.

Ingat, di sini kita bicara tentang tulisan blog, bukan tulisan ilmiah. Tulisan blog haruslah bermanfaat, karena blog adalah tempat orang mencari informasi. Jika informasi yang disajikan di blog tidak memberikan manfaat, maka blog tersebut akan ditinggalkan. Apa sih ciri-ciri nya?

Kata kuncinya ada dua: Bermanfaat dan Terasa manfaatnya.

Kalau sekedar bermanfaat, tulisan apapun pasti bermanfaat. Kalau di skripsi, ada manfaat teoritis dan manfaat praktis. Tapi bukan itu yang kita cari. Yang kita cari adalah manfaat yang dirasakan oleh pembaca, sehingga pembaca merasa puas dan merasakan kepuasan setelah membaca tulisan tersebut.


6. SEO

Search Engine Optimization (SEO) merupakan langkah berikutnya. Tulisan dengan kualitas tinggi yang telah kamu buat sebelumnya, kemudian kamu bungkus dengan SEO yang baik. Hasilnya, menghasilkan tulisan yang diterima oleh Search Engine dan berpotensi ranking 1 Google.

Ingat, langkahnya adalah membuat konten tulisan yang bagus terlebih dahulu, baru mengatur SEO-nya. Bukan sebaliknya.

Tulisan Berkualitas -> SEO
Tulisan Berkualitas -> SEO

Banyak blogger tanah air yang masih saja mengutamakan SEO daripada konten. Padahal blog-blog terkenal sudah banyak mengatakan bahwa jurus-jurus SEO sudah banyak yang kadaluarsa. Coba saja tengok tulisan iniRyan Stewart sebagai pemilik salah satu blog terkenal mengatakan bahwa banyak hal tentang SEO yang sudah dia tinggalkan.

Algoritma SERP Panda milik Google kini lebih pintar dan tidak melulu mempertimbangkan SEO untuk menaikkan rangking sebuah halaman website. Ada beberapa hal tentang SEO yang semakin menurun popularitasnya:
  • Penggunaan terlalu banyak keyword untuk judul postingan tidak lagi favorit.
  • Penggunaan terlalu banyak keyword pada postingan, hingga tulisan kurang mengalir dibaca, dan isi yang biasa saja, tidak lagi favorit.
  • Mengutamakan keyword dibandingkan konten, tidak lagi favorit.
Blog modern adalah blog dengan isi yang kredibel dan membuat pembaca puas dan mendapatkan jawaban atas apa yang dicarinya.


7. Promosi

Ini adalah langkah terakhir.

Untuk menghasilkan traffic organik dan stabil tiap harinya, silakan tunggu 1-6 bulan pertama dengan terus-menerus membuat postingan berkualitas. Niscaya, blog kamu akan mulai merangkak ke peringkat atas Google. Ingat, buatlah beberapa postingan berkualitas selama 6 bulan pertama itu. Jika kamu berhasil melewati tahap ini, blog kamu akan muncul di peringkat atas dengan tema yang sesuai.

Buatlah paling tidak 10 tulisan berkualitas dengan minimal 5000 kata tiap tulisannya.

Namun, bagi kamu yang ingin instan, silakan promosikan blog kamu melalui penyedia iklan. Promosi iklan yang paling efektif saat ini adalah dengan Google Adwords dan Facebook Ads. Kedua cara ini adalah cara instan agar banyak pengunjung yang mendatangi website kita. Boleh-boleh saja dilakukan.

Sebelum memesan iklan, silakan buat akun social media khusus untuk blog kamu. Paling tidak, akun social media yang wajib adalah:
  1. Facebook
  2. Instagram
  3. Twitter
  4. Google+
Buatlah page atau fans page dari setiap social media tersebut atas nama blog kamu, lalu lakukanlah promosi. Daftarkan blog kamu ke Google Adwords dan Facebook Ads sehingga blog kamu akan muncul di berbagai layanan Google (Search Engine, Android, Website, Youtube) dan Facebook.

Seperti yang disinggung pada subbab 5, pembuatan social media tidak harus dilakukan di awal. Social media hendaknya dibuat pada saat blog mulai ramai dikunjungi, sehingga kemungkinan di-like/follow semakin tinggi. Jika belum ada pengunjung tetap namun sudah dibuat social media, dijamin tidak akan ada yang follow. Social media adalah prasyarat promosi. Promosi


Penutup 

Demikianlah tutorial singkat tentang langkah-langkah membangun blog ramai pengunjung ini. Sebagai ringkasan, mari kita simak gambar berikut ini.

Langkah Membuat Blog Ramai Pengunjung
Langkah Membuat Blog Ramai Pengunjung

Semoga setelah membaca tulisan ini, muncul secercah harapan atas masa depan blog yang kamu punya, ya. Karena kini, ngeblog tidak lagi membuat frustasi, bukan?

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon