Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog, Karena Masih Banyak yang Belum Percaya

Blog memang dapat menghasilkan uang yang banyak. Kami tidak sedang berbicara pepesan kosong di sini.

Banyak blogger yang menjadikan blog sebagai pekerjaan utama. Sebut saja JuragancipirPortalUang, dan Klikmania yang justru semakin terkenal sebagai blogger professional Indonesia. Belum lagi blog-blog professional semisal problogger dan smartblogger yg menjadi guru bagi kebanyakan blog di seluruh dunia.

Namun, untuk sampai ke level itu, tidaklah mudah..

Dibutuhkan pengetahuan yang cukup, yang terkadang membuat blogger pemula kebingunan. Mulai dari mana sih? Kok kayaknya ngebingungin banget?

Karena kesulitan-kesulitan itu, sebagian besar orang akan meninggalkan blog bahkan sebelum memulainya.

Padahal, uang yang bisa dihasilkan sangatlah besar, bisa sampai puluhan ribu dolar setiap bulannya. Fantastis, bukan?

Nah..

Kamu yang sedang semangat-semangatnya mencari uang lewat blog, lanjutkan membaca. KompiDolar akan membeberkan cara menghasilkan banyak uang dari blog.


Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog

Tulisan ini fokus pada langkah demi langkah menghasilkan banyak uang dari Blog. Tulisan ini tidak membahas cara membuat blog. Jika kamu sebenarnya ingin mencari cara membuat blog, silakan ikuti sajian kami: langkah demi langkah membangun blog.

Mari kita lanjutkan..


#1 Bangun Kepercayaan

"Trust is built with consistency." --Lincoln Chafee

Langkah pertama menghasilkan banyak uang dari blog secara berkelanjutan adalah membangun kepercayaan netizen. Kepercayaan, atau Trust merupakan satu nilai yang membuat orang percaya pada dirimu. Hal ini tidak mudah ditumbuhkan.

membangun kepercayaan

Khusus untuk sebuah blog, hal ini dapat diraih dengan cara:

Buat Tulisan Berkualitas

Lagi-lagi tulisan yang berkualitas. Bosan?

Mau bagaimana lagi, memang ini kunci sebuah blog. Tulisan yang berkualitas akan memberikan kepuasan pembaca, dan oleh karenanya mereka akan percaya.

Apa itu tulisan berkualitas?

Tulisan berkualitas adalah tulisan yang bermanfaat dan memberikan kepuasan pembaca. Tulisan seperti ini biasanya merupakan solusi efektif dan meyakinkan atas permasalahan yang dicari orang banyak.

Tulisan yang berkualitas mencerminkan kapabilitas penulisnya. Jika penulis benar-benar menguasai tema postingan, maka tulisan yang dihasilkan pun akan bagus.

Silakan simpan rasa penasaran kamu tentang cara membuat postingan blog yang berkualitas, karena pembahasan tentang hal itu akan kita bahas secara khusus dan fokus.

Tulisan yang berkualitas akan mengundang pembaca berkomentar serta share social media. Efeknya, pengunjung blog akan meningkat. Semakin tinggi kunjungan ke postingan tersebut, maka peringkat postingan akan naik hingga ke halaman 1 Google. Jika sudah begini, dijamin tulisan kamu akan didatangi pengunjung organik setiap harinya.

Beberapa faktor yang mencirikan sebuah tulisan yang berkualitas:
  • Original
  • Mengandung lebih dari 2000 kata substansial, bukan sekedar "manjang-manjangin tulisan"
  • Memiliki struktur penulisan (heading, keywords, dsb) yang jelas dan rapi
  • Menjelaskan permasalahan secara lengkap dan mendetail, meyakinkan, disertai bukti

Tulisan yang berkualitas mencerminkan kompetensi penulisnya. Semakin tinggi kompetensi penulis, semakin tinggi kepercayaan yang akan didapat.

Buat Tulisan Abadi

Tulisan abadi? Apalagi nih?

Tulisan abadi merupakan tulisan pilar yang menjadi jagoan dari blog kamu. Tulisan yang kamu target menjadi no.1 Google dan akan terus dicari sepanjang waktu (paling tidak akan stabil selama 3 tahun).

Tulisan abadi biasanya memiliki tema yang tidak lekang oleh waktu. Setiap hari orang akan mencarinya, setiap generasi membutuhkannya. Beberapa contohnya adalah:

a.) Solusi teknologi yang selalu dicari banyak orang
  • Cara memperbaiki komputer, laptop
  • Cara memperbaiki flashdisk
  • Teknik Photoshop
  • Tips dan trik Windows
  • Tutorial pemrograman, dll

b.) Pengetahuan yang dibutuhkan banyak orang
  • Resep Makanan
  • Rute angkutan umum
  • Prosedur administrasi kependudukan
  • Prosedur lamaran kerja
  • Prosedur akreditasi sekolah dan universitas
  • Prosedur sertifikasi guru dan dosen
  • Cara mendaftar simcard
  • Cara mengobati penyakit
  • Ritual agama
  • Kitab suci, dll

Banyak sekali tema-tema untuk tulisan abadi. Pastinya, silakan kamu pilih yang sesuai dengan tema blog kamu. Contohnya, pada KompiDolar tulisan yang merupakan tulisan abadi adalah:

Tulisan yang Harus Dihindari

Hati-hati dengan jenis tulisan ini, karena karakternya kurang kuat untuk sebuah blog:
  • Sejarah: blog tidak cocok untuk menuliskan sejarah. Karena biasanya sejarah harus memiliki keabsahan dan divalidasi oleh pihak yang memiliki otoritas (pemerintah). Selain itu, sejarah biasanya sudah ditulis di Wikipedia.
  • Teori Perkuliahan: mirip dengan sejarah, teori perkuliahan harus memiliki landasan akademik yang kuat, sehingga biasanya yang dibagikan di blog hanya bersifat referensi alternatif. Pengecualian jika teori perkuliahan yang dibuat memang dibutuhkan banyak orang, atau memang sangat terkait kebutuhan bisnis dan industri.
  • Curhat galau: kalau ini sudah pasti akan ditinggalkan. Siapa kamu sehingga berharap ada satu orang dari 7 Milyar penduduk dunia yang akan berkomentar tentang curhatan kamu? Curhat galau dapat disiasati dengan tulisan pengalaman kejadian yang bermakna dan penuh hikmah.

Tidak Memasang Iklan Terlalu Banyak

Google Adsense boleh tetap dipasang di blog kamu. Tetapi jangan terlalu banyak. Kami rasa 5 adalah batasnya. Semakin banyak iklan, semakin tinggi gangguan. Pengunjung akan terganggu dan tidak betah lama-lama di blog kamu.

Percayalah, tampilkan iklan sewajarnya sehingga memang iklan-iklan ini dibutuhkan oleh pengunjung sebagai media untuk mendapatkan informasi dan promo terbaru.

Jika semua hal di atas sudah kamu lakukan, lambat laun kamu akan dipercaya sebagai seorang blogger professional. Netizen akan ingat dengan blog kamu, dan pengunjung blog kamu akan stabil bahkan terus meningkat.


#2 Bangun Subscriber (Link Building)

Setelah kepercayaan terbangun, langkah berikutnya adalah dengan membangun jaringan subscriber (Link Building). Untuk apa?

Ini terkait dengan konsep Customer Relationship Management, yakni mamaintain konsumen. Bagaimana caranya agar konsumen yang sudah datang tidak pergi? Ikuti langkah-langkah ini:

link building subscribe blog

Langganan Blog

Buatlah sistem berlangganan blog kamu. Pernah kan kamu disodorkan Form untuk mengisi nama dan email saat berkunjung ke salah satu blog? Itu lah yang dimaksud langganan blog.

Menurut pengamatan kami, sebagian blogger berhasil menerapkan taktik ini. Namun sebagian besar yang lain gagal. Kenapa? Paling tidak ada beberapa alasan:
  • Kurangnya kepercayaan
    • Bisa jadi karena kualitas tulisan yang kurang mengesankan. Sehingga pembaca tidak banyak yang tertolong dengan blog kamu.
  • Niche Blog yang kurang spesifik
    • Niche yang kurang spesifik membuat pembaca merasa butuh-tidak-butuh terhadap blog kamu. Akibatnya, mereka enggan berlangganan.
Hal yang sama terjadi pada KompiDolar. Karena blog ini memiliki niche yang kurang spesifik, mengakibatkan sulitnya membangun jaringan langganan. Kami mensiasatinya dengan mengutamakan faktor pertama, yakni Membangun Kepercayaan, sehingga pengunjung tetap ramai. 

Buat Halaman Social Media

Berikutnya, mulailah buat halaman sosial media. Tentunya ini dilakukan setelah kamu berhasil mendatangkan kepercayaan pengunjung.

Kenapa?

Karena tanpa kepercayaan, pengunjung tidak akan like halaman Facebook, atau memfollow instagram dan twitter kamu.

Percuma saja membuat halaman sosial media jika pengunjung blog kamu sedikit dan tidak stabil. Beneran, mubazir!

Hal inilah yang menjelaskan kenapa pada postingan sebelumnya kami menyarankan untuk tidak terburu-buru membuat halaman sosial media.

Beberapa halaman social media yang wajib dibuat adalah:
  • Facebook page 
  • Instagram page
  • Twitter

Menurut Kang Yudiono, melalui halaman social media ini kamu dapat meningkatkan page rank blog dan peringkat pencarian Google sehingga meningkatkan jumlah pengunjung blog kamu pula.


#3 Monetisasi

Nah, bagian ini adalah yang paling kamu tunggu-tunggu, bukan? Monetisasi blog. Langsung saja kita pelajari satu demi satu.

Monetisasi Blog

Google Adsense

Google Adsense (GA) masih menjadi favorit bagi blogger-blogger tanah air. Memang ini merupakan favorit, terutama karena kemudahannya. Kamu cukup punya website dengan traffic di atas 200 orang per hari, lalu sudah bisa dipasangi iklan GA.

Jika blog kamu adalah blog niche, alangkah baiknya jika kamu juga mencoba cara monetisasi lainnya, yakni berjualan e-Book.

e-Book

Cara berjualan e-Book yang efektif adalah e-Book yang isinya selaras dengan tema blog kamu. Misalnya, blog kamu berisi tutorial pemrograman, maka jual-lah e-Book tentang pemrograman.

Beberapa blog yang sudah menerapkan hal ini diantaranya adalah:

  • Strategimanagement.net
  • Blogodolar.com
  • Suksestotal.com

e-Book ini cukup menarik lantaran bisa menjadi pendapatan passive untuk kamu. Bisa saja tiba-tiba dalam 1 hari kamu mendapatkan rejeki nomplok. Hehe.

Jualan Kursus

Cara lainnya adalah dengan membuka jasa kursus. 

Cara ini seringkali digunakan oleh expert Internet Marketing, Blogger, dan Motivator.

Jualan kursus terbukti sangat efektif menghasilkan uang, karena penghasilan yang didapat dari sini justru bisa melebihi penghasilan dari iklan di Blog.

Contohnya, blog SmartBlogger yang dimiliki oleh John Morrow.

Jualan Produk Fisik

Jualan produk fisik sendiri adalah cara yang menurut kami paling ideal untuk memonetisasi blog. 

Namun untuk bisa berhasil, ada beberapa hal yang harus dipenuhi:
  • Produk yang dijual selaras dengan tema blog
  • Produk yang dijual jarang ditemui di toko online raksasa
  • Niche yang tepat
  • Blog gado-gado kurang cocok untuk tipe ini

Contoh jualan produk yang efektif misalnya:
  • Blog tentang Kura-kura yang juga berjualan makanan kura-kura
  • Blog tentang Kue kering yang juga jualan kue kering
  • Blog tentang Konveksi yang juga jualan alat-alat konveksi
Cara Menghasilkan Banyak Uang dari Blog kura-kura

KompiDolar yang banyak membahas flashdisk, ternyata tidak cocok jika jualan flashdisk. Kenapa? Flashdisk sudah banyak dijual di website e-commerce raksasa, sehingga harga tidak bisa bersaing.

Terjawab sudah.

Untuk kamu yang merasa satu frekuensi dengan KompiDolar, tidak perlu khawatir. Banyak jalan menuju Roma. Lakukan langkah berikutnya.

Affiliate Marketing

Blog Berbahasa Inggris
Bagi blog dengan target Amerika Serikat, affiliate marketing sangatlah menjanjikan. Maka banyak sekali tutorial yang menceritakan kesuksesan dari affiliate marketing ini.

Jika kamu ingin melakukan cara ini, jadilah affiliate partner dari Amazon. Buat blog yang sesuai dengan apa yang menurut kamu paling feasible untuk kamu wujudkan.

Blog Berbahasa Indonesia
Namun untuk blog dengan target pembaca orang Indonesia, apakah strategi ini cocok?

Hingga saat ini kami belum berhasil menemukan success story dari affiliate marketer untuk e-Commerce Indonesia.

Paid Review (Endorse)

Cara lain yang menurut kami efektif adalah dengan jasa Paid Review atau yang biasa disebut oleh anak jaman now "Endorse".

Endorse terbukti menghasilkan uang jauh lebih besar daripada Google Adsense.

Jika kamu tertarik, bangunlah reputasi kompetensi kamu di dunia maya yang sesuai dengan permintaan pasar yang paling populer.

Misalnya:
  • Tutorial Hijab
  • Ahli gadget
  • Ahli mobil / motor
  • Tutorial make up

Nanti perusahaan-perusahaan akan melirik kamu dan menjadikan kamu sebagai duta.

KompiDolar beberapa kali merasakan nikmatnya Endorse ini. Terkadang bayaran yang didapatkan bukan berbentuk uang, namun nilainya bisa jauh melebihi uang. 


#4 Kenapa Bagian Monetisasi Ditulis Terakhir?

monetisasi blog last but not least

Last but not least : terakhir bukan berarti tidak bernilai

Walaupun diletakkan paling akhir, Monetisasi blog justru adalah salah satu langkah yang paling penting.

Karena rahasia mendapatkan uang dari blog adalah pengunjung yang banyak, organik, stabil dan terus meningkat tiap harinya.

Artinya, percuma kalau kamu langsung menjalankan praktek monetisasi tanpa memiliki pengunjung tetap terlebih dahulu. Mutlak kamu harus memiliki pengunjung tetap. Dan untuk mencapainya, kamu harus lulus langkah 1 dan 2 terlebih dahulu, atau paling tidak lulus langkah 1.

Kira-kira begitu.


Penutup

Baiklah kawan. Ini adalah akhir postingan. Sedikit penutup dari kami.

Kamu yang lagi semangat mencari uang lewat blog, lanjutkan bekerja. Kamu yang sedang kebingungan bagaimana menghasilkan uang dari blog, pahami tulisan ini lalu praktekkan.

Algoritma SERP Google terus berkembang. Jangan terlalu mengandalkan SEO dan permainan manipulasi kata kunci.

Utamakan konten yang berkualitas, bermanfaat, dan memberikan kepuasan pembaca. Lanjutkan dengan monetisasi dengan cara yang kamu anggap paling cocok. Niscaya kamu pasti berhasil menghasilkan uang dari blog.
This Is The Newest Post

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon