Apa itu VPS dan Gimana Cara Memilih VPS Indonesia Terbaik yang Bikin Hati Adem

VPS Terbaik Indonesia - Saat ingin beranjak dari hostingan gratis seperti blogspot ke hostingan berbayar, seorang blogger seringkali kesulitan memilih jenis hostingan seperti apa yang paling pas. Kadang hanya dengar-dengar, atau kira-kira, akhirnya memilih hosting yang kurang tepat..
Betul?

Kami pun mengakui, memang memilih jenis hosting yang tepat itu gampang-gampang susah. Jika belum paham jenis-jenis hosting yang ada, bisa-bisa udah keburu malas duluan..

Ada shared hosting, virtual private server (VPS), serta dedicated hosting yang merupakan tipe-tipe hosting dengan karakter masing-masing. Peruntukannya tentu juga berbeda-beda..

Dan sebagai seorang blogger, kamu harus memahami perbedaan-perbedaan tersebut, bukan?

Oleh karena itu, kali ini akan kami akan membantu kamu memahami perbedaan diantara ketiga jenis hosting di atas dengan pertama-tama menjelaskan apa itu VPS, yang kemudian dilanjutkan dengan penjelasan detail tentang kiat-kiat dalam memilih sebuah layanan domain..

Pengetahuan ini nantinya akan sangat membantu kamu menjadi blogger professional dan mengembangkan ide-ide bisnis kamu lainnya..

Tidak percaya?

Sok mangga disimak ulasan berikut ini..

Apa Itu VPS

Virtual Private Server (VPS) adalah salah satu metode hosting website dimana sebuah server fisik direkayasa secara virtual menjadi beberapa server virtual, sehingga dapat menampung beberapa hosting yang berbeda dengan menggunakan resource masing-masing tanpa saling mengganggu.

virtual private server


Pada VPS, mesin fisik sebuah server dibagi secara virtual menjadi ruang-ruang terpisah, dan software nya diinstall pada ruang-ruang tersebut masing-masing, sehingga setiap unit VPS menjadi independen satu sama lain seolah-olah merupakan server tersendiri.

Shared Hosting vs VPS vs Dedicated Hosting

Setiap website pada VPS mendapatkan alokasi hardware dan software sendiri-sendiri, sehingga seolah-olah kamu memiliki sebuah private server.

Sementara pada website shared hosting biasa, satu server diisi untuk beberapa website dengan satu alokasi hardware dan software. Artinya, penggunaan sumber daya server akan terus bergantian antara satu website dengan website lainnya.

Akibatnya, tentu performa VPS jauh lebih baik daripada shared hosting. Pada VPS, seolah-olah kamu memiliki satu buah server untuk website kamu sendiri, sementara pada hosting biasa kamu harus berbagi sumber daya server dengan website lain, yang tentu berdampak pada performa dan kecepatan website.

Cara Memilih VPS Indonesia Terbaik

Sementara itu, Dedicated hosting berarti kamu memang menyewa satu buah server secara fisik. Jadi, seluruh sumber daya pada server tersebut hanya digunakan untuk kamu seorang.

Artinya, VPS adalah pertengahan antara shared hosting dengan dedicated hosting. VPS menyediakan resource private laiknya dedicated hosting dengan biaya lebih murah. 

Kapan Sebaiknya Menggunakan VPS? 

Saat website kamu masih memiliki traffic sedikit, jalan terbaik adalah memilih shared hosting. Namun seringin bertumbuhnya traffic, maka kapasitas shared hosting pun akan terganggu. Indikasinya dapat kamu lihat dari resource yang kamu pakai, apakah sudah melebihi limit atau belum.

Selain itu, saat load page website kamu melambat, itu juga merupakan indikasi kamu harus naik tingkat ke VPS.

Saat traffic kamu meningkat, dan shared hosting sudah tidak mampu menghandle nya, maka yang terjadi adalah overload. Jika hal ini yang terjadi, bukan tidak mungkin website kamu akan sering down.

Tentu ini adalah pertaruhan reputasi, bukan?

Cara Memilih VPS Indonesia Terbaik

Saat indikator-indikator tersebut muncul (website sering down, loading lama, tidak bisa dibuka), maka sudah saatnya kamu upgrade ke VPS.

Lantas, bagaimana cara memilih penyedia VPS yang paling keren?

Tentu ini menjadi pertanyaan tersendiri.. 

Baiklah, yuk lanjut ke pembahasan di bawah ini..


Memilih VPS Indonesia Terbaik yang Bikin Hati Adem


Target Pengunjung

Di dalam memilih penyedia VPS, hal pertama yang harus kamu pertimbangkan adalah target pengunjung website kamu. Apakah kamu menarget pengunjung dalam negeri atau luar negeri?

Jika kamu menarget pengunjung dari luar negeri, maka sebainya penyedia VPS berlokasi di negara tempat tinggal mayoritas pengunjung website kamu, misalnya Amerika Serikat untuk target pengunjung berbahasa Inggris.

Sementara jika kamu menarget pengunjung dalam negeri, sudah jelas gunakanlah penyedia jasa VPS dari dalam negeri. 

Beberapa penyedia jasa VPS dalam negeri yang dapat diandalkan diantaranya adalah Hostinger, Niagahoster, DewaWeb, Rumah Web, dan Jagoan Hosting.

Harga

Tidak dapat dipungkiri harga memiliki peran penting di sini. Untuk spesifikasi yang sama, harga yang paling cocok ada di mana?

Hal ini bisa kamu uji dengan membandingkan beberapa penyedia VPS melalui website mereka masing-masing..

Namun perlu kamu ketahui bahwa harga termurah belum tentu terbaik.. Oleh karena itu kamu perlu mempertimbangkan aspek lainnya seperti pembahasan berikutnya..

Spesifikasi

Spesifikasi server menjadi syarat kedua saat menentukan penyedia jasa VPS.

Beberapa spesifikasi utama diantaranya adalah:

1. Space storage

Untuk VPS, kami merekomendasikan storage minimal 20GB. Jika di bawah itu, lebih baik pakai Shared hosting biasa saja.

2. Tipe storage 

Apakah masih HDD atau sudah SSD. SSD tentu jauh jauh lebih baik. Jika ada penyedia yang masih menggunakan HDD, lebih baik ditinggalkan saja. Karena performa SSD berkali-kali lebih cepat daripada HDD.

3. RAM 

Semakin tinggi RAM, maka semakin banyak request yang dapat dihandle oleh server kamu. Artinya, semakin tinggi pula load pekerjaan yang dapat dikerjakan server.

Jadi, dengan RAM tinggi, akan meminimalisir terjadinya overload.

4. Prosesor / CPU

Prosesor menentukan kecepatan server. Untuk level VPS, kami menyarankan minimal gunakan CPU 2.4GHz. Jangan lupa CPU 2 core tentu lebih baik daripada 1 core.

Rating

Rating menjadi penting, terutama bagi kamu yang baru pertama mencoba VPS. Salah satunya kamu dapat melihat rating melalui website HostAdvice.com.

Pada website tersebut, Hostinger merupakan satu-satunya penyedia hosting VPS yang menempati 3 besar diantara penyedia hosting seluruh duni. Hal ini menandakan bahwa memang Hostinger berkualitas.

Jujur saja rating ini cukup mempengaruhi cara pandang kami terhadap berbagai penyedia lainnya. Karena semua penyedia mengklaim diri mereka terbaik, tercepat, dan terpercaya. Namun rupanya yang masuk daftar rating tidak semua.

Login SSH

Hati-hati menggunakan VPS, karena jika kamu menyewa VPS yang kurang berkualitas, bisa terjadi hal-hal yang kurang menyenangkan. Salah satunya saat kamu ingin login SSH untuk melakukan transfer file ke server.

Penyedia VPS terbaik adalah penyedia yang selalu dapat menyediakan akses SSH tanpa ada masalah. Jangan sampai terjadi keluhan pelanggan yang sulit untuk mengakses server yang sudah disewanya.

Customer Service

Customer Service (CS) adalah salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan. Hal ini karena saat kamu menghadapi kesulitan, maka jalan pertama yang harus kamu lakukan adalah menghubungi CS nya.

Bagi perusahaan online seperti penyedia hosting, tentu keberadaan CS yang cekatan merupakan salah satu kunci dalam mengambil hati pelanggan. Carilah penyedia dengan CS mumpuni, handal, dan cekatan.

Rekomendasi

Berdasarkan berbagai pertimbangan diatas, menurut kami, Hostinger merupakan salah satu penyedia VPS terbaik di Indonesia. Jika kamu sedang mencari rekomendasi VPS, mengapa kamu tidak mencobanya?

Cara Memilih VPS Indonesia Terbaik

Penutup

Tanpa bermaksud melebih-lebihkan, kualitas VPS Hostinger memang mumpuni. Dengan quality control yang mereka lakukan, membuat kami percaya dan merekomendasikan kepada kamu jika ingin menyewa VPS.

Memang tidak ada gading yang tak retak. Tentu Hostinger juga memiliki banyak kekurangan. Silakan kamu tumpahkan pengalaman kamu menggunakan VPS Hostinger melalui kolom komentar.

SANGGARBisnisOnline.Com


Resapi juga Tulisan-tulisan Ini

8 Perangkat Wajib Tahu Seorang Network Administrator
Memahami Lebih Dalam LAN, MAN, WAN, dan Teman-teman
Belajar Jaringan Bagi Pemula agar Menjadi Jago
Modus Penipuan Go-Jek Gak Selesai-selesai
Mencari Uang Lewat Blog
7 Cara Ampuh Menjadikan Blog Ramai Pengunjung
17 Cara Cepat Menjadi Blogger Amatir

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon