Cara Mengembalikan Data yang Hilang di PC Windows dan Mac dengan iBoysoft Data Recovery

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di PC Windows dan Mac - Apakah kamu pernah mengalami putus asa ketika menghapus file penting atau mengosongkan Recycle Bin/ Mac Trash tanpa memeriksa terlebih dahulu apa yang ada di dalamnya?


Atau..

Ketika data kamu hilang karena terkena serangan virus, kegagalan operasional software, adanya boot sector yang sudah rusak pada harddisk kamu, serta rusaknya file system?

Tentunya pengalaman tersebut cukup menyusahkan, ya..

Untuk beberapa kasus, cara pemulihan yang paling cepat adalah dengan menggunakan perangkat lunak pemulihan data profesional (data recovery software) untuk memulihkan data yang hilang agar muncul kembali.

Kali ini KompiDolar akan mengulas salah satu software yang sedang naik daun, dan berpotensi bersaing dengan software-software papan atas macam EaseUS.

Software apa itu? Jawabannya adalah iBoysoft Data Recovery.

Mari kita simak review tentang software ini, bisa jadi alternatif software recovery data..

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di PC Windows dan Mac

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di PC Windows dan Mac dengan iBoysoft Data Recovery


Ikhtisar iBoysoft Data Recovery Software

Tersedia untuk Windows dan Mac, iBoysoft Data Recovery adalah perangkat lunak pemulihan data terkemuka yang dapat membantu kamu memulihkan file yang terhapus, memulihkan partisi terhapus / hilang, memulihkan data dari hard drive yang diformat, tidak dapat diakses, rusak, tidak dapat dibaca, hard drive eksternal, kartu SD , kartu memori, pen drive, dll. Bahkan software ini mampu memulihkan data yang hilang dari server juga.

Fitur iBoysoft Data Recovery

Beberapa fitur yang ada pada software ini diantaranya adalah:

#1 Deep Scan Mendalam dan Quick Scan

Quick Scan biasanya digunakan untuk mencari file yang dihapus dan hanya butuh beberapa menit untuk melakukannya. Tetapi untuk kasus kehilangan data karena format atau file system yang corrupt, Deep Scan lebih direkomendasikan.

Fitur Deep Scan dari iBoysoft Data Recovery berjalan lebih dalam daripada perangkat lunak pemulihan data lainnya, yang akan mencari drive kamu dari sektor ke sektor dan membuat ulang file berdasarkan pola file sebelumnya.

#2 Scan Berdasarkan File System

Fitur ini akan membatasi proses scanning kamu kepada file system tertentu (mis. APFS, HFS, HFS +, NTFS, FAT32, dll) untuk mengurangi waktu pemindaian.

#3 Urutkan Berdasarkan Jenis File 

Fitur ini akan mengurutkan hasil scan berdasarkan jenis file untuk membantu kamu menemukan data dengan lebih mudah.

#4 Pratinjau Sebelum Pemulihan Data Dilakukan

Fitur ini akan memberikan pratinjau terhadap data kamu sebelum pemulihan akhir (recovery akhir) dilakukan. Hal ini untuk memastikan bahwa data-data tersebut adalah benar-benar yang kamu cari.

#5 Menemukan Partisi yang Hilang

Bila kamu tidak dapat menemukan partisi yang hilang, cukup klik "Temukan Lebih Banyak Partisi" pada saat menjalankan software ini.

Karena iBoySoft menggunakan algoritma tingkat tinggi, maka software ini akan menggali lebih dalam dan menemukan partisi yang tidak dapat dilihat dalam File Explorer.

#6 Kelebihan Lainnya

iBoysoft Data Recovery for Mac dapat melihat semua jenis file yang didukung komputer Mac Anda, termasuk dokumen, foto, video, audio, dll.

iBoysoft Data Recovery juga mendukung pemulihan data dalam bentuk APFS dan pemulihan data APFS yang terenkripsi. iBoysoft Data Recovery for Mac adalah salah satu dari beberapa program pemulihan data yang menawarkan solusi komprehensif untuk pemulihan data APFS dan pemulihan data APFS terenkripsi.

Tidak banyak software yang dapat melakukannya..

Spesifikasi Teknis


#1 Jenis File yang Didukung

Beberapa jenis file yang didukung diantaranya adalah dokumen, foto, video, dll.

#2 Perangkat yang Didukung

Sementara itu, perangkat keras yang didukung diantaranya adalah Hard drive (harddisk), hard drive eksternal (harddisk eksternal), USB drive, USB stik, flash drive, kartu SD, kartu CF, kartu memori, stik memori, kartu mikro, kamera digital & perangkat penyimpanan lainnya.

#3 Sistem Operasi yang Didukung

Windows: Kompatibel dengan Windows XP / Vista / 7/8/10 dan Windows Server 2016/2012/2008/2003.

Sistem file yang didukung: FAT32, NTFS dan exFAT.

Untuk softwarenya, silakan didownload di sini.


Mac: macOS 10.13 Sierra Tinggi / macOS 10.12 Sierra dan Mac OS X 10.11 / 10.10 / 10.9/10.8/10.7

Sistem file yang didukung: APFS, HFSX, HFS, HFS +, exfat dan FAT32.

Untuk aplikasinya, silakan didownload si sini.

iBoysoft Data Recovery Testing pada PC Windows

Pada ulasan kali ini, kami melakukan uji software pada USB Drive yang telah dibagi menjadi dua partisi dan diformat ulang. Artinya, kami tidak dapat melihat salah satu partisi pada File Explorer karena sudah hilang diformat. File-file yang ada juga hilang karena sudah diformat.

Tujuan testing ini adalah menunjukkan bagaimana cara mengembalikan partisi yang sebelumnya hilang, serta bagaimana mengembalikan file dari flashdisk terformat..

Inilah langkah demi langkahnya..

#1 Mengembalikan Partisi yang Hilang

a.) Jalankan iBoysoft Data Recovery Software
Setelah melakukan proses instalasi yang lancar, kami membuka iBoysoft Data Recovery untuk Windows.

b.) Klik "Find More Partition"
Pada saat USB drive dimasukkan, tidak terlihat adanya dua partisi seperti yang sebelumnya ada. Namun, terdapat pengingat di sudut kanan atas.

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di PC Windows dan Mac

Untuk mengembalikan partisi yang hilang, klik satu kali pada "Find More Partition".

Hasilnya, kamu akan menemukan partisi yang hilang tadi.

Silakan pilih partisi yang hilang lalu lanjutkan dengan mengklik "Next".

#2 Mengembalikan File yang Hilang

Setelah memilih "Next", maka proses scanning akan berjalan..

Hasilnya, kamu akan menemukan file-file yang hilang, bahkan ditemukan file yang sudah hilang selama beberapa tahun sebelumnya..

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di PC Windows dan Mac

Silakan pilih file-file mana saja yang ingin kamu kembalikan, lalu pilih tombol "Recover".

Setelah proses pemulihan yang sederhana di atas, kamu akan mendapatkan semua file yang hilang kembali.

iBoysoft Data Recovery Testing untuk Mac

Untuk versi Mac, kami melakukan review dengan memanfaatkan fitur pengaturan cepat. Kami menggunakan macOS High Sierra dan menggunakan hard drive eksternal APFS.

Untuk pengujian, kami menyalin 20 gambar dan dua video, menghapus gambar-gambar ini dan memformat hard drive eksternal yang kami pasang tersebut.

Ketika kami menjalankan iBoysoft Data Recovery, dengan satu klik saja dari partisi yang diformat tadi, program mulai melakukan scanning.

Cara Mengembalikan Data yang Hilang di PC Windows dan Mac

Hanya beberapa detik, hasil scan dengan struktur direktori utuh muncul di hadapan kami. Untuk memulihkan file yang tepat, kami melakukan pratinjau terhadap gambar dan video ini.

Kemudian kami memilih foto-foto ini, mengklik tombol Pulihkan dan memilih lokasi untuk menyimpan foto-foto ini. Akhirnya, proses pemulihan selesai.

Langkah-langkah yang sangat mudah..

Tentunya langkah-langkah tersebut juga mudah buat kamu, bukan?

Customer Support

Sekedar informasi saja, bahwa iBoySoft menawarkan dukungan customer service yang sangat baik.

Layanan Customer Support yang diberikan bersifat menyeluruh dan sangat bermanfaat.

Terdapat pula bantuan penggunaan software yang dapat diunduh di website, atau bantuan melalui chatting online, kirim pesan, FAQ, artikel dukungan yang dapat dicari dan tutorial video.

Semua layanan customer support ini bersifat gratis dan berlaku selama-lamanya..

Kesimpulan

Kami melakukan uji software iBoysoft Data Recovery pada Windows dan Mac dalam beberapa skenario yang telah direncanakan di atas. Hasilnya, 95% dari data kami dapat ditemukan kembali.

Fitur Deep Scan berjalan secara menyeluruh sehingga hampir keseluruhan file dapat ditemukan. Sementara itu, antarmuka software ini juga sangat mudah digunakan, misalnya, scan dengan sistem file, menyortir menurut jenis file, berhenti dan memulai kembali pemindaian.

iBoysoft Data Recovery dapat menjadi asisten yang luar biasa baik untuk memulihkan data yang hilang. Kabar baiknya, iBoysoft menawarkan versi gratis yang memungkinkan kamu memulihkan data hingga 1GB data. Download softwarenya secara gratis di sini:


Solusi Data Recovery

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon