Tips dan Trik Membeli iPhone Second Mulus Berkualitas

Pilih mana, memiliki i-Phone second mulus berkualitas, atau smartphone baru dengan harga sama? Kalau kami, somehow lebih tertarik iPhone second dengan kondisi masih bagus. Kenapa?

Karena walaupun second, kualitas iPhone tetap oke punya. Terutama dari sisi kehandalan, stabilitas, akurasi, dan reliabilitas saat digunakan sehari-hari.

Bagi kamu yang sudah merasakan "kenikmatan" di dalam menggunakan produk Apple, tentu tidak heran. Namun bagi kamu yang belum mencoba, apa salahnya mulai berpindah ke Apple. Tidak harus mahal, kamu bisa memulai dengan mencoba i-Phone second.

Tidak perlu takut, tidak perlu khawatir, semua kegelisahan kamu bisa teratasi jika sudah "ngerti celahnya". Tidak percaya? Yuk simak ulasan kami berikut ini..

Tips dan Trik Saat Membeli I-Phone Second Mulus Berkualitas

Tips dan Trik Membeli I-Phone Second Mulus Berkualitas

Berikut ini kami sajikan tips saat hunting i-Phone second agar kamu mendapatkan i-Phone yang layak dan memuaskan!

#1 Cek Kualitas Fisik Barang


a.) Aksesoris Bawaan iPhone

Langkah pertama adalah dengan memeriksa apakah iPhone yang dijual memiliki aksesoris yang lengkap atau tidak. Aksesoris iPhone yang dimaksud adalah charger, headset, pembuka SIM card, kitab-kitab manual, serta dus. 

Pada dasarnya kelengkapan aksesori adalah pilihan. Jika ada yang tidak lengkap, tidak mengapa, namun pastikan itu telah memenuhi standar yang kamu inginkan. Jika yang dijual iPhone batangan tanpa ada kelengkapan apapun, perlu untuk diperiksa lebih mendetail sebelum kamu beli. Apakah iPhone tersebut masih bisa kamu gunakan atau tidak.

Jangan sampai iPhone yang kamu beli menjdi brick.

iPhone yang aksesorisnya tidak lengkap belum tentu iPhone jelek. Bisa saja iPhone masih bagus dan dibeli di iBox. Oleh karena itu, perhatikan iPhone dengan seksama melalui tahapan selanjutnya.

b.) Fungsionalitas Hardware

Langkah berikutnya adalah dengan memeriksa fungsionalitas hardware pada iPhone. Hardware yang dimaksud adalah:
  • Kamera iPhone
  • Speaker iPhone
  • Tombol silent iPhone
  • Touch ID
  • Sensor Accelerometer
  • LCD
  • Baterai
Silakan kamu coba satu per satu, sehingga nanti akan ketahuan apakah iPhone second kamu masih bagus atau tidak. Memang proses ini cukup lama, namun tidak mengapa. Karena hasilnya worth it, kok.

Cek LCD
Salah satu komponen terpenting adalah LCD. Coba deh lihat LCD kamu, lalu lihat sekali lagi dengan seksama, cek apakah LCD iPhone tersebut bergaris? Nah ini penting. Karena LCD merupakan salah saru komponen termahal.

Jika ternyata LCD nya bergaris, jangan dibeli. Belilah kalau LCD nya masih mulus.

Lalu, periksa juga apakah LCD nya kuning? Nah, kalau ini terserah kamu. LCD kuning berarti kualitas LCD nya sudah melemah, namun masih bisa dipakai. Kalau kamu tidak terganggu dengan hal ini, maka beli saja, tidak apa-apa kok..

Tips dan Trik Membeli iPhone Second Mulus Berkualitas

Cek Baterai
Kemudian, komponen penting lainnya adalah baterai. Cek kekuatan baterai. Coba gunakan calon iPhone kamu, apakah baterainya cepat habis atau tidak. Periksa juga apakah iPhone cepat panas atau tidak.. Jika saat kamu gunakan iPhone cepat panas, maka bisa jadi baterai iPhone kamu sudah rusak.

Cara lain untuk memeriksa baterai adalah dengan memijit-mijit LCD. Saat dipijit, apakah warna LCD ada yang berubah? Selain karena LCD yang rusak, perubahan warna itu bisa juga disebabkan karena bentuk baterai yang sudah bergelembung.

Atau, tanpa kamu pijit-pijit pun, jika memang baterai kamu sudah bergelembung, biasanya akan mendorong LCD ke atas sehingga muncul bercak warna pelangi.

Tanyakan kepada pemilik tentang status baterai iPhone itu. Apakah masih bagus, atau sudah drop.. Ingat, harga baterai iPhone lumayan juga lho...

#2 Cek IMEI

Cek IMEI penting untuk mengetahui apakah iPhone kamu merupakan barang original atau refurbish. Bagaimana cara mengeceknya?

a.) Cek IMEI di Cover Belakang

Pada bagian back cover, terdapat nomor IMEI dari iPhone kamu. Silakan periksa. Catat nomornya.

b.) Cek IMEI di iOS

Selain itu, kamu juga harus cek IMEI di iOS. Apakah IMEI ini sama dengan IMEI pada back cover? Jika sama, maka kemungkinan iPhone kamu asli, dan bukan barang refurbish. Cara cek IMEI di iOS gimana? Begini caranya:
  1. Pilih Setting
  2. General
  3. About
Setelah itu scroll ke bawah, nanti akan muncul IMEI iPhone kamu.

c.) Cek IMEI di Kardus

Pengecekan terakhir silakan kamu lakukan pada dus iPhone. Apakah nomor IMEI di backcover, iOS, dan kardus iPhone sama?

Jika ya, artinya iPhone kamu adalah barang original. Namun jika tidak, hati-hati itu barang refurbish.

#3 Cek iCloud

Langkah berikutnya adalah mengecek iCloud. Periksalah, apakah iCloud si iPhone sudah kosong atau masih ada akun pemiliki sebelumnya. Jika masih ada, coba minta agar akun tersebut dihapus. Pastikan bahwa iCloud tidak mengandung akun manapun.

Ohya. Informasi penting bagi kamu yang ingin membeli iPhone second. Apple menerapkan kebijakan bahwa di dalam satu buah device iPhone atau iPad, maksimal jumlah akun iCloud yang pernah terdaftar adalah sebanyak 3 akun. Karena ini merupakan iPhone second, harap berhati-hati. Karena bisa jadi kamu sudah tangan yang keempat. Jika ini yang terjadi, maka satu-satunya jalan adalah kamu harus meminta akun iCloud pemilik terakhir untuk dijadikan milik kamu.

Tips dan Trik Membeli iPhone Second Mulus Berkualitas

Hal inilah yang kami rasakan pada saat beberapa waktu lalu membeli iPhone 5s 32 Gb. Karena kami sudah orang keempat, maka kami tidak bisa memasukkan akun iCloud baru. Oleh karena itu, kami nego dengan pemilik lama untuk memberikan akun iCloud nya menjadi milik kami.

Syukurnya si pemilik lama memaklumi dan memperbolehkannya.
Notes: Apple menerapkan kebijakan bahwa di dalam satu buah device iPhone atau iPad, maksimal jumlah akun iCloud yang pernah terdaftar adalah sebanyak 3 akun.

#4 Cek Find My iPhone

Jangan lupa periksa fitur Find My iPhone. Apakah sudah mati atau belum. Kalau belum mati, maka mintalah pada pemilik lama untuk mematikannya. Karena kalau fitur ini tidak mati sementara akun iCloud nya sudah logout, maka bisa jadi ada sesuatu yang tidak beres pada iPhone tersebut. 

#5 Cek AppStore

Kemudian cek juga AppStore. Apakah ada akun yang masih nyangkut di AppStore? Pastikan tidak ada, ya.. Karena kalau ada akun yang nyangkut, bisa-bisa nanti kamu tidak bisa melakukan download aplikasi di AppStore.

Intinya, kamu harus memeriksa akun iCloud, Fitur Find My iPhone, dan juga akun AppStore secara keseluruhan. Karena beberapa tutorial hacking di internet banyak yang mendemonstrasikan bagaimana cara crack iCloud, Find My iPhone, dan AppStore, sehingga tidak menutup kemungkinan sudah digunakan oleh para penjahat untuk membuat iPhone kamu terlihat normal, padahal sebenarnya bermasalah.

#6 Cek iOS

Hal penting lainnya adalah Cek iOS. Apakah iPhone second kamu masih menggunakan iOS lama atau sudah yang terupdate? Ini perlu diperhatikan..

iOS terbaru, yakni 11.4.1 sudah tersedia untuk iPhone X, 8, 7, 6, dan 5. Nah, iOS baru ini juga berpengaruh terhadap iPhone kamu.

Apa pengaruhnya?

Jika iOS 11.4.1 digunakan pada iPhone 5s, kamu harus memastikan apakah iPhone kamu menjadi cepat panas atau tidak? Jika tidak, syukurlah. Namun, pada beberapa kasus, iPhone 5s kamu akan menjadi cepat panas. Jika ini yang terjadi, maka itu adalah keputusan kamu untuk membelinya atau tidak.

Tips dan Trik Membeli iPhone Second Mulus Berkualitas


Menurut kami, tidak apa-apa beli saja, selama iOS berjalan normal dan tidak ada bugs. Perihal iPhone yang cepat panas itu adalah resiko karena iPhone second yang dibeli bisa jadi tidak kuat secara hardware (misalnya iPhone 5s pakai iOS 11.4.1, ya wajar kalau bikin cepet panas, hehe).

Tapi semua tergantung kamu. Apakah kamu terganggu dengan hal ini? Jika ya, lebih baik cari iPhone second yang masih menggunakan iOS 11.3. Atau cari iPhone second dari iPhone 6 ke atas.

#7 Cek Harga

Hal penting lainnya adalah cek harga. Apakah harganya masih wajar? Tidak terlalu mahal, dan tidak terlalu murah.

Jangan mudah tergiur dengan harga murah, tetapi ternyata pada saat dibeli ternyata barang refurbish. Ternyata banyak kerusakan di sana-sini.

Salah satu toko terpercaya yang menjual iPhone second berkualitas adalah Renan Store. Jujur kami tidak memiliki hubungan dengan toko ini. Namun kami pikir pengetahuan ini penting untuk dibagikan karena menyangkut kepuasan kamu semua.

Jika kamu newbie, dan takut ditipu saat ingin membeli iPhone second, datangi saja Renan Store. Di sana ada banyak pilihan iPhone second berkualitas.

Saran kami, lebih baik toko didatangi langsung daripada membeli online lewat website mereka. Karena biasanya stok di toko jauh lebih banyak daripada stok yang tertera di website.

Ini alamat Renan Store:
Website: https://renanstore.com/
Alamat:
  • Cibubur: Jl. Radar Auri Cibubur (Dekat Mall Cibubur Junction)
  • Tangerang: Jl. Maulana Yusuf Tangerang (Belakang Tangerang City Mall)
  • Bogor: Jl. Durian Raya Baranangsiang Bogor (Dekat Balebinarum)
  • Bandung: Jl. KH Ahmad Dahlan / Banteng (Dekat RS Muhammadiyah)

Email: info@renanstore.com

Penutup

Jujur saja, kami terlanjur kepincut dengan produk Apple yang satu ini. Maka jika budget terbatas, apa salahnya mencoba i-Phone second sebagai alternatif. Daripada menggunakan smartphone lain dengan harga sama namun usia pemakaian baru 1-2 tahun sudah tidak bisa diandalkan, "lemot", nge "lag", GPS tidak akurat, dsb. Sementara i-Phone, walaupun second, tetap handal dan dapat diandalkan, akurasi GPS tepat, jarang nge-"lag", transisi antar aplikasi halus.

Bagaimana, tertarik?

Artikel Terkait

This Is The Newest Post

1 comments so far

Terimakasih Banyak Buat Infonya. Semoga menjadi amal kebaikan yang akan mengantarkan Anda ke Surga. Amin

Harga Mesin Pom Mini

Jual Pom Mini Digital

Agen Pom Mini

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, silakan tinggalkan komentar untuk membantu pengunjung lainnya.
EmoticonEmoticon