5 Aplikasi Office Gratis Terbaik Saingannya Microsoft Office

Hay guys. Jaman sekarang apa aja bisa. Apa aja ada. Orang-orang semua punya laptop, semua pakai microsoft office, at least tiga aplikasi terpopuler: word, excel, dan power point. Keberadaan Office sebagai software untuk mendukung produktivitas seperti tidak bisa dilepaskan.. Karena memang ketiga aplikasi ini sangatlah berguna dan membantu aktivitas produktif masyarakat..

Masalahnya, aplikasi yang kamu pakai adalah aplikasi asli atau bukan?

Bagi kamu yang mendapat fasilitas kantor, hampir bisa dipastikan kamu menggunakan software asli, berbayar. Karena kantor biasanya takut terkena sanksi hukum jika menggunakan barang bajakan. Tetapi bagaimana bagi yang belum bekerja (aka. Mahasiswa).

Nah lho!

Untuk itu, sebagai manusia yang (seharusnya) baik, mari kita latih diri kita untuk mengurangi penggunaan barang-barang yang sifatnya bajakan, salah satunya dengan menggunakan office yang legal.

5 Aplikasi Office Gratis Terbaik Saingannya Microsoft Office


Jika kamu enggan membeli Microsoft Office yang nyatanya mahal, kamu bisa menggunakan software alternatif gratis yang secara fungsi tidak kalah-kalah banget dari Ms Office.

Apa aja sih yang termasuk aplikasi-aplikasi office gratis ini? Berikut kami hadirkan reviewnya..

5 Aplikasi Office Gratis Terbaik Saingannya Microsoft Office


#1 FreeOffice

Untuk mendapatkannya, terlebih dahulu kamu harus melakukan registrasi menggunakan email yang valid. Setelah berhasil registrasi, silakan download dan install aplikasi ini.

Kesan

Saat menggunakannya, kami merasa bahwa secara tampilan, FreeOffice sangatlah mirip dengan Microsoft Office. Rupanya aplikasi ini cukup baik. Namun memang perlu cukup banyak perbaikan, seperti kecepatan running nya perlu ditingkatkan agar tidak terkesan berat. Selain itu, library font, serta beberapa fitur juga perlu ditambahkan agar pengguna menjadi nyaman. Jika kamu tertarik, silakan download pada link di bawah ini.

Download 

Download di sini FreeOffice

#2 Libre Office

Merupakan titisan dari Open Office versi Linux, Libre Office berusaha memberikan kesan aplikasi Office yang handal, dan free. Kesan ini cukup berhasil, terbukti masih eksisnya Libre Office. Namun, aplikasi ini sepertinya kalah bersaing dengan aplikasi-aplikasi Office lainnya, terutama dari sisi tampilan kekinian serta fitur-fitur bermanfaat yang kita jumpai pada Microsoft Office. Walaupun demikian, aplikasi ini cukup baik. Jika kamu penasaran, silakan download aplikasi ini pada link di bawah.

Download

Download di sini LibreOffice

#3 WPS Office Free

Kesan pertama yang kami rasakan adalah: Wow, enteng banget!

Ya, kami sempat terkejut, karena rupanya aplikasi ini sangat ringan dan cepat saat digunakan.. Sangat berkesan..

Kemudian kami juga dikejutkan dengan fitur unik namun bermanfaat, yakni multiple tab saat membuka dokumen Word, Excel, dan PPT sekaligus. Silakan lihat screenshot berikut:

WPS Office

Sangat menarik, bukan? Tentunya ini sangat memudahkan jika kamu sedang bekerja dan membutuhkan pertukaran data antara dokumen word, excel, dan power point sekaligus.

Ini adalah sebuah inovasi!

Selain itu, tampilannya yang sangat mirip dengan microsoft office membuat kami cukup mudah di dalam menggunakannya untuk pertama kali..

Mari kita lihat satu-persatu aplikasinya..

Word (Writer)

WPS menyebut aplikasi wordprocessor-nya sebagai Writer. Tampilannya sangat mirip Ms Word. Rupanya, setelah mencoba Writer ini selama beberapa hari, ada beberapa pengalaman menarik yang ingin kami bagikan..

Kita lihat tampilan 'Home' nya sebagai berikut.

WPS Writer

Hampir semua fungsi utama Ms word tersedia di WPS Writer. Format Font, Heading, Indentation, semua sangat mirip Ms Word. Kemudian kita lihat tab 'Page Layout' nya.

WPS Writer

Menu Orientation, Size, termasuk Break juga sudah tersedia di sana. Sangat mudah diakses. Fungsi-fungsi breaking seperti Page Break, Next Page juga sudah tersedia layaknya Ms Word. Sangat memudahkan kamu yang sedang menulis skripsi.

WPS Writer

WPS Writer

Kemudian menu Smart Art dan juga Table of Content juga sudah tersedia. Seolah-olah kamu menggunakan Ms Word padahal bukan..

Nah, selain itu, ada beberapa menu lain yang menurut kami sangat inovatif, seperti fasilitas 'Protect Eye', Export to PDF, serta Export to Picture sebagai berikut..

WPS Writer

Fitur 'Eye Protection Mode' membuat mata kamu tidak mudah lelah.. Fitur ini cukup baru dan belum kami temukan pada Word Processor yang lain, termasuk Ms. Word. Mantap lah..

WPS Writer

WPS Writer

Kemudian fitur 'Export to PDf' dan 'Export to Picture' dengan satu kali klik, merupakan kelebihan tersendiri dan cukup membantu di dalam bekerja..

Satu hal terakhir yang paling penting adalah... WPS Writer sangat ringan, enteng, dan cepat di dalam memproses ketikan kamu.. Inilah poin yang paling berkesan.

Excel dan Power Point

Aplikasi alternatif untuk Excel dan Power Point juga tidak kalah dengan Word Prosesor nya. Aplikasi ini sangat mirip dengan Microsoft Office, sehingga sangat memudahkan pengguna saat pertama kali pindah. Artinya, pengguna tidak kesulitan dan dapat dengan cepat beradaptasi. Inilah kelebihan WPS Office.

Jika berminat, silakan download pada alamat di bawah ini.

Download

Download di sini WPS Office Free

#4 Office Suite

Instalasi dilakukan secara online. Seperti gambar berikut:

Office Suite
Aplikasi ini cukup baik, namun sepertinya kurang populer dibandingkan dengan aplikasi-aplikasi sebelumnya. Hal ini salah satunya disebabkan karena proses instalasi nya yang harus dilakukan secara online. Jika kamu berminat untuk mencobanya, silakan download pada tautan di bawah ini.

Download

#5 Aplikasi-aplikasi Office Lainnya

Selain keempat aplikasi di atas, sebenarnya masih cukup banyak aplikasi-aplikasi lain. Namun, menurut KompiDolar, aplikasi selain 4 yang disebutkan di atas kurang populer dan terkadang kurang merepresentasikan kebutuhan Word, Excel, dan Office. Diantara aplikasi-aplikasi lainnya adalah sebagai berikut:

a.) iWork

iWork hanya untuk pengguna Mac. Secara default sudah terinstall pada MacBook. Pengguna Windows sampai saat ini belum bisa menggunakan iWork. Pada dasarnya iWork merupakan saingan Microsoft Office. Karena hampir semua pengguna Mac menggunakan iWork. Keunggulan yang paling kuat adalah kemudahan di dalam penggunaannya.

b.) Calligra

Calligra merupakan paket aplikasi Office (suite) dibangun oleh KDE. Aplikasi ini sangat bagus. Kekuatan utamanya adalah pada kecepatannya. Ya, sungguh sangat ringan. Sayangnya, Calligra didedikasikan untuk pengguna Linux. Pengguna Windows juga sudah mendapat support-nya. Walaupun masih bersifat preliminary. Jika kamu pengguna Windows dan ingin mencobanya, silakan download Calligra di sini:

calligra - Aplikasi Office Gratis Terbaik Saingannya Microsoft Office

c.) Polaris Office

Polaris Office merupakan aplikasi office yang cukup baik. Perlu dicatat bahwa instalasi aplikasi ini dilakukan secara online. 

polaris office
Selain itu, aplikasi ini juga hanya tersedia secara Cloud dan oleh karena itu di dalam penggunaannya kamu diharuskan memiliki akses internet. 

Aplikasi ini juga berbayar, namun jika kamu ingin mencoba versi trial nya, silakan pilih "To Experience 30-day free trial". Maka kamu akan diberikan kesempatan untuk menggunkaan aplikasi ini secara gratis dan offline selama 30 hari. Tampilannya cukup oke. Sangat mirip dengan MS Word. Dan yang paling kerasa adalah betapa ringannya aplikasi ini digunakan.

polaris office

Aplikasi ini bisa digunakan sebagai alternatif MS. Office namun dengan harga yang lebih murah tentunya. Karena pengguna dapat menggunakan aplikasi ini dengan cara menyewanya selama 1 bulan dengan harta $3.99 per bulannya. Untuk mendownload nya, silakan download di sini:

d.) OnlyOffice, WordPerfect, Apache Open Office

Ketiga aplikasi ini memiliki pasar sendiri-sendiri. Jika kamu tertarik mencobanya, silakan download melalui tautan berikut ini.

Rekomendasi KompiDolar

Cukup banyak juga ya aplikasi-aplikasi Office ini. Hehe. Nah bagi kamu yang belum memilih, Kompidolar merekomendasikan aplikasi WPS Office.

Kenapa?

WPS Office memiliki tampilan yang sangat mirip dengan Microsoft Office, serta menu-menu yang cukup lengkap dan nyaman saat digunakan. Menggunakan WPS Office versi Free sangatlah mudah dan ringan. Tampilan menu-menunya yang familiar membuat kamu tidak perlu capek-capek lagi belajar tampilan aplikasi ini.

Selain itu, WPS office memiliki dua fitur yang inovatif yakni multiple tab, serta eye protection mode. Dua fitur ini tidak ditemui pada aplikasi-aplikasi lainnya, termasuk MS. Office.

WPS Office Recommended

Kelebihan-kelebihan lainnya diantaranya:
- Gratis (silakan gunakan yang versi Free)
- Untuk semua OS (Windows, Linux, Mac)
- Dapat digunakan secara offline maupun cloud

Selain itu, pengguna WPS Office tergolong sudah cukup banyak sehingga seringkali KompiDolar temui di masyarakat. Ya, kami merekomendasikan WPS Office.

Penutup

Demikain review dari kami. Semoga turut memotivasi kamu untuk sedikit-sedikit hijrah dari yang bajakan ke yang legal.. Jika kamu memiliki cukup anggaran, tidak ada salahnya membeli Microsoft Office versi berbayar. Namun jika ingin yang gratis, gunakanlah WPS Office. Semoga referensi aplikasi office resmi selain Microsoft Office ini bisa menjadi solusi bagi kamu.

Artikel Lainnya

This Is The Newest Post

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, semoga masalah Anda terselesaikan.
EmoticonEmoticon