Kenapa Saya nge-Blog dan Bagaimana Nasib Blogging di Masa Mendatang?

Kenapa saya nge-Blog - Mencari penghasilan tambahan lewat nge-Blog adalah hal paling umum kenapa seseorang nge-Blog. Terutama untuk meraih untung lewat Google Adsense. Sudah bukan rahasia lagi..

Termasuk kamu dan saya...

Bermimpi memiliki pendapatan pasif puluhan juta dari ngeblog.. Bukan begitu?

Hehe.. tidak apa-apa..

Tetapi permasalahannya, apakah hanya alasan itu saja cukup membuat kamu mampu bertahan di tengah dunia konten digital yang sangat dinamis dan jangka panjang ini? Ataukah harus ada motivasi lain yang mendasarinya?

Untuk menjawabnya, mari kita ulas melalui pembahasan berikut..


Kenapa Saya nge-Blog

blog di masa datang

Mari kita simak alasan-alasan kenapa saya nge-Blog sebagai berikut..

Nge-Blog Lebih dari Sekedar Mencari Penghasilan Adsense

Karena Nge-Blog adalah cara untuk mendokumentasikan dan menyebarkan pengetahuan yang bermanfaat untuk orang banyak. Hal ini cukup mendasar sebagai motivasi. Karena tanpa motivasi yang kuat, sangat banyak blogger yang menyerah.

Menurut kami, nge-blog bukan sekedar mencari untung lewat Adsense, atau Endorse. Tetapi nge-blog adalah aktualisasi diri dari ilmu dan pengetahuan yang kamu miliki.

Apapun ilmu pengetahuan kamu, teknik, skill yang kamu miliki, pasti ada orang lain di luar sana yang membutuhkan keahlian-mu itu. Bahkan untuk cara-cara yang terlihat sederhana, seperti "Cara memasak sayur asem yang segar", atau "cara mengulek sambal hingga halus tetapi tetap nikmat". Tidak harus blog berisi tulisan-tulisan canggih yang membahas tentang IT, internet, coding, pemrograman, jaringan, dll. 

Pengetahuan apa yang kamu miliki, share dengan orang lain melalui Blog. 

Keuntungannya?

Begini, pertama-tama lihatlah manfaat yang dihasilkan dari sebuah blog. Apa manfaat tulisan kamu untuk orang lain? Apakah tulisan-tulisan kamu bisa membantu orang lain dalam memecahkan masalah hidupnya?

Jika ya, maka yakinkan dalam diri bahwa kebaikan-kebaikan akan mengikuti kamu, karena niatmu sejak awal sudah tepat..

Buatlah tulisan dengan struktur yang baik, mudah dipahami, dan tentu berisi pengetahuan yang bermanfaat (kalau memungkinkan praktikal) sehingga membuat para pembaca betah..

Setelah itu, barulah kemudian manfaatkan peluang yang muncul untuk menghasilkan keuntungan secara lebih serius. Misalnya melalui Google Adsense, iklan berbayar, jualan produk, ataupun endorse.

Tetapi catat. Fokuslah dalam memberikan manfaat yang cukup bagi orang banyak lewat blog. Bukan fokus mencari uang, niscaya keuntungan akan ikut dengan sendirinya.

Blog Vs Vlog

Banyak diantara kita yang mulai meragukan eksistensi Blog dikarenakan gempuran Vlog. Apakah benar demikian? Apakah blog benar-benar akan mati dan hilang karena gempuran Vlog?

Menurut kami, tidak. Ini nih alasan-alasannya:

#1 Blog Tetap Populer di Amerika Serikat

Hal ini sudah terbukti di negeri Amerika Serikat sana yang sudah terlebih dahulu mengalami revolusi web 2.0 daripada Indonesia. Walaupun Youtube sangat populer, tetapi blog tetap memiliki peran sebagai media dokumentasi pengetahuan. Terbukti dari tetap eksisnya blog-blog Amerika, hingga sekarang. Bahkan seringkali blog-blog ini kemudian menjadi benchmark bagi blog-blog Indonesia.

Nasib Blogging di Masa Mendatang

#2 Konten Spesialis Blog

Selain itu, ada jenis-jenis konten tertentu yang memang lebih nyaman jika membaca lewat blog, daripada vlog. Diantaranya seperti hal-hal ini:
- teknik troubleshooting software
- materi tentang sejarah
- teori-teori pelajaran sekolah/perkuliahan
- contoh-contoh dokumen administrasi/surat menyurat
- puisi/lirik lagu
- materi ensiklopedia
- gambar atau desain grafis
- daftar harga, spesifikasi barang
- kitab suci
- materi lainnya

Berdasarkan hal-hal tersebut, tentu semakin meyakinkan bahwa blog dan vlog memiliki pasar sendiri-sendiri. Blog tidak akan mati.

Bagaimana Nasib Blog di Masa Mendatang?

Blog tetap akan eksis sampai ratusan tahun ke depan. Karena walaupun hardware media berganti, smartphone, laptop, billboard, Videotron, tetapi konten tetap sama. Konten pengetahuan tetap harus ada jika ingin keberlangsungan peradaban umat manusia tetap berlangsung. 

Andaipun nanti akan ada media hologram, tetapi kodifikasi pengetahuan ke dalam bentuk tulisan tetap wajib dilakukan. Dan hal itu harus dilakukan melalui blog. Walaupun ada blog, tetapi kedua media memiliki peran masing-masing.

Kalau begitu, kenapa tidak mulai ngeblog sejak sekarang? Cek domain yang kamu suka di sini: 
Kemudian jika sudah siap ngeblog dengan serius, silakan pesan hosting, atau kamu boleh pilih VPS murah di sini:
Ayo, nge-Blog!

Kesimpulan

Nge-blog bukan hanya sekedar mencari uang lewat adsense, sponsor, endorse, dsb. Tetapi nge-blog adalah membagikan pengetahuan yang dimiliki untuk kebermanfaatan bagi banyak orang. Semakin banyak manfaat yang diberikan, semakin banyak kebaikan yang akan datang padamu.

Blog tetap akan eksis di masa mendatang karena blog adalah media yang paling mapan dalam urusan dokumentasi pengetahuan umat manusia. Segera cek domain yang kamu suka untuk segera mulai nge-Blog.

Artikel Menarik Lainnya

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, semoga masalah Anda terselesaikan.
EmoticonEmoticon