Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas, Kamu Gak Sendirian!

IPhone Cepat Panas - Sebagai pengguna iPhone, jujur gw kadang merasa agak-agak sedih saat iPhone yang gw pake kerasa cepet panas. Tapi yaudah mau gimana lagi. Emang beginilah iPhone.

Apalagi saat iPhone 5s gw install iOS 12, atau saat iPhone 6s gw pasang iOS 13. Makin-makinlah tambah cepet panas..


Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Bagi elo semua pengguna iPhone, jika iPhone kalian cepet panas, tenang, kalian nggak sendiri. Baik itu kalian yang membeli iPhone langsung dari iBox, garansi internasional, atau beli second, penyakit iPhone cepet panas ini sudah lumrah dikalangan penggunanya. Sekarang tinggal bagaimana kita mensiasati iPhone kita agar tidak cepet panas..

Mau tahu caranya? Yuk simak langkah-langkah berikut ini..

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Sebelum kalian buru-buru membawa iPhone ke tempat service, sebaiknya lakukan tips-tips sederhana berikut ini untuk meminimalisir panas pada iPhone (gw pake tampilan iphone 6s dengan iOS 13):

#1 Matikan Background App Refresh  

Nah, tips pertama yang bisa langsung lo coba adalah dengan mematikan background app refresh. Caranya langsung aja buka: 

Setting > General > Background App Refresh > turn off

Seperti gambar ini nih:
Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas


Turn off Background App Refresh.

#2 Matikan Siri

Tips yang kedua adalah dengan mamatikan fitur Siri. Hal ini disebabkan karena Siri seringkali menggunakan data seluler untuk berkomunikasi dengan server Apple. Sehingga terkadang membuat load kerja iPhone kamu menjadi lebih banyak. Cara menonaktifkannya langsung aja buka:

Setting > Siri & Search > disable semua pilihan yang muncul.

Selain membuat iPhone kamu lebih adem, tips ini juga membuat iPhone kamu bekerja lebih cepat, lho!

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Disable semua pilihan pada SIRI..

#3 Kelola Location

Tips selanjutnya adalah dengan mengelola penggunaan lokasi, sehingga iPhone kamu tidak selalu mencari-cari sinyal untuk menentukan lokasi kamu berada. Pastinya ini bikin iPhone tambah adem, hemat baterai, dan gak cepet panas.. Caranya gini nih:

Setting > Privacy > Location Services > Off

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Nah, bisa juga sih kamu pakai pilihan fitur location yang lain, yaitu "use while using". Pilihan ini akan menjadikan iPhone kamu hanya menggunakan fitur lokasi saat sedang menggunakan aplikasi tertentu aja...

#4 Gunakan Low Power Mode

Untuk mode Low Power, bisa langsung kamu coba dengan scroll ke atas layar iPhone sehingga muncul menu seperti di bawah:
Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Kemudian pilih saja gambar baterai yang artinya Low Power Mode sudah aktif.. Ini terbukti cukup signifikan membuat iPhone kamu tidak terlalu panas..

#5 Gunakan Low Data Cellular

Tips berikutnya adalah dengan mengaktifkan fitur Low Data Cellular. Caranya seperti ini: 

Settings > Cellular > Cellular Data Options > geser ke kiri pilihan Low Data Mode

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

#6 Kurangi Kecerahan Layar

Kamu juga bisa mengurangi tingkat kecerahan layar. Caranya adalah dengan mengaturnya pada menu yang muncul dengan melakukan scroll ke atas dari pinggir bawah layar pada halaman home. Setelah muncul halaman menu, silakan atur sesuka hati kamu..

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

#7 Tutup Aplikasi-aplikasi yang Tidak Terpakai

Tips berikutnya adalah dengan menutup aplikasi-aplikasi yang tidak terpakai. Caranya adalah dengan tekan dua kali berturut-turut tombol home, sehingga muncul halaman multi tasking. Seperti gambar berikut.

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

#8 Hapus Aplikasi Boros Baterai

Cara mengetahui sebuah aplikasi boros baterai atau tidak, adalah dengan melihatnya pada penggunaan baterai iPhone kamu. Gini nih caranya:

Setting > Battery > Activity > Kemudian lihat aplikasi dengan aktivitas penggunaan baterainya. 

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Kamu bisa memilih kira-kira apakah ada aplikasi yang dapat dihapus karena mengonsumsi terlalu banyak bateri..

#9 Gunakan Mode Airplane Saat Tidak Digunakan

Kamu bisa melakukannya dengan cara dari halaman home, scroll ke atas layar dari tepi bawah. Akan muncul menu seperti gambar di bawah ini. Kemudian tekan icon pesawat, maka mode airplane sudah aktif.
Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

#10 Tidak Perlu Gunakan Casing

Cara lain tapi ampuh, adalah dengan tidak menggunakan casing pada iPhone kamu. Hehe. Percaya atau tidak, hal ini cukup ampuh membuat iPhone kamu cepat adem. Terkadang suhu di ruang terbuka dapat turut mempercepat turunnya suhu iPhone yang panas, lho!

#11 Hati-hati Saat Meletakkannya di Mobil

Nah, bagi kamu yang mengendarai mobil. Pastikan iPhone tidak diletakkan di dashboard. Karena iPhone terbuat dari mayoritas metal, saat diletakkan di dashboard, akan sangat cepat menyerap panas matahari.. Jadi kalau bisa kamu taruh di bawah dashboard saja..

#12 Hindari Paparan Matahari Langsung

Intinya adalah hindari iPhone dari paparan matahari langsung. Baik itu di mobil, di kafe, di rumah, atau di kantor. Terpapar matahari dalam waktu yang lama dapat turut meningkatkan suhu iPhone kamu dengan cepat karena material iPhone yang sebagian besar terbuat dari bahan metal.

#13 Matikan Bluetooth dan Wifi Saat Tidak Digunakan

Nah, coba deh kamu rajin-rajin matikan wifi dan bluetooth.. niscaya akan membantu mencegah dari panasnya iPhone. Haha.. 

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

#14 Update iOS ke Versi Stabil

Jangan lupa update iOS ke versi terakhir yang stabil. Cara update nya juga diusahakan tidak menggunakan wifi, melainkan menggunakan kabel data via PC/Laptop. File iOS versi stabil bisa kamu download di situs IPSW.
Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

#15 Reset iOS to Factory 

Sekali-kali, reset iOS ke versi Factory juga dianjurkan. Gunanya adalah untuk emngulang seluruh settingan, sehingga iPhone kamu menjadi kembali bersih, fresh from the oven.

Harapannya bisa membantu meningkatkan efisiensi kinerja OS sehingga jalannya iPhone gak banyak hambatannya.. efeknyaa.. iPhone gak panas lagii...

Caranya:
Setting > General > Reset > Reset All Setting > Masukkan password kemudian lakukanlah reset to factory


Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas



#16 Gunakan Mode Dark Mode

Gimana sih cara aktivasi Dark Mode pada iPhone? Begini caranya:
Setting > Display & Brightness > Appearance > Dark

Cara Mengatasi iPhone Cepat Panas

Gimana, kece kan iPhone kamu sekarang??

Hehe..

Nah.. 

kira-kira segitu tips dan trik yang bisa segera kamu praktikkan pada iPhone kamu untuk membuat iPhone kamu tidak lagi panas..

Eitss.. tunggu dulu..

Kalau ternyata masih panas juga, gimana??

Tenang.. masih ada beberapa kemungkinan yang bisa kamu coba.. seperti ini nih:

Masih Panas Juga?

Jika setelah seluruh 15 cara di atas kamu coba, tetapi iPhone masih juga cepat panas, berarti ada kemungkinan masalah terdapat pada hardware iPhone kamu. Hal-hal yang paling sering muncul adalah:

#1 Baterai Mulai Rusak


Nah ini. Baterai iPhone kamu bisa jadi terindikasi rusak. Coba cek apakah baterai iPhone kamu menggembung atau tidak. Caranya?
  1. Raba-raba dan intip apakah LCD iPhone mulai keangkat. Kelihatan kalau kamu intip dari samping.
  2. Pijit-pijit Layar iPhone dan perhatikan. Apakah ada tanda-tanda Layar iPhone seperti mentok tertekan dari bawah? Akan lebih jelas jika kamu memperhatikan sambil membuka halaman setting (latar belakang putih), sehingga akan terlihat jelas apakah layar iPhone kamu seperti ditekan dari belakang atau tidak.

Jika salah satu ciri di atas ada, dapat dipastikan baterai iPhone kamu rusak. Silakan diganti.

Note: Untuk baterai iPhone, kamu gak harus menggantinya dengan yang original. Silakan pakai versi KW1 atau merk lain juga boleh. Misalkan merk Hippo. Itu gak akan merusak Hp kalian, kok. Serius.

#2 Menggunakan Charger yang Bukan Original

Menggunakan charger yang bukan ori cukup beresiko. Karena jika kamu seringkali menggunakan charger yang bukan original, menyebabkan soket litghning cable kamu akan cepat rusak, serta baterai kamu juga akan cepat rusak. Ada dua hal yang harus kamu perhatikan:
  1. Kepala Charger (donggol) harus original. Hati-hati dengan barang yang ngakunya original. Harga kepala Charger iPhone original sekitar Rp400.000. Cek aja di iBox. Jika harganya bukan segitu, bisa dipastikan itu bukan ori. Coba lihat di sini
  2. Kabel charger juga harus original atau sudah MFI. Untuk kabel yang original, tentu saja hanya bisa didapatkan di iBox. Tetapi tenang, khusus untuk kabel, Apple sudah bekerjasama dengan third party, kok. Misalnya Anker. Kabel-kabel keluaran Anker untuk iPhone sudah berlabel MFI alias Made For iPhone. Sehingga aman dipakai di iPhone kamu.
Pengalaman gw pake charger yang non ori, itu bener-bener ngebuat hati rame. Pertama, baterai gak bisa dipakai lagi. Artinya, harus ganti baterai minimal Rp.200.000. Kedua, fleksible charger juga gak bisa dipake. Harganya Rp.200.000 lagi. Ketiga, yaitu IC Charging iPhone gw juga ikutan gak bisa kepakee..

Hasilnyaa... mantep.. investasi Rp.800.000 untuk ganti IC Charging. Hehe.. seperti di nomor tiga ini..

#3 Masalah pada IC Charging

Ciri-ciri IC Charging atau IC Charger yang bermasalah diantarnaya adalah:
- iPhone panas walaupun tidak dipakai
- baterai cepat habis
- baterai tidak mau mengisi saat di charge

Sebenarnya ciri-ciri di atas ibarat indikasi atau gejala. Untuk memastikan jenis malfuntion yang sesungguhnya, sebaiknya kamu datangi langsung tempat repair iPhone yang terpercaya.

Nah, masalah pada IC Charging ini bener-bener muantep bagi para pencinta iPhone. Karena biaya untuk menggantinya lumayaann.. harga pasaran sekitar Rp800.000-1.500.000 berbeda-beda tergantung toko dan tipe iPhone. Semakin tinggi tipe iPhone, semakin mantep juga harganya.

Jika ingin harga agak miring, silakan datang ke pusat reparasi iPhone di mall-mall besar seperti ITC, PGC, Roxy, dkk. Harganya bisa selisih 200rb dengan toko reparasi pinggir jalan.

Kesimpulan

Panasnya iPhone kamu bisa disiasati dengan berbagai cara di atas. Jika ternyata masih panas juga, berarti ada masalah pada hardware kamu. Jika ini yang terjadi, maka datang ke tempat service adalah solusi jitu. 

Memiliki iPhone sangatlah menyenangkan. User Interface nya yang sangat friendly, membuat para pengguna betah dan sulit ke lain hati. Maka jika terjadi suatu hal yang tidak normal, seperti iPhone yang tiba-tiba menjadi cepat panas, maka sudah tentu kita akan sedih.

Tidak masalah, silakan lakukan tahap demi tahap di atas, maka kamu akan menemukan solusinya. Selamatkan iPhone, selamatkan mood kamu. :)

Artikel Menarik lainnya

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, semoga masalah Anda terselesaikan.
EmoticonEmoticon