Aplikasi Video Conference Gratis Terbaik Untuk Kamu yang Sedang WFH

Video Conference Terbaik - Sebelum kita serius membahas topik aplikasi video conference gratis dan terbaik, mari kita sama-sama bersabar dan bertindak kooperatif dalam menghadapi wabah Corona (Covid-19) yang sangat mematikan ini.

Semoga wabah ini cepat selesai dan umat manusia dapat menjalankan kehidupan dengan normal kembali. Amin..

Baiklah.. mari kita bahas topik ini dengan serius..

Tulisan ini sengaja kami  buat untuk memberikan pandangan bagi kamu yang sedang mulai bekerja dari rumah..

Apalagi bagi kalian para guru, dosen, murid, atau mahasiswa..

Tentunya perlu informasi untuk mempertimbangkan aplikasi video conference gratis mana yang paling cocok untuk keperluan kamu..

Tanpa berbasa-basi lagi.. berikut rekomendasi kami..

Aplikasi Video Conference Terbaik Untuk Kamu yang WFH


#1 Google Hangout


Aplikasi gratis dari Google ini cukup bisa diandalkan. Terutama karena aplikasi ini gratis. Selain itu, aplikasi ini memiliki beberapa fitur yang cukup keren.. Misal:

Share Screen

Fitur ini memungkinkan kamu saling bertukar tampilan layar laptop/PC saat sedang video conference. Nah.. pastinya ini sangat berguna terutama saat sedang mengerjakan tugas secara online, meeting online, atau diskusi online. Karena kalian dapat bertukar tampilan layar dan memperlihatkan apa yang kalian kerjakan di layar laptop kalian masing-masing..

Fitur share screen ini sangat berguna bagi pembelajaran online. Misalnya kamu adalah seorang guru yang ingin mengevaluasi hasil belajar siswa yang dikerjakan di komputer/laptop. Maka kamu cukup meminta siswa kamu share screen laptop nya sehingga kamu bisa melihat hasil pekerjaan dia secara langsung..

Setting Quota

Selain fitur Share Screen, fitur Setting Quota / Bandwidth juga sangat berguna.

Nah.. fitur ini keren.. dan membuat Google Hangout cocok untuk kamu yang sedang hemat kuota...

Tidak bisa dipungkiri bahwa pemakaian kuota internet untuk video conference cukup besar. Maka jika proses ini bisa dikerjakan dengan lebih hemat, kenapa tidak?

Hangout adalah solusinya. Hangout memiliki fitur untuk mengatur penggunaan kuota kamu, tinggi atau rendah. Fitur ini bisa kamu atur saat sedang melakukan proses video conferencing.

Mendukung 50 Peserta Meeting

Google Hangout mendukung hingga 50 peserta rapat untuk versi yang berbayarnya. Sementara untuk versi gratisnya, hanya 8 peserta rapat saja. Walaupun demikian, untuk mendukung WFH, sepertinya 8 orang sudah cukup. Jika kamu butuh untuk berinteraksi lebih dari 8 orang pada satu waktu yang bersamaan, kamu bisa menggunakan Skype.

Web Based

Kelebihan lain yang menurut kami cukup penting adalah aplikasi ini berbasis web, sehingga jika kamu ingin melakukan meeting via laptop, kamu tidak perlu menginstall Google Hangout terlebih dahulu. 

Kamu cukup membuka situs Hangout, kemudian sign in menggunakan akun Google, dan voila! Kamu sudah bisa langsung ber video-converence ria.

Kelebihan dan Kekurangan

Berikut kelebihan Hangout:
+ Share screen
+ Fitur kelola quota / bandwidth
+ web based

Sementara itu kekurangannya adalah:
- Hanya mendukung 8 orang di versi gratisnya

#2 Skype

Aplikasi Video Conference Gratis Terbaik

Skype merupakan salah satu aplikasi video conference yang paling awal muncul. Pada saat pertama muncul, aplikasi ini cukup nge-hits. Banyak sekali orang yang mencoba aplikasi video call / conference ini karena memang pada saat kemunculannya, belum ada aplikasi lain yang serupa.

Melihat potensi yang dimiliki Skype, akhirnya Microsoft membeli Skype hingga sekarang.

Aplikasi ini cukup reliable, dan beberapa pihak masih sangat puas dengan kinerja Skype. Sehingga walaupun aplikasi video conference banyak bermunculan, tetap saja Skype menjadi salah satu pilihan yang favorit.

Skype juga mendukung share screen atau screen sharing. Namun kami belum menemukan fitur untuk mengatur kuota atau bandwidth video ataupun audio Skype.

Untuk urusan reliability, skype adalah jagonya. Bagi kamu yang butuh aplikasi yang handal, dengan kualitas video dan audio yang anti nge-lag, skype adalah salah satu solusi terbaik. Sebagai konsekuensinya, kamu harus menyediakan kuota yang cukup jika ingin menggunakan Skype.

Untuk menggunakan Skype, kamu harus mendownload dan menginstall aplikasi klien Skype di Laptop atau Smartphone kamu. Jangan lupa lakukan sign up dan login, setelah itu kamu bisa dengan bebas melakukan video call dengan teman-teman kamu.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Skype diantaranya:
+ Kualitas video dan suara tidak diragukan
+ Reliable
+ Share screen

Kekurangan Skype:
- Butuh kuota yang besar
- Butuh aplikasi klien untuk diinstall

#3 Zoom

Aplikasi Video Conference Gratis Terbaik

Nah, salah satu pendatang baru yang cukup keren adalah Zoom Cloud. Aplikasi video conference ini sedang cukup nge-hits terutama dikarenakan penggunannya yang tergolong cukup mudah. Banyak sekali review seperti review oleh TrustRadius, ataupun iNews, dan Liputan 6 , mengatakan bahwa Zoom memiliki tampilan yang sangat user friendly. Inilah kelebihan Zoom. Zoom juga mendukung hingga 100 peserta rapat.

Menggunakan Aplikasi Client

Untuk menggunakannya, kamu harus mendownload zoom client untuk kamu pasang di Windows ataupun Android dan iOS kamu. Kabar baiknya, kamu tidak perlu sign up. Cukup download, lalu buatlah sebuah room meeting dari salah seorang di antara kamu. Kemudian bagikanlah link untuk bergabung. Maka kamu sudah bisa bergabung untuk video conference.

Cukup mudah, bukan?

Paling Favorit

Zoom Cloud adalah aplikasi paling favorit saat ini untuk video conferencing. Cukup banyak review yang telah dilakukan, mengatakan bahwa dunia mulai menyukai dan percaya dengan aplikasi ini. Jika kamu penasaran, tidak ada salahnya untuk mencoba.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan Zoom Cloud diantaranya:
+ Mudah digunakan
+ Mampu menampung hingga 100 orang peserta
+ Kualitas gambar dan suara yang bagus, dan tetap lancar digunakan
+ Paling favorit saat ini

Sementara itu kekurangan Zoom Cloud adalah:
- Butuh mendownload aplikasi klien


Kesimpulan

Cukup banyak aplikasi video conference yang bisa diandalkan untuk kamu yang sedang WFH. Diantara berbagai macam aplikasi tersebut, kami merekomendasikan Google Hangout karena bisa mengatur quota/bandwidth serta terdapat fitur share screen. Kemudian ada Skype dan Zoom. Sebenarnya masih ada yang lain seperti Cisco Webex, tetapi kami lebih merekomendasikan Hangout atau Zoom, karena Cisco Webex lebih sering digunakan bagi kebutuhan corporate.

Demikian ulasan kami tentang beragam aplikasi video conferencing gratis terbaik bagi kamu yang sedang WFH, semoga bermanfaat untuk kamu semua.

Mari kita berdoa bersama agar wabah virus Corona ini bisa segera dikendalikan, sehingga kamu semua dapat beraktivitas seperti normal kembali..

Amin.

Tulisan Menarik Lainnya

Terimakasih sudah mengunjungi KompiDolar, semoga masalah Anda terselesaikan.
EmoticonEmoticon